• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Diet Diabetes Melitus

7 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Diet Diabetes Melitus

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Pengidap diabetes melitus harus mewaspadai makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sebab, hal ini penting untuk menjaga kadar gula darah tetap seimbang. Seperti diketahui, diabetes melitus adalah penyakit yang terjadi karena melonjaknya kadar gula dalam darah. Maka dari itu, penting untuk menerapkan diet seimbang untuk pengidap diabetes. Lantas, apa saja makanan yang baik dikonsumsi pengidap penyakit ini? 

Memilih jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh adalah hal yang penting dilakukan oleh pengidap diabetes melitus. Pasalnya, salah memilih makanan bisa berakibat fatal dan berujung pada meningkatnya kadar gula dalam darah. Kalau sudah begitu, risiko munculnya gejala-gejala penyakit mungkin tidak terelakkan. 

Baca juga: Gaya Hidup yang Perlu Dijalani Pengidap Diabetes Melitus

Makanan yang Disarankan untuk Diet Diabetes Melitus 

Pengidap penyakit diabetes melitus memiliki menu diet yang khusus, yaitu menu-menu makanan yang baik dan disarankan untuk dikonsumsi. Selain itu, untuk mencegah munculnya gejala, biasanya ada juga makanan-makanan yang harus dihindari atau dibatasi jumlah konsumsinya. Peningkatan kadar gula darah adalah hal yang harus dihindari pengidap diabetes. 

Saat gula darah melonjak, pengidap diabetes melitus rentan mengalami gangguan kesehatan, seperti kelelahan, pusing, kerusakan saraf, gagal ginjal, hingga penyakit jantung. Tidak hanya itu, kebiasaan makan yang kurang tepat juga bisa menyebabkan pengidap diabetes melitus mengalami masalah pada mata, rentan mengalami infeksi dan luka, bahkan kehilangan kesadaran alias koma. 

Baca juga: Waspadai Gejala Diabetes yang Menyerang Tubuh

Ada beberapa jenis makanan yang baik dan disarankan untuk dikonsumsi pengidap penyakit ini, di antaranya: 

  1. Makanan yang terbuat dari biji-bijian. Pengidap diabetes melitus juga disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, ubi panggang, oatmeal, ubi, dan sereal dari biji-bijian utuh. 
  2. Daging tanpa lemak. Nyatanya, pengidap diabetes tetap membutuhkan asupan nutrisi dari daging. Biar lebih aman, disarankan untuk memilih daging segar tanpa lemak. Kamu juga bisa mengonsumsi daging ayam tanpa kulit.
  3. Sayur-sayuran. Makanan ini sudah dikenal sebagai jenis makanan yang sehat dan bisa memberi segunak manfaat untuk tubuh. Nah, biar manfaat dari sayur-sayuran maksimal, pastikan untuk memprosesnya dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang. Kamu juga bisa mengonsumsi sayur-sayuran mentah, tapi pastikan untuk mencuci sayur sebelum dikonsumsi. Pengidap diabetes disarankan untuk banyak mengonsumsi sayur brokoli dan bayam. 
  4. Buah-buahan. Pengidap diabetes melitus juga disarankan untuk banyak mengonsumsi buah-buahan segar. Kamu bisa memakannya langsung atau dengan cara dijadikan jus tanpa gula. 
  5. Kacang-kacangan. Sama seperti makanan lain, perhatikan proses memasaknya agar lebih aman. Pastikan untuk memasak kacang-kacangan dengan cara dikukus, ditumis, atau dijadikan sup. 
  6. Susu atau produk olahan susu. Pengidap diabetes melitus disarankan untuk banyak mengonsumsi yogurt rendah lemak tanpa pemanis tambahan. 
  7. Ikan. Kandungan nutrisi dalam ikan sangat menjanjikan bagi pengidap diabetes melitus. Kamu bisa mengonsumsi ikan tuna, salmon, sarden, dan makarel. 

Selain rutin menjalani pengobatan, nyatanya menerapkan diet sehat bisa membantu pengidap diabetes melitus untuk hidup normal. Maka dari itu, mulai perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi agar gejala penyakit atau komplikasi dari diabetes bisa dihindari. 

Baca juga: Ini Alasan Diabetes Jadi Penyakit Seumur Hidup

Kalau ragu, kamu bisa membicarakan seputar rencana diet diabetes melitus pada ahli gizi di aplikasi Halodoc. Cari tahu apa saja menu makanan yang bisa dikonsumsi pengidap penyakit diabetes. Ahli gizi bisa dihubungi melalui Video/Voice Call atau Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Diabetes diet: Create your healthy-eating plan.
WebMD. Diakses pada 2020. Best and Worst Foods for Diabetes.
WebMD. Diakses pada 2020. Diabetes & Diet: 7 Foods That Control Blood Sugar