• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Melatih Kucing agar Mengenali Namanya

5 Cara Melatih Kucing agar Mengenali Namanya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Kucing menjadi peliharaan favorit kedua setelah anjing. Meskipun tingkah lakunya menyenangkan, tetapi kucing merupakan hewan yang cuek dan agak susah diatur. Sifatnya yang cuek dan sulit diatur membuat pemilik sulit untuk melatih kucing mengenal namanya. Jangan kaget, meskipun ia sudah mengetahui namanya, tetapi sikap cueknya akan terus berlangsung, kecuali saat ia sedang lapar. Saat lapar, ia akan merajuk dengan sangat manisnya pada pemilik. Lantas, bagaimana cara melatih kucing agar mengenali namanya? Kamu bisa lakukan hal berikut ini.

Baca juga: Cara Memilih Makanan yang Tepat untuk Anjing Bulldog

1. Buat Nama yang Unik

Cara melatih kucing agar mengenali namanya yang pertama adalah membuat nama yang unik dan mudah dikenali. Sebaiknya, gunakan nama dengan karakter yang sama dengan kucing. Tidak usah terlalu panjang, tetapi pilih nama yang mudah diucapkan dan diulangi agar kucing lebih mudah mengenalinya.

2. Ajarkan Memanggil Nama Tersebut Sejak Kitten

Melatih sejak kecil menjadi salah satu cara agar kucing mengenali namanya. Sama halnya dengan manusia, saat kecil kucing pun lebih meresap dengan hal-hal kecil yang diajarkan, salah satunya mengenali namanya dan bagaimana cara memakai litter box sebagai tempat buang air.

Baca juga: 10 Ras Anjing yang Cocok untuk Menemani Berolahraga

3. Jika Melakukan Kesalahan, Jangan Dimarahi

Meskipun memiliki wajah dan bentuk yang lucu dan menggemaskan, tetapi tingkah laku kucing tidak seindah kelihatannya. Jika tidak diajari dengan baik, mereka sering buang air sembarangan, mengambil makanan di meja makan, merusak furnitur rumah dengan cakarannya, bahkan bulu yang betebaran di mana-mana. Ketika mereka melakukan kesalahan, coba panggil namanya dengan sedikit nama membentak. Jika terbiasa dilakukan, ia akan mengetahui namanya, dan tahu jika tindakan yang dilakukan salah.

4. Pancing dengan Makanan yang Disukai

Kucing merupakan hewan yang sangat suka sekali makan. Salah satu cara melatih kucing agar mengenali namanya selanjutnya adalah memanggil sembari memancingnya dengan makanan yang ia sukai. Untuk membuat mereka mengenali namanya, coba kurangi porsi makannya. Kemudian, berikan sebagai umpan dengan cara memanggil nama mereka. Berikan sedikit demi sedikit, hingga mereka telah terbiasa mendengar nama yang kamu berikan.

5. Berikan Benda yang Memikat Hatinya

Sebagian besar kucing memiliki sifat malas bergerak. Namun, semalas-malasnya kucing, pasti ada hal yang ia sukai, seperti kemoceng, sapu lidi, atau bola-bola. Jika ia terlihat selalu bermalas-malasan, coba pancing ia bermain sembari memanggil namanya. Memberikan benda yang ia sukai sembari memanggil namanya akan membuat ia terbiasa merespon ketika namanya dipanggil.

Baca juga: 4 Trik Melatih Anjing agar Patuh sejak Kecil

Itulah cara melatih kucing agar mengenali namanya. Kamu bisa mencobanya sejak ia kecil, jika sudah besar, ia akan lebih sulit untuk diajari mengenali namanya. Jangan lupa untuk memanggil dan mengulanginya terus-menerus, ya. Jika kucing mengalami sejumlah masalah kesehatan, silahkan diskusikan dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc.

Referensi:
Knowyourcat.info. Diakses pada 2021. Teaching a kitten to recognise her name and respond to it.
Catological.com. Diakses pada 2021. How To Teach Your Cat Or Kitten Its Name And Get It To Respond.