• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Kandungan Hydroquinone dalam Skincare
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Kandungan Hydroquinone dalam Skincare

4 Manfaat Kandungan Hydroquinone dalam Skincare

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 14 Oktober 2022

“Hydroquinone merupakan bahan pencerah kulit yang umum terkandung dalam produk perawatan kulit. Bahan tersebut bermanfaat untuk meratakan warna kulit, mengatasi hiperpigmentasi, dan memudarkan bekas jerawat.”

4 Manfaat Kandungan Hydroquinone dalam Skincare4 Manfaat Kandungan Hydroquinone dalam Skincare

Halodoc, Jakarta – Hydroquinone merupakan zat pencerah kulit yang terkandung dalam produk perawatan kulit. Kandungan tersebut memiliki kemampuan memutihkan atau mencerahkan kulit, yang dapat mengatasi berbagai masalah hiperpigmentasi. 

Hydroquinone biasanya digunakan untuk mengobati kondisi kulit seperti bekas jerawat, bintik-bintik penuaan, melasma, dan tanda pasca inflamasi dari psoriasis dan eksim. Bahan ini cenderung bekerja baik pada warna kulit yang cerah. Untuk mengetahui lebih banyak tentang manfaat hydroquinone, simak artikel ini!

Manfaat Hydroquinone yang Terkandung dalam Skincare

Hydroquinone mencerahkan kulit dengan mengurangi jumlah melanosit, yang membuat melanin sebagai penghasil warna kulit. Dalam kondisi hiperpigmentasi, melanin lebih banyak karena peningkatan melanosit. Dengan mengontrol melanosit, warna kulit jadi merata seiring berjalan waktu. 

Dibutuhkan sekitar empat minggu atau beberapa bulan untuk mendapatkan hasil perbaikan. Berikut ini manfaat hydroquinone yang terkandung dalam skincare:

1. Mengatasi hiperpigmentasi

Hydroquinone merupakan bahan pencerah kulit dan paling efektif dalam mengobati hiperpigmentasi serta bintik hitam di wajah. Jerawat, tanda penuaan, dan melasma sering kali meninggalkan bekas membandel pada kulit yang sulit diatasi. Hydroquinone dianggap sebagai standar tinggi dalam dermatologi untuk mengobati masalah tersebut. Sebab ia dapat mengurangi produksi melanin, pigmen pemberi warna gelap pada kulit. 

2. Mengobati melasma

Melasma menyebabkan bercak hitam pada kulit wajah. Hal tersebut biasanya dipicu oleh paparan sinar UV yang dikombinasikan dengan perubahan hormonal saat menggunakan pil KB atau kehamilan. Melasma biasanya muncul di dahi, bibir atas, dan pipi. Produk kecantikan yang mengandung hydroquinone dapat membantu mengurangi melasma. 

3. Meratakan warna kulit

Hydroquinone membantu mencerahkan area kulit gelap yang tidak proporsional dan membantu meratakan warna kulit secara keseluruhan. 

4. Mengurangi bekas jerawat

Karena sifat depigmentasinya, hidroquinon merupakan pilihan tepat untuk memudarkan bekas jerawat.

Cara Menggunakan dan Efek Samping Hydroquinone

Sebelum menggunakan produk perawatan kulit apa pun, termasuk hydroquinone,  sebaiknya periksa apakah kulitmu berisiko mengalami efek samping. Kamu bisa mengujinya dengan mengoleskan sedikit produk ke area kulit bermasalah. Periksa apakah ada tanda-tanda iritasi, seperti gatal atau kemerahan. Jika tidak ada reaksi, maka kamu aman menggunakan skincare dengan kandungan hydroquinone secara rutin.

Untuk menggunakannya, pastikan area wajah bersih dan kering. Oleskan produk secara tipis ke kulit yang bermasalah, dan oleskan dengan lembut. Ulangi proses perawatan sesuai anjuran pada produk. Ingat juga untuk selalu melindungi area kulit bermasalah dari paparan sinar matahari, agar efek positif produk bekerja maksimal.

Umumnya kandungan hydroquinone dapat ditoleransi dengan baik pada kulit, tapi ada beberapa pengecualian. Jika kamu memiliki kulit kering atau sensitif, maka kandungan tersebut dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi semakin parah. 

Sebaliknya, orang yang memiliki jenis kulit normal atau berminyak cenderung tidak mengalami efek samping. Bahan hydroquinone cenderung bekerja maksimal pada warna kulit yang cerah. Jika kamu memiliki warna kulit sedang hingga gelap, bicarakan dengan dokter kulit sebelum menggunakannya. Sebab, hydroquinone dapat memperburuk hiperpigmentasi pada warna kulit yang gelap. 

Dalam kasus yang jarang terjadi, hydroquinone dapat menyebabkan efek samping yang disebut ochronosis. Kondisi tersebut ditandai dengan papula dan pigmentasi hitam kebiruan, terutama jika penggunaan jangka panjang. Maka itu, tidak direkomendasikan menggunakan produk dengan bahan hydroquinone selama lebih dari lima bulan sekaligus. 

Itulah yang perlu diketahui tentang manfaat hydroquinone. Mengingat kandungan tersebut tidak cocok untuk semua jenis kulit dan adanya potensi efek samping, sebaiknya tanyakan pada dokter spesialis kulit di Halodoc sebelum menggunakannya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to know about hydroquinone
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Hydroquinone
Style Craze. Diakses pada 2022. Hydroquinone For Skin: How To Use It, Benefits, & Side Effects