• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Tumor Termasuk Penyakit Berbahaya?

Apakah Tumor Termasuk Penyakit Berbahaya?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Memang banyak gangguan yang dapat menyebabkan timbulnya benjolan dan beberapa dapat mengganggu. Salah satu gangguan yang dapat terjadi dengan ciri-ciri pembengkakan atau benjolan adalah tumor. Saat dinyatakan mengidap tumor, banyak orang yang langsung panik jika dirinya mengidap penyakit yang berbahaya dan mematikan. Namun, apakah benar tumor termasuk penyakit yang berbahaya?

Bahaya yang Ditimbulkan oleh Tumor

Tumor adalah massa atau benjolan jaringan yang dapat menyerupai pembengkakan. Gangguan tumor terjadi ketika sel-sel tumbuh lebih cepat dari normalnya. Faktanya, tumor terbagi menjadi dua jenis, yaitu jinak dan ganas. Tumor dengan tipe yang ganas disebut juga dengan kanker, sedangkan tumor lebih identik dengan gangguan yang jinak. Tumor jinak juga dapat terbentuk di hampir seluruh bagian tubuh.

Dalam tubuh yang sehat memang semua sel-sel dapat tumbuh, membelah, dan saling menggantikan di dalam tubuh. Saat sel baru terbentuk, sel lama akan tergantikan dan mati. Seseorang yang mengidap tumor akan mengalami pertumbuhan meski tubuh tidak membutuhkannya. Namun, pada tumor, gangguan ini biasanya tidak menimbulkan bahaya karena tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Meski begitu, pada beberapa kasus seseorang dapat mengalami tumor yang berkembang menjadi kanker. Maka dari itu, saat mendapati ada benjolan yang tidak biasa pada tubuh, ada baiknya untuk langsung memeriksakan diri. Jika dalam pemeriksaan ternyata tumor tersebut dapat berkembang menjadi kanker, penanganan dini dapat dilakukan.

Baca juga: Begini Cara Mendeteksi Tumor Ganas dan Tumor Jinak

Jika kamu merasakan ada benjolan yang tidak wajar pada tubuh, bertanya pada dokter di Halodoc dapat menjadi solusi. Caranya mudah sekali, cukup download aplikasinya dan kamu bisa berbincang dengan dokter kapan dan di mana saja tanpa perlu keluar rumah.

Beberapa Jenis Tumor yang Dapat Menimbulkan Bahaya

Sebagian besar tumor memang tidak menimbulkan gangguan berbahaya. Selain itu, tumor juga tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Meski begitu, gangguan ini dapat menyebabkan rasa sakit atau masalah lain saat menekan saraf atau pembuluh darah hingga memicu produksi hormon yang berlebihan. Berikut beberapa tumor yang dapat menimbulkan bahaya:

1.Adenoma

Gangguan tumor ini terjadi karena adanya kelainan di jaringan epitel kelenjar, yang merupakan selaput tipis untuk menutupi kelenjar, organ, dan struktur lainnya di dalam tubuh. Berikut adalah beberapa contoh gangguan yang disebabkan oleh adenoma:

  • Polip di usus besar.
  • Fibroadenoma yang merupakan bentuk umum dari tumor payudara.
  • Adenoma pada hati.
  • Gangguan pada kelenjar tiroid.

Seseorang yang mengidap adenoma harus segera mendapatkan penanganan. Jika dibiarkan, gangguan tersebut dapat berkembang menjadi kanker yang dapat membahayakan semua jaringan di sekitarnya.

Baca juga: Ini Cara Diagnosis Tumor yang Perlu Diketahui

2.Fibroid

Gangguan yang disebut juga dengan fibroma ini adalah tumor jinak yang dapat tumbuh pada jaringan ikat (fibrosa) di semua organ tubuh. Salah satu jenis gangguan fibroid yang umum terjadi adalah fibroid rahim. Hal ini dapat menyebabkan beberapa gangguan, seperti:

  • Perdarahan vagina.
  • Nyeri atau ketidaknyamanan pada panggul.
  • Inkontinensia urine.

Selain itu, beberapa jenis fibroma dapat dikategorikan berbahaya, di antaranya:

  • Angiofibroma, gangguan yang dapat muncul ketika terjadi benjolan merah kecil pada wajah.
  • Dermatofibroma, yaitu gangguan yang muncul pada kulit dan umumnya terjadi pada tungkai bagian bawah.

Beberapa gangguan fibroma dapat menimbulkan gejala yang mengganggu dan mungkin perlu mendapatkan operasi. Pada beberapa kasus yang jarang, gangguan ini dapat berkembang menjadi fibrosarkoma yang bersifat kanker.

Baca juga: Kenali Perbedaan antara Tumor dan Kanker

Itulah sedikit pembahasan mengenai tumor dan bahayanya. Jika kamu merasakan ada benjolan yang tidak wajar pada tubuh, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Jika dibiarkan, bukan tidak mungkin ternyata tumor yang terjadi berkembang menjadi kanker.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What are the different types of tumor?
Healthline. Diakses pada 2020. Benign Tumors.