4 Pilihan Pengobatan untuk Pengidap Coulrophobia

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Desember 2022

“Ada beberapa jenis terapi yang bisa jadi pengobatan coulrophobia. Namun, prosesnya mungkin perlu waktu dan kesabaran.”

4 Pilihan Pengobatan untuk Pengidap Coulrophobia4 Pilihan Pengobatan untuk Pengidap Coulrophobia

Halodoc, Jakarta – Pengobatan coulrophobia biasanya mencakup berbagai terapi, sesuai kondisi yang pengidapnya alami. Coulrophobia adalah salah satu jenis fobia spesifik, yakni saat seseorang mengembangkan rasa takut, stres, dan cemas berlebihan pada badut. 

Orang dengan fobia ini biasanya akan bereaksi ketika melihat foto, video, ataupun badut secara langsung. Karena fobia atau ketakutan, mereka akan berusaha menghindari interaksi dengan badut.

Lantas, apa saja pilihan pengobatan yang tersedia? Simak dalam pembahasan berikut ini!

Pilihan Pengobatan Coulrophobia

Coulrophobia, seperti kebanyakan fobia lainnya, tidak memiliki obat yang cocok untuk semua. Untuk mengatasi kondisi ini, pengidapnya perlu bantuan psikologis, yang mungkin membutuhkan waktu. Namun, ada banyak jenis terapi, dan mungkin sulit menemukan yang tepat.

Secara umum, berikut ini beberapa pilihan pengobatan untuk mengatasi coulrophobia:

1. Terapi Pemaparan

Terapi pemaparan adalah salah satu perawatan paling efektif untuk fobia spesifik, seperti ketakutan akan badut atau coulrophobia. Pengidap fobia biasanya akan menghadapi paparan situasi yang ditakuti secara bertahap, hingga mengarah pada kenyamanan yang cukup untuk menghilangkan fobia.

Terapis biasanya mulai memaparkan foto badut terlebih dahulu, lalu video, dan akhirnya meminta pengidap berhadapan langsung dengan badut. Biasanya perlu beberapa kali sesi untuk terapi ini.

2. Terapi Perilaku Kognitif

Pilihan pengobatan lain yang efektif untuk coulrophobia adalah terapi perilaku kognitif. Terapi ini berupaya mengidentifikasi dan mengatasi pola pikir yang terkait dengan fobia. Hingga akhirnya pengidap fobia akan dapat menghentikan pikiran-pikiran ini.

3. Teknik Relaksasi

Strategi relaksasi seperti latihan pernapasan dan visualisasi juga bisa menjadi salah satu cara pengobatan coulrophobia. Dengan tetap tenang, pengidap fobia bisa berpikir lebih rasional dalam situasi stres, seperti saat berada di dekat badut.

4. Kelompok Pendukung

Meskipun mungkin sulit untuk menemukannya secara khusus karena takut pada badut, kelompok pendukung bisa menjadi alat yang luar biasa untuk mengobati fobia. Di sini, orang yang berbeda berbagi strategi koping dan memberikan dukungan emosional untuk seluruh kelompok.

Namun, ada beberapa hal yang dapat pengidap lakukan sendiri jika berada di dekat badut. Teknik mengatasi seperti berfokus pada pernapasan dapat membuat pengidap tenang, sambil merasionalisasi situasi.

Selain itu, mempelajari fobia juga dapat berguna untuk memperlambat serangan panik dan kecemasan yang terkait dengan coulrophobia. Namun, tidak ada yang seefektif memeriksakan diri ke ahli kesehatan mental.

Bagaimana Jika Terjadi pada Anak?

Coulrophobia lebih rentan terjadi pada anak-anak, meski orang dewasa juga bisa mengembangkan kondisi ini. Lantas, apa yang bisa orang tua lakukan jika fobia pada badut ini terjadi pada anak?

Tentu saja, sangat penting untuk mengelolanya tepat waktu, dan menemani anak menjalani pengobatan coulrophobia jika memang perlu. Ini dapat mencegah fobia menjadi lebih buruk.

Jika Ibu memerhatikan bahwa anak memiliki rasa takut berlebihan pada badut, berikut ini hal-hal yang bisa Ibu lakukan:

  • Jelaskan kepada mereka bahwa badut hanyalah orang-orang berkostum.
  • Yakinkan mereka bahwa tidak ada yang akan mencoba menyakiti mereka.
  • Cobalah untuk menghindari film horor dan berita buruk yang melibatkan badut.

Namun, yang paling penting adalah berada di dekat anak dan memberi mereka kenyamanan di saat-saat stres. Jika Ibu mendengarkan isyarat dan pertanyaan mereka, risiko anak mengembangkan coulrophobia hingga usia dewasa akan berkurang. 

Memiliki jenis fobia apa pun bukanlah hal yang abnormal. Banyak orang hidup dengan fobia karena berbagai alasan. Jika kamu memiliki coulrophobia, jangan ragu untuk meminta bantuan ahlinya dan mendapatkan pengobatan, jika kondisi ini sudah mengganggu. 

Pahami juga bahwa penyembuhan adalah sebuah perjalanan, dan itu membutuhkan waktu. Jadi bersabarlah saat menjalani pengobatan coulrophobia atau fobia apapun itu. 

Untuk mendapatkan bantuan dari ahlinya, kamu bisa download Halodoc untuk berbicara dengan psikolog mengenai keluhan yang kamu alami. 

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2022. What Is Coulrophobia (the Fear of Clowns)?
WebMD. Diakses pada 2022. What Is Coulrophobia?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan