4 Tips Sederhana Memulai Kebiasaan Hidup Sehat

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 November 2021
4 Tips Sederhana Memulai Kebiasaan Hidup Sehat4 Tips Sederhana Memulai Kebiasaan Hidup Sehat

“Semua orang perlu menerapkan kebiasaan hidup sehat setiap hari agar kesehatannya terjaga setiap hari. Meski begitu, terasa sulit untuk memulainya. Nah, kamu perlu tahu tips sederhana yang bisa dilakukan agar kebiasaan ini bisa dilakukan secara rutin.”

Halodoc, Jakarta – Kesehatan adalah hal yang paling utama harus diperhatikan oleh semua orang. Bayangkan jika tubuh kamu tidak sehat, tentu saja sulit untuk menyelesaikan semua pekerjaan harian dan rencana yang dibuat menjadi terganggu. Maka dari itu, penting untuk tahu beberapa tips yang dapat membuat kamu memulai kebiasaan hidup sehat. Ketahui selengkapnya di sini!

Beberapa Tips untuk Memulai Kebiasaan Hidup Sehat secara Rutin

Gaya hidup atau kebiasaan hidup sehat adalah suatu cara yang perlu dilakukan untuk menjalani hidup yang aktif dengan tubuh serta pikiran sehat. Faktanya, menciptakan kebiasaan ini tidak harus selalu melakukan perubahan drastis. Dengan membuat perubahan kecil secara bertahap pada rutinitas harian tentu saja dapat memberikan dampak besar untuk kesehatan.

Baca juga: 6 Cara Mudah Menjaga Gaya Hidup Sehat

Beberapa gaya hidup sehat dapat mulai dilakukan dari hal-hal kecil, seperti mengonsumsi makanan sehat, melakukan latihan fisik, dan tidur yang cukup setiap hari. Faktanya, hal ini sangat mudah untuk diucapkan tetapi sulit untuk diaplikasikan. Keinginan yang kuat adalah hal yang perlu ditanamkan agar perubahan ini tidak berhenti di tengah jalan.

Maka dari itu, setiap orang perlu tahu beberapa tips untuk memulai kebiasaan hidup sehat, seperti:

1. Identifikasi Kebiasaan Buruk

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengubah kebiasaan hidup sehat adalah dengan mengidentifikasi kebiasaan buruk yang kerap dilakukan setiap hari. Kamu bisa mengubah sesuatu yang salah dengan mengidentifikasinya terlebih dahulu agar bisa diperbaiki. Lalu, buatlah daftar alasan jika semua kebiasaan ini perlu dihentikan agar tubuh lebih sehat.

2. Bertanggung Jawab pada Rencana yang Dibuat

Untuk menjaga gaya hidup sehat secara rutin, pastikan untuk memulai perubahan sesuai dengan rencana yang dibuat. Tentu saja, perubahan ini dapat memengaruhi hidupmu ke arah lebih baik. Namun, semua janji yang sudah dibuat ada baiknya ditepati dengan benar dan tentunya agar manfaatnya dapat dirasakan. Dengan begitu, tubuh yang sehat dan bugar dapat kamu dapatkan.

Baca juga: Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat dalam Kehidupan Sehari-hari

3. Tanamkan Pikiran Positif

Pastikan kamu percaya pada diri sendiri jika dapat melakukan semua perubahan yang positif ini dalam penerapan kebiasaan hidup sehat. Kamu akan sulit melakukannya jika hal ini tidak dilakukan. 

Hilangkan semua pemicu negatifnya yang bisa membuat diri menjadi lebih buruk. Jangan pernah toleransi sesuatu yang negatif. Kamu bisa mengalihkan pikiranmu dengan kegiatan sehat, seperti berlari selama 10 menit atau push-up 50 kali.

4. Semua Butuh Proses

Harus dipahami jika semua perubahan pada kebiasaan gaya hidup yang positif tentu membutuhkan proses. Tidak ada perubahan yang mudah dan godaan selalu ada. Tingkatkan terus komitmen tersebut selagi mengambil langkah kecil dengan cara yang realistis. Lakukan sesuatu yang positif yang dapat memotivasi semua rencana ini agar lebih baik.

Baca juga: Pola Hidup Sehat dengan Menerapkan Pedoman Gizi Seimbang

Nah, sekarang kamu tahu beberapa tips yang bisa dilakukan guna melakukan kebiasaan hidup sehat menjadi rutinitas harian. Dengan menerapkan kebiasaan ini, tentu saja kamu dapat menjadi lebih sehat secara fisik dan mental. Metode ini juga cara tepat untuk menurunkan berat badan agar memiliki tubuh yang lebih ideal.

Kamu juga perlu untuk membuat jadwal olahraga dan perencanaan makan yang baik agar semua yang direncanakan dapat memberikan hasil yang maksimal. Cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah setiap hari. Untuk aktivitas fisik, disarankan agar bergerak 150 menit per minggunya dengan intensitas yang ringan.

Kamu juga bisa berinteraksi dengan dokter dari Halodoc untuk mendapatkan saran-saran yang jitu untuk menerapkan gaya hidup sehat. Untuk melakukan interaksi ini, kamu bisa download aplikasi Halodoc terlebih dahulu. Kamu juga bisa lho cek kebutuhan vitamin/suplemen melalui aplikasi Halodoc tanpa perlu bertatap muka dengan ahli medis.

Nah, kamu juga perlu memenuhi kebutuhan suplemen harian agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Saat ini, Halodoc sedang mengadakan promo selama 8-12 November 2021.

Untuk semua pengguna aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan diskon sebesar 60% ditambah dengan gratis ongkir hanya dengan pembelian Rp100.000. Cukup masukkan kode “HALODEALS” saat melakukan pembelian di toko Halodeals.

Jika kamu belum pernah mendaftar, ada juga gratis ongkir dengan memasukkan kode “HALOONGKIR” setelah melakukan pendaftaran. Promo ini berlaku dengan minimum pembelian sebesar Rp100.000.

Kamu juga bisa mendapatkan potongan langsung sebesar Rp11.000 di semua Toko Kesehatan dengan pembelian minimal Rp110.000. Sangat menarik bukan?

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Better Me. Diakses pada 2021. How To Start A Healthy Lifestyle: Simple Habits To Kick-Start A Healthier Lifestyle.
Very Well Fit. Diakses pada 2021. How to Live a Healthier Lifestyle.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan