5 Cara Memilih Hair Tonic untuk Atasi Rambut Rontok

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 Juni 2023

“Hair tonic jadi salah satu produk perawatan rambut yang efektif untuk membantu mengurangi rambut rontok. Sebelum membelinya, kamu perlu melihat review dan kandungan dalam produk terlebih dulu.”

5 Cara Memilih Hair Tonic untuk Atasi Rambut Rontok5 Cara Memilih Hair Tonic untuk Atasi Rambut Rontok

Halodoc, Jakarta – Rambut rontok sebenarnya merupakan hal yang wajar. Normalnya, rambut akan lepas dari akarnya sebanyak 50 sampai 100 helai per hari. Rambut yang lepas ini akan digantikan dengan pertumbuhan rambut baru.

Dalam kasus parah, rambut yang rontok berlebihan bisa menyebabkan penipisan rambut, bahkan kebotakan. Kondisi ini dapat terjadi sementara waktu akibat fluktuasi hormon, atau terjadi secara permanen.

Salah satu tips mengatasinya adalah menggunakan produk hair tonic yang sesuai dengan masalah. Praktiknya perlu kamu lakukan secara rutin untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, pertanyaannya apa saja manfaat hair tonic, dan bagaimana cara memilih produknya agar hasilnya efektif?

Tips Memilih Hair Tonic untuk Rambut Rontok

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih hair tonic. Nah, berikut cara tepat untuk memilih hair tonic untuk mengatasi rambut rontok:

1. Lihat review sebelum membeli

Pertama-tama, perhatikan review pengguna sebelum membeli suatu produk. Tujuannya untuk memberikan pandangan dan informasi dari sebuah brand. Review biasanya berupa kelebihan atau kekurangan yang berupa kritikan dari para pembeli.

2. Kenali jenis rambut

Selanjutnya, ketahui jenis rambut agar produk yang dibeli tepat sasaran dan sesuai manfaatnya. Jika memiliki jenis rambut berminyak dengan masalah rambut rontok, maka pilih yang mampu mengatasi keluhan itu.

3. Perhatikan kandungan bahannya

Setelah melewati dua tahap sebelumnya, selanjutnya, perhatikan kandungan dari bahan-bahan di dalam produk. Untuk mengatasi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut, pilihlah hair tonic dengan bahan-bahan aktif. Misalnya, kolagen, biotin, kafein dan niasin.

Selain itu, ada juga produk herbal yang bisa mendetoksifikasi kulit kepala. Jenis ini bekerja dengan menghilangkan penumpukan minyak dan kulit kepala mati. Manfaatnya, bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut. Tonik rambut ini tidak memiliki bahan tambahan yang berpotensi merusak rambut. 

Hair tonic herbal juga bisa menjadi pilihan yang baik jika kamu memiliki rambut halus atau tipis. Pilih dengan formula penambah volume untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Produk jenis ini biasanya mengandung ekor kuda dan saw palmetto yang berperan menyehatkan dan menguatkan rambut.

4. Pilihlah produk yang bisa memberi manfaat tambahan

Tips selanjutnya adalah memperhatikan manfaat yang ditawarkan produk perawatan rambut. Selain mengatasi rambut rontok, beberapa hair tonic juga mengandung formula yang bisa melembabkan rambut, merawat rambut rusak, dan mencegah munculnya ketombe. 

Beberapa produk lainnya bahkan mengklaim efektif untuk mengurangi ujung rambut yang bercabang. Dengan begitu, bukan hanya rambut rontok saja yang berkurang, tapi kamu juga bisa memiliki rambut yang sehat.

5. Kombinasikan dengan produk perawatan rambut

Mengombinasikan hair tonic dengan produk perawatan rambut lain seperti sampo dan kondisioner bisa memaksimalkan kesehatan rambut. Penggunaan berbagai produk secara bersamaan tak hanya memaksimalkan kinerja, tapi juga dapat membuat rambut tampak sehat dan berkilau.

Kenali Manfaat dari Produk Hair Tonic 

Manfaat hair tonic umumnya merangsang pertumbuhan dan mengatasi kerontokan rambut. Di samping itu,  hair tonic juga berperan dalam:

1. Memperkuat akar rambut

Hair tonic dengan manfaat ini biasanya mengandung ekstrak ginseng dan lidah buaya guna menyuburkan kulit kepala. Dengan pemakaian teratur, kulit kepala jadi lebih kuat, sehingga rambut rontok perlahan berkurang.

Caranya, aplikasikan produk ini ke seluruh kulit kepala dan pijat perlahan. Tujuannya adalah membantu merangsang sirkulasi udara di folikel rambut. Lakukan langkah ini secara rutin, setidaknya setelah selesai keramas.

2. Menutrisi kulit kepala

Hair tonic mengandung formula seperti vitamin E, etanol, vitamin B2, menthol, propilen glikol, asam laktat, hidroklorida, giberelin, dan air. Nutrisi itu mampu menutrisi kulit kepala dan mencegah munculnya gangguan, seperti rambut rontok.

3. Membuat rambut berkilau

Tergantung pada pilihan, formulasi hair tonic dari phytantriol dan panthenol untuk membuat rambut lebih lembut dan tampak berkilau. Produk ini cocok untuk kamu yang gemar menata rambut dengan catokan atau alat pengering rambut.

4. Rambut lebih cepat panjang

Jika ingin mempercepat proses pertumbuhan rambut, sebaiknya menggunakan produk yang mengandung ekstrak ginseng, lidah buaya, atau bahan alami lainnya. Sebaliknya, pilih produk yang efektif menghambat produksi hormon dihydrotestosterone dan melancarkan aliran di kulit kepala.

5. Membuat rambut harum

Hair tonic tak hanya berperan dalam meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala saja. Produk ini juga membuat rambut beraroma lebih harum. Dari banyaknya aroma yang ditawarkan, kamu bisa memilih yang sesuai dengan selera.

6. Mengurangi ketombe

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa memilih produk dengan kandungan anti keraltic, asam amino, dan climbazole. Kandungan itu bekerja dengan menekan bakteri pertumbuhan ketombe dan mencegah kulit kepala kering.

7. Mencegah rambut bercabang

Kamu bisa merasakan manfaat ini jika memilih produk dengan kandungan vitamin E. Nutrisi tersebut bekerja dengan memperbaiki rambut yang rusak dan meningkatkan kekuatan rambut, sehingga tidak mudah terbelah.

8. Merangsang pertumbuhan rambut baru

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa memilih produk yang bekerja dengan menghambat produksi hormon dihydrotestosterone (DHT). Dengan begitu, aliran di kulit kepala jadi lebih lancar.

Tips Menggunakan Hair Tonic yang Benar

Hair tonic dapat kamu gunakan dengan cara yang berbeda. Misalnya, semprot atau tuang ke atas kulit kepala. Untuk hasil yang terbaik, aplikasikan produk ke kulit kepala setelah keramas. Caranya, keringkan dulu rambut dengan handuk.

Kemudian, aplikasikan hair tonic mulai dari depan hingga belakang kepala. Kemudian, pijat kulit kepala dengan lembut untuk merangsang sirkulasi darah. Cara ini juga bisa mempercepat penyerapan produk ke batang rambut dan kulit kepala.

Produk perawatan rambut yang satu ini sebaiknya kamu gunakan minimal seminggu. Tingkatkan frekuensi penggunaannya setiap selesai keramas. Hal ini dilakukan jika memiliki rambut rontok terjadi dalam intensitas parah.

Kamu bisa mendapatkan produk perawatan rambut jenis ini atau yang lainnya dengan mudah melalui Halodoc. Tak perlu repot keluar rumah, pesananmu akan diantar ke tujuan dalam waktu satu jam. Klik gambar berikut untuk mengeceknya lebih lanjut:

Toko kesehatan
Referensi:
Beauty Answered. Diakses pada 2023. How Do I Choose the Best Hair Tonic?
Beauty Insider. Diakses pada 2023. These Hair Tonics For Hair Loss And Growth Are Worth Obsessing Over!

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan