• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Cara Membuat Otak Anak Jadi Lebih Cerdas

7 Cara Membuat Otak Anak Jadi Lebih Cerdas

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Orangtua mana yang tidak ingin anaknya berprestasi di sekolah dan tumbuh menjadi orang dewasa yang sangat sukses? Sayangnya, tidak mudah untuk mendidik anak menjadi pribadi yang berprestasi dan tidak ada jalan yang pasti untuk menjamin kesuksesan anak di masa mendatang. 

Meski begitu, tetap ada beberapa cara yang bisa orangtua lakukan untuk menggali potensi yang ada dalam dirinya dan memaksimalkan potensi tersebut. Berikut sejumlah hal yang dapat orangtua lakukan untuk membesarkan anak-anak yang cerdas dan berpengetahuan luas:

1. Ajarkan Keterampilan Sosial

Sebuah studi selama 20 tahun oleh para peneliti di Pennsylvania State dan Duke University menunjukkan korelasi positif antara keterampilan sosial pada anak di taman kanak-kanak dan keberhasilan mereka di masa dewasa awal. Mengajari Si Kecil cara menyelesaikan masalah dengan teman, berbagi barang-barang yang dimilikinya, mendengarkan tanpa menyela, dan membantu orang lain di rumah adalah cara yang bagus untuk menumbuhkan keterampilan sosialnya. 

Baca juga: Inilah 6 Jenis Pola Asuh Anak yang Bisa Diterapkan Orangtua

2. Jangan Terlalu Melindungi

Tak sedikit orangtua yang terlalu khawatir dan selalu ragu untuk membiarkan anak-anaknya memecahkan masalah yang mereka alami. Berdasarkan studi Universitas Harvard, Julie Lythcott-Haims, berpendapat bahwa membiarkan anak-anak membuat kesalahan dan membiarkan mereka menyelesaikannya sendiri mampu memupuk ketahanan mental dan akalnya.

3. Libatkan ke Dalam Dunia Akademis Sejak Dini

Membacakan dan mengajari anak matematika sejak dini dapat sangat memengaruhi pencapaian di tahun-tahun berikutnya. Namun, hal yang terbaik adalah mulai menyapih anak-anak dari bantuan pekerjaan rumah nanti di sekolah dasar. Pasalnya, membantu anak dalam mengerjakan pekerjaan rumah sebenarnya dapat menghambat perkembangan mereka. 

4. Cegah Anak Kecanduan Layar

Terlalu banyak waktu menatap layar telah dikaitkan dengan obesitas masa kanak-kanak, pola tidur yang tidak teratur, dan masalah perilaku. Selain itu, studi tahun 2017 oleh Greg L. West di University of Montreal mengungkapkan bahwa bermain game dapat merusak otak dan menyebabkan otak kehilangan sel. Menurut American Academy of Pediatrics, waktu menatap layar untuk hiburan harus dibatasi menjadi dua jam sehari.

Baca juga: Inilah Nutrisi yang Baik untuk Perkembangan Otak Balita

5. Jangan Memuji Terlalu Sering

Sebuah studi Universitas Stanford menunjukkan bahwa terlalu sering memuji anak dan berfokus pada kecerdasan mereka, sebenarnya dapat menyebabkan kinerja yang buruk. Sebaiknya berikan pujian saat anak benar-benar telah melakukan hal yang positif, misalnya mampu mendapatkan nilai yang baik di sekolah atau membantu temannya yang sedang kesusahan. Hindari memberi pujian ke hal-hal yang sangat sepele. 

6. Jadikan Rumah Tempat yang Damai dan Penuh Kasih Sayang

Anak-anak yang tinggal dalam keluarga konflik tinggi cenderung bernasib lebih buruk daripada anak-anak dari orang tua yang akur, menurut tinjauan studi University of Illinois. Menciptakan lingkungan yang penuh kasih adalah salah satu kunci menghasilkan anak yang cerdas di masa mendatang. 

7. Jangan Terlalu Keras atau Lembut

Pola asuh sangat memengaruhi kecerdasan anak nantinya. Pasalnya, seorang anak mencontoh orangtua dan mempelajari keterampilan pengaturan emosi dan pemahaman sosial yang diterapkan oleh orangtuanya. Oleh sebab itu, pastikan ayah dan ibu tidak terlalu keras atau terlalu lembut pada Si Kecil. 

Baca juga: Inilah Nutrisi yang Baik untuk Perkembangan Otak Balita

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk membuat otak anak lebih cerdas. Selain cara-cara di atas, ibu juga wajib memenuhi nutrisinya untuk perkembangan otak Si Kecil yang lebih baik. Hubungi dokter melalui Halodoc bila ada keluhan kesehatan yang dialami Si Kecil. Ibu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
Inc. Diakses pada 2020. Science Says These 10 Things Will Help You Raise Extremely Smart and Successful Kids.
Parenting Science. Diakses pada 2020. Can we make our kids smarter?.