• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Awas, 3 Hal Ini Bisa Terjadi Jika Sarapan Terlalu Cepat

Awas, 3 Hal Ini Bisa Terjadi Jika Sarapan Terlalu Cepat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Sarapan memang baik untuk menunjang kesehatan tubuh kamu. Aktivitas ini membantu kamu tetap fokus dan berkonsentrasi di pagi hari, menghindari mengantuk, lapar berlebihan, menyumbang energi untuk beraktivitas, makan kalap ketika siang menjelang, hingga membantu memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik. Bahkan, sarapan sehat pada anak bisa membantunya lebih cerdas, lho!

Kamu juga tidak dianjurkan untuk menunda sarapan bahkan melewatkan aktivitas penting ini. Dampaknya bisa kamu rasakan sendiri, kok. Waktu makan kamu akan menjadi tidak teratur. Misalnya, kamu sarapan terlalu siang tetapi jam makan siang belum tiba. Nantinya, kamu akan makan siang menjelang sore dan bersantap malam terlalu larut. Jadi, usahakan makan tepat waktu supaya manfaatnya lebih terasa. 

Apa Akibatnya Jika Sarapan Terlalu Cepat?

Tahukah kamu kalah menunda atau bahkan melewatkan sarapan bisa mengakibatkan tubuh terserang obesitas? Inilah yang sering terjadi pada generasi muda yang sering melewatkan sarapan. Akibatnya, kamu akan merasa lapar di tengah hari dan ingin makan camilan dalam jumlah yang terbilang besar. Tanpa kamu sadari, konsumsi camilan yang berlebihan inilah yang memicu terjadinya penumpukan lemak di tubuh yang berujung pada obesitas. 

Baca juga: Catat, 4 Manfaat Sarapan untuk Kesehatan Tubuh

Nah, ternyata, tidak hanya menunda atau melewatkan sarapan, nyatanya melakukan sarapan terlalu cepat juga tidak baik, lho! Ada beberapa hal yang mungkin terjadi jika kamu mengonsumsi makan pagi lebih cepat atau terburu-buru. Apa saja?

  • Kamu akan Makan Berlebihan

Biasanya, beberapa orang akan menyantap sarapan sembari membaca koran, melihat ponsel, atau menonton televisi. Rutinitas ini akan membuat kamu tanpa sadar makan terlalu cepat, sehingga makan bisa jadi cepat habis dan belum merasa kenyang. Pastinya, kamu akan makan lagi alias makan menjadi berlebihan.

Baca juga: Jangan Skip Sarapan, Ini 6 Buah untuk Diet yang Mesti Dikonsumsi

Nah, makan yang berlebihan ini tentu saja membuat berat badan kamu cepat mengalami peningkatan. Apalagi kalau kamu kurang bergerak, sudah bisa dipastikan obesitas pasti di depan mata. Jadi, alangkah baiknya kalau kamu sedikit melambatkan tempo konsumsi sarapan, sehingga bisa menikmati makanan yang kamu santap. 

  • Pencernaan Menjadi Lebih Lemah

Dampak kedua yang mungkin terjadi jika kamu sarapan terlalu cepat adalah pencernaan melemah. Biasanya, orang-orang yang makan dengan cepat akan menelan potongan daging yang besar atau menyuap nasi dalam porsi sendok yang cukup banyak dan tidak melumat atau mengunyah dengan baik. Tidak jarang, air mineral atau minuman berkarbonasi menjadi pendorong agar makanan mudah tertelan. Ini akan menyebabkan melemahnya pencernaan atau terjadinya gangguan pencernaan. 

  • Terjadinya Resistensi Insulin

Terakhir, sangat mungkin terjadi lonjakan pada gula darah kalau kamu makan pagi terlalu cepat. Kondisi ini bisa mengakibatkan terjadinya resistensi insulin yang jika dibiarkan, kamu bisa berisiko terserang diabetes. Pasti kamu tidak mau dong, kena diabetes di usia yang masih muda? 

Baca juga: Tips Menu Sarapan Sehat dengan Telur

Jadi, sebaiknya nikmati makan pagimu. Bangunlah lebih pagi dan sisihkan sedikit waktu untuk kamu mengonsumsi sarapan tanpa terburu-buru. Jika memang tidak sempat, bawa saja sarapanmu untuk dimakan di kantor, tetapi jangan sampai kesiangan juga, ya! Jangan sampai kamu mengalami salah satu dari tiga gangguan kesehatan tadi. Sebagai pencegahan, coba deh kamu download aplikasi Halodoc di ponselmu, jadi kalau ada yang ingin ditanyakan seputar kesehatan kapan dan di mana saja. 

Referensi: 
Clean Eating Magazine. Diakses pada 2019. 5 Health Risks of Eating Too Fast.
WebMD. Diakses pada 2019. Slow Down, You Eat Too Fast.
Healthline. Diakses pada 2019. Does Eating Fast Make You Gain More Weight?