13 Jenis Buah-Buahan yang Baik untuk Penyakit Jantung

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 September 2023

“Penyakit jantung menyebabkan terjadinya penurunan fungsi organ jantung. Guna mencegah risiko masalah kesehatan ini, kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis buah-buahan, seperti alpukat, mengkudu, aprikot, dan pepaya.”

13 Jenis Buah-Buahan yang Baik untuk Penyakit Jantung13 Jenis Buah-Buahan yang Baik untuk Penyakit Jantung

Halodoc, Jakarta – Buah-buahan menjadi salah satu makanan sehat yang menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan. Ini tak lepas dari peran berbagai nutrisi penting, seperti vitamin, serat, antioksidan, dan mineral. Tak hanya itu, rasanya yang manis dan menyegarkan juga menjadi alasan mengapa makanan ini baik kamu konsumsi setiap hari. 

Salah satu manfaat mengonsumsi buah-buahan secara rutin adalah melindungi tubuh dari berbagai risiko masalah kesehatan serius, tak terkecuali penyakit jantung. Ini adalah kondisi ketika organ jantung tidak mampu bekerja dengan optimal yang terjadi karena kendala pada katup, otot, maupun pembuluh darah.

Buah-Buahan Apa yang Baik untuk Jantung?

Masalah kesehatan pada jantung bisa terjadi karena banyak faktor, mulai dari kelainan saat lahir, infeksi, maupun pola hidup tak sehat seiring bertambahnya usia. Ini artinya, kesehatan organ satu ini penting untuk kamu jaga. 

Salah satunya dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya melalui asupan makanan sehat. Apa saja jenis makanannya? Cek rekomendasi dari dokter dengan klik artikel ini: Kata Dokter: Berbagai Jenis Makanan Sehat untuk Jantung.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menjaga kesehatan jantung dengan rutin mengonsumsi buah-buahan. Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa rekomendasi buah untuk penyakit jantung berikut ini.

1. Alpukat

Alpukat adalah jenis makanan sehat yang kaya lemak tak jenuh tunggal. Kandungan tersebut mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kamu perlu tahu kalau kadar kolesterol jahat pada tubuh yang tinggi bisa memicu banyak masalah pada jantung.

Selain lemak tak jenuh tunggal, alpukat juga mengandung kalium, nutrisi yang sangat penting untuk jantung. Sebab, kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meminimalisir risiko stroke.

2. Mengkudu, pilihan buah-buahan untuk jantung

Mengkudu termasuk jenis buah-buahan yang aman bagi pengidap penyakit jantung. Buah satu ini dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil, sehingga membuat jantung tetap sehat dan mengurangi risiko stroke.

Selain itu, mengkudu juga mengandung xeronin, vitamin, dan mineral penting yang mampu memperbaiki fungsi tubuh. Tak ketinggalan, kandungan antioksidan yang membantu melebarkan saluran pembuluh darah yang menyempit, sehingga jantung tak perlu bekerja keras dalam memompa darah.

3. Aprikot

Aprikot mengandung vitamin A, C, E, dan K, serta kaya kalium, serat, dan karotenoid. Semua nutrisi tersebut memainkan peran penting dalam meningkatkan fungsi jantung. Salah satu manfaat mengonsumsi buah ini secara rutin adalah melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Buah anggur

Jenis buah-buahan berikutnya yang baik untuk penyakit jantung adalah anggur. Buah satu ini mengandung polifenol dan resveratrol, sejenis antioksidan yang berperan penting dalam mencegah penyumbatan pada pembuluh darah.

5. Tomat

Tomat merupakan salah satu buah-buahan yang tinggi kalium dan senyawa antioksidan bernama likopen. Nutrisi tersebut bekerja secara efektif dalam menghilangkan lemak jahat, mengurangi risiko serangan jantung, dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.

6. Buah-buahan keluarga berries

Stroberi, bluberi, atau raspberry memainkan peran penting dalam kesehatan jantung. Kelompok ini mengandung antioksidan jenis anthocyanin yang tinggi yang mampu melindungi jantung dari stres oksidatif dan peradangan.

Manfaat ini tercatat dalam jurnal Dietary Strawberries Improve Cardiometabolic Risks in Adults with Obesity and Elevated Serum LDL Cholesterol in a Randomized Controlled Crossover Trial, yang dipublikasikan pada Nutrients Journal.

Studi ini menyebutkan, kesehatan jantung dapat terjaga dengan baik jika mengonsumsi 2,5 porsi stroberi dalam jangka waktu 4 minggu. Hasilnya secara signifikan mampu meningkatkan resistensi insulin dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

7. Manggis

Manfaat manggis untuk jantung bukan dari dagingnya, melainkan kulit buahnya. Bagian ini mengandung xanthones, antioksidan super yang mampu mengurangi penumpukan lemak dan melebarkan pembuluh darah.

8. Pisang, buah-buahan untuk jantung

Buah-buahan lain yang dapat meningkatkan kesehatan jantung adalah pisang. Buah dengan warna kuning ini mengandung kalium yang efektif untuk menurunkan tekanan darah. Dengan demikian, risiko hipertensi yang menjadi penyebab sakit jantung bisa berkurang.

9. Pepaya

Pepaya merupakan jenis buah-buahan dengan kandungan antioksidan tinggi dari berbagai vitamin, seperti vitamin A, C, dan E. Nutrisi baik ini dapat mencegah oksidasi kolesterol yang berpotensi menyumbat pembuluh darah jantung.

10. Buah bit

Buah bit termasuk ke dalam golongan umbi-umbian. Warna ungunya berasal dari senyawa nitrit. Rutin mengonsumsi buah ini bisa memperbesar ukuran pembuluh darah dan melancarkan alirannya, sehingga membantu menurunkan risiko kekakuan arteri jantung bisa diminimalisir.

11. Apel

Selanjutnya, ada apel yang mengandung quercetin dan pektin yang baik untuk jantung. Keduanya berperan aktif dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah yang berpotensi merusak kesehatan pembuluh darah.

12. Jeruk, buah-buahan yang menyehatkan jantung

Buah-buahan yang baik untuk pengidap jantung lainnya adalah jeruk. Buah ini mampu mengurangi risiko serangan jantung berkat kandungan airnya yang tinggi dan serat pektin yang mampu melawan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, potasium dalam buah ini juga dapat membantu mengontrol tekanan darah.

13. Delima

Delima atau pomegranate juga menjadi jenis buah yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Ini karena kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke.

Itu tadi deretan buah-buahan yang sangat baik untuk jantung yang bisa kamu konsumsi. Selain pilihan buah tadi, ketahui buah lain yang baik untuk jantung dengan rekomendasi dokter dengan klik artikel ini: Kata Dokter: Buah-buahan yang Baik untuk Pengidap Sakit Jantung.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, diskusikan saja dengan dokter tepercaya ✔️ di Halodoc. Dapatkan jawaban dan saran kesehatan yang tepat dari ahlinya melalui fitur chat dengan dokter. Yuk, gunakan sekarang aplikasinya!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. 12 Heart-Healthy Foods to Work into Your Diet.
Healthline. Diakses pada 2023. 15 Incredibly Heart-Healthy Foods.
Nutrients Journal. Diakses pada 2023. Dietary Strawberries Improve Cardiometabolic Risks in Adults with Obesity and Elevated Serum LDL Cholesterol in a Randomized Controlled Crossover Trial.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan