• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Trypophobia Perlu Mendapatkan Penanganan Medis?

Apakah Trypophobia Perlu Mendapatkan Penanganan Medis?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Apakah Trypophobia Perlu Mendapatkan Penanganan Medis?

“Trypophobia adalah ketakutan atau perasaan jijik saat melihat kumpulan lubang atau bintik-bintik. Kondisi ini tidak memiliki penanganan medis khusus, selain menghindari objek ketakutan. Apabila gejalanya sangat parah sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, ada beberapa terapi dan pengobatan yang bisa dilakukan.”

Halodoc, Jakarta – Trypophobia adalah ketakutan yang intens atau perasaan jijik terhadap pola lubang, gundukan, atau tonjolan berulang atau berkelompok, seperti yang terlihat di sarah lebah atau pori-pori pada batu karang.

Trypophobia tidak diklasifikasikan sebagai gangguan mental. Melainkan termasuk dalam kriteria fobia jika melihat pola-pola yang berkelompok, yang menyebabkan seseorang takut dan cemas serta sangat terganggu. 

Sebenarnya masih jadi perdebatan apakah trypophobia termasuk dalam definisi klinis dari fobia tertentu. Kondisi ini juga tidak memerlukan penanganan khusus, pencegahan bisa dilakukan dengan menghindari objek-objek yang tidak ingin dilihat.

Namun, apabila gejala trypophobia sangat parah dan sangat mengganggu kelangsungan hidup sehari-hari, penanganan bisa dilakukan dengan terapi yang biasa digunakan untuk gangguan kecemasan. 

Baca juga: 3 Fakta tentang Fobia Lubang alias Trypophobia yang Perlu Diketahui

Penanganan yang Bisa Dilakukan untuk Orang dengan Trypophobia

Trypophobia bukan kondisi khusus, jadi tidak ada perawatan khusus yang direkomendasikan. Namun, jika gejalanya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, 

biasanya diobati dengan psikoterapi dan obat-obatan apabila diperlukan.

  • Exposure Therapy atau Terapi Paparan

Penanganan ini dilakukan dengan mengekspos seseorang ke objek ketakutannya. Harapannya, seiring waktu, paparan ini akan menyebabkan gejala ketakutan berkurang.

Terapi biasanya dilakukan dengan sangat bertahap. Terapi diawali dengan meminta seseorang membayangkan apa yang mereka takuti, kemudian melihat objek yang ditakutkan, dan akhirnya berada di dekat atau bahkan menyentuh sumber kecemasannya. 

  • Terapi Perilaku Kognitif

Terapi ini dilakukan oleh terapis yang berusaha mengubah pikiran dan perilaku mendasar yang mungkin berkontribusi pada trypophobia. Terapi ini dilakukan dengan mendiskusikan pemikiran yang tidak realistis, menggantinya dengan yang lebih realistis, dan kemudian membuat perubahan dalam perilaku.

Salah satu alasan orang mengalami gejala fobia karena mereka sering percaya ada sesuatu yang berbahaya atau mengancam yang datang dari objek ketakutan. 

Baca juga: Kenali dan Cara Mengatasi Trypophobia

  • Teknik Relaksasi

Strategi relaksasi juga bermanfaat untuk mengurangi perasaan jijik, takut, atau cemas. Visualisasi, pernapasan dalam, dan relaksasi otot progresif adalah beberapa strategi yang mungkin bisa membantu.

Visualisasi dilakukan dengan membayangkan gambar atau situasi yang menenangkan. Seseorang dengan trypophobia mungkin perlu mencoba membayangkan situasi yang indah dan menyenangkan setiap kali menemukan objek ketakutan. 

  • Obat-obatan

Obat anti-depresan terkadang bisa diresepkan, terutama jika seseorang juga mengalami depresi atau kecemasan. Pengobatan mungkin termasuk inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI), benzodiazepin, atau beta-blocker.

Obat-obatan ini bisa digunakan sendiri, tapi lebih sering digunakan bersama dengan pengobatan lain seperti CBT, terapi pemaparan, atau jenis psikoterapi lainnya.

Seseorang bisa melakukan perawatan sendiri dengan bantuan terapis atau konselor. Strategi-strategi di atas mungkin efektif atau tidak efektif dalam mengobati fobia seseorang dan memiliki tingkat keberhasilan yang bervariasi. 

Baca juga: Fobia Lubang atau Tonjolan Kecil Tanda Idap Trypophobia

Terlepas dari apakah trypophobia adalah diagnosis yang diakui secara medis, kondisi ini berpotensi merusak kehidupan sehari-hari. Setiap respons yang terlalu aktif terhadap suatu objek atau situasi yang terus menerus dan memicu perilaku penghindaran tidak boleh diabaikan atau diminimalkan. Kamu bisa mendapatkan bantuan dengan mencari terapis atau dokter melalui aplikasi Halodoc yang memiliki spesialisasi dalam mengobati fobia dan gangguan kecemasan. 

Seorang profesional atau dokter bisa membantu kamu menemukan alat dan perawatan yang berbeda dan tepat untuk setiap kondisi. Banyak orang memiliki fobia dan ketakutan irasional dan mampu mengatasinya dengan bantuan yang tepat.

Berbicara secara terbuka dengan orang yang kamu percayai tentang bagaimana perasaan kamu bisa membuat ketakutan berkuran dan bisa memastikan kamu mendapat dukungan dalam perjalanan penyembuhan.

Referensi:

Very Well Mind. Diakses pada 2021. Trypophobia or the Fear of Holes

Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Should Know About Trypophobia

Very Well Health. Diakses pada 2021. What Is Trypophobia?

Medical News Today. Diakses pada 2021. Is trypophobia real?