• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Awas, 4 Kelompok Ini Rentan Terserang Cacar Air

Awas, 4 Kelompok Ini Rentan Terserang Cacar Air

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Cacar air bukanlah sebuah penyakit yang langka, banyak orang pernah mengalami penyakit ini. Dalam dunia medis, cacar air dikenal dengan istilah Varicella yang disebabkan oleh Varicella zoster. Dalam kebanyakan kasus, cacar air ini memang lebih sering menyerang anak-anak (di bawah 12 tahun).

Akan tetapi, orang dewasa juga bisa saja terinfeksi virus ini. Ingat, penyakit ini amat mudah menular dengan cepat. Penularannya bisa melalui percikan ludah atau dahak melalui udara, kontak langsung dengan ludah atau dahak, dan cairan yang berasal dari ruam.  

Meskipun terbilang penyakit ringan, tetapi cacar air tetap dapat menimbulkan komplikasi yang lebih serius. Terutama pada seseorang yang punya sistem imun lemah, seperti pengidap HIV atau AIDS.  

Lantas, siapa saja sih mereka yang rentan atau mesti berhati-hati dengan penyakit ini? Berikut pembahasannya!

Baca juga: Cacar Air Penyakit Sekali Seumur Hidup, Benarkah?

1. Melewatkan Vaksin Cacar

Risiko penularan dan infeksi virus menjadi lebih tinggi pada orang yang tidak pernah mendapat vaksin cacar. Pemberian vaksin bertujuan untuk mencegah virus varicella zoster menyerang tubuh. Vaksin ini terbuat dari virus yang sudah dilemahkan, lalu disuntikkan ke tubuh. Setelah mendapat suntikan vaksin, sistem kekebalan tubuh alias imunitas menjadi lebih baik dan mampu melawan virus varicella zoster.

2. Belum Pernah Terkena Cacar Air

Ada kepercayaan yang menyebut bahwa seseorang pasti akan mengalami cacar air dalam hidup, tetapi hal itu tidak tepat. Nyatanya, cacar air terjadi karena adanya infeksi virus dan memang risiko penularannya sedikit meningkat pada orang yang belum pernah mengalami cacar air.

Risiko penularan menjadi lebih tinggi jika orang tersebut memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Selama sistem kekebalan baik dan kesehatan tubuh terjaga, maka tidak perlu terlalu khawatir meski belum pernah terkena cacar air sebelumnya.

Baca juga: 4 Cara Merawat Wajah Setelah Kena Cacar Air

3. Memiliki Masalah Imun

Orang yang memiliki masalah dengan sistem imun alias kekebalan tubuh juga lebih rentan mengalami cacar air. Gangguan sistem imun sering terjadi pada orang yang mengidap HIV, sedang menjalani kemoterapi, serta mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu.

4. Bayi dan Anak-Anak

Penyakit cacar air memiliki risiko lebih besar menyerang bayi yang baru lahir dan anak-anak. Risiko infeksi virus penyebab cacar air pada bayi yang baru lahir meningkat, jika ibu yang melahirkan belum mendapat vaksin cacar sebelumnya.

Lindungi Bayi dengan Vaksin

Sebagai upaya pencegahan penyakit ini dan komplikasinya, amat dianjurkan untuk melalukan vaksinasi cacar air. Vaksinasi ini merupakan langkah yang cukup efektif untuk mencegah penularan cacar air.

Vaksinasi ini dianjurkan untuk anak kecil dan orang dewasa yang belum mendapatkan vaksinasi. Untuk anak kecil, sutik vaksin Varicella pertama dilakukan ketika berusia 12-15 bulan. Selanjutnya, penyuntikan kedua dilakukan ketika anak berusia 2-4 tahun.

Baca juga: Mengapa Cacar Air Lebih Buruk Jika Terjadi pada Orang Dewasa?

Sedangkan untuk anak yang lebih besar dan orang dewasa, juga perlu mendapatkan dua kali vaksinasi. Rentan perbedaan waktu setidaknya 28 hari. Sementara itu, orang yang pernah mengalami cacar air tak perlu melakukan vaksinasi, sebab sistem imun sudah melindunginya dari virus ini sepanjang hidup. Namun, aktifnya kembali virus tersebut saat dewasa disebut dengan penyakit herpes zoster. Hati-hati, penyakit ini memiliki komplikasi yang lebih berat dari cacar air.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
National Institutes of Health - MedlinePlus. Diakses padai 2020. Chickenpox. 
Baby Center UK. Diakses pada 2020. Chickenpox.
Healthline. Diakses pada 2020. What to Expect from Chickenpox in Babies.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Chickenpox.