Apel Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Apel Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Halodoc, Jakarta - Apel merupakan salah satu buah favorit karena memiliki rasa yang manis. Buah ini juga dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, dapat dimakan langsung dengan kulitnya, atau diolah menjadi jus. Apel mengandung antioksidan tinggi, yaitu senyawa yang mampu melindungi sel-sel dalam tubuh dari efek buruk radikal bebas. Bukan hanya itu, apel juga kaya kandungan serat yang disebut pektin, yang bersifat larut, dapat difermentasi, serta kental.

Baca juga: Khasiat Buah Apel yang Cocok untuk 6 Penyakit Ini

Jika buah ini dikonsumsi secara rutin, manfaat apel akan sangat besar bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut terjadi karena apel kaya kandungan serat dan air yang dapat membantu menurunkan berat badan, jika dikonsumsi secara rutin. Bukan hanya itu, buah apel menjadi salah satu buah yang mengenyangkan karena padat energi, sehingga sangat cocok dikonsumsi saat sedang diet.

Manfaat apel tidak berhenti sampai membantu menurukan berat badan saja, berikut manfaat lain yang dapat diambil!

  • Menyehatkan Organ Jantung

Kandungan serat tinggi yang bersifat larut, dan dapat menyerap air membuat buah ini baik dikonsumsi guna menjaga organ jantung tetap sehat. Bukan hanya menyehatkan organ jantung, apel juga memiliki kandungan polifenol, yang dapat menurunkan risiko tekanan darah rendah dan stroke.

  • Mencegah Diabetes

Rutin mengonsumsi buah apel dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada seseorang. Hal tersebut terjadi karena buah apel memiliki kandungan antioksidan polifenol. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, kamu dapat mengonsumsi buah apel sekali sehari secara rutin. Mengonsumsinya secara rutin dapat menurunkan 28 persen risiko diabetes tipe 2.

  • Menyehatkan Organ Pencernaan

Zat pektin dalam buah apel bertindak sebagai prebiotik. Pektin sendiri merupakan jenis serat yang dapat memelihara bakteri baik dalam usus besar. Jika dikonsumsi secara rutin, buah apel dapat memperbaiki proses pencernaan, serta melancarkan buang air besar. Karena hal tersebut pula,  apel dinilai dapat mencegah seseorang dari obesitas atau kegemukan.

Baca juga: Cocok untuk Menu Diet, Ini 5 Manfaat Apel

  • Mengatasi Asma

Manfaat apel lainnya adalah mengatasi asma, karena senyawa antioksidan dan anti-inflamasi di dalamnya. Kedua senyawa tersebut membantu mengatur respons imun dan melindungi tubuh dari asma. Kulit apel sendiri mengandung senyawa flavonoid quercetin, yang dapat membantu menjaga sistem imunitas tubuh, serta mengurangi peradangan.

  • Menguatkan Struktur Tulang

Senyawa antioksidan dan antiinflamasi dalam apel dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan memperkuat struktur dalam tulang. Jika dikonsumsi secara teratur, buah apel dapat membantu menjaga massa tulang seiring dengan bertambahnya usia. Faktanya, seseorang yang rutin mengonsumsi buah ini akan lebih sedikit kehilangan kalsium dalam tubuh.

  • Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Manfaat apel selanjutnya adalah meningkatkan fungsi kognitif otak dengan membantu mencegah penurunan neurotransmiter yang terlibat dalam mengatur ingatan seseorang. Bukan hanya itu, senyawa antioksidan dalam buah ini sangat baik dikonsumsi untuk mencerdaskan otak.

Baca juga: Semakin Populer, Ini Manfaat Konsumsi Buah Naga

Apel memiliki segudang manfaat baik di dalamnya. Buah ini memiliki kalori yang rendah, kaya antioksidan, serat, air, vitamin C, K, karbohidrat, flavonoid, pektin, kalium, folat serta asam ursolat. Buah ini dapat dinikmati secara langsung, dan mengolahnya menjadi jus atau salad. 

Meskipun memiliki segudang manfaat baik, pada sebagian orang mengonsumsi buah apel dapat memicu timbulnya reaksi alergi. Ketika hal tersebut terjadi, segera temui dokter di rumah sakit terdekat, ya! Ketika seseorang mengidap alergi apel, tubuh akan bereaksi terhadap profilin protein, yaitu kandungan yang juga ditemukan dalam serbuk sari dan rumput.

Referensi:

Food Revolution. Diakses pada 2020. An Apple A Day Keeps the Doctor Away.

Medical News Today. Diakses pada 2020. What to Know About Apples.

Healthline. Diakses pada 2020. 10 Impressive Health Benefits of Apples.