11 Manfaat Buah Delima, Salah Satunya Turunkan Risiko Alzheimer

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 September 2023

“Ada berbagai manfaat buah delima untuk kesehatan tubuh yang masih jarang diketahui. Contohnya menurunkan risiko Alzheimer, meningkatkan stamina tubuh, serta fungsi jantung yang sehat.”

11 Manfaat Buah Delima, Salah Satunya Turunkan Risiko Alzheimer11 Manfaat Buah Delima, Salah Satunya Turunkan Risiko Alzheimer

Halodoc, Jakarta – Buah delima adalah buah yang tumbuh dari pohon delima (Punica granatum). Di dalam buah delima terdapat banyak biji kecil berwarna merah. Biji-biji ini terlapisi oleh daging buah yang berair dan berasa manis, namun juga sedikit masam. Selain itu, biji delima bisa kamu makan bersama dengan daging buahnya atau kamu minum. 

Selain enak, buah delima juga kabarnya dapat menurunkan risiko Alzheimer. Namun tak hanya itu, masih ada sejumlah manfaat lain dari buah ini berkat sejumlah nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. 

Berbagai Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

Buah delima ukuran 282 gram dapat mengandung sejumlah nutrisi penting. Misalnya seperti protein, serat tinggi, mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor hingga kalium. 

Menariknya lagi, buah delima juga kaya akan vitamin C dan folat (vitamin B9). Sayangnya, kandungan vitamin C pada buah delima akan hilang dalam bentuk jus. Jadi, sebaiknya kamu mengonsumsi buah ini secara langsung, untuk mempertahankan nilai gizinya. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah delima:

1. Menurunkan tekanan darah

Konsumsi buah delima secara teratur mengurangi hipertensi dan mengatur tekanan darah sistolik. Untuk kamu yang mengidap hipertensi, ataupun punya riwayat keluarga dengan gangguan hipertensi, ada baiknya untuk menjadikan buah ini sebagai alternatif diet sehat. 

2. Memiliki sifat antikanker

Ekstrak buah delima dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker. Bahkan, memicu apoptosis atau kematian sel pada sel kanker. Hal ini dapat kamu simak dalam jurnal ilmiah berjudul Pomegranate for Prevention and Treatment of Cancer: An Update di Multidisciplinary Digital Publishing Institute

Menurut studi tersebut, delima menunjukkan aktivitas antioksidan kuat ketimbang anggur merah dan teh hijau. Buah dengan biji-biji kecil ini juga kaya akan antosianin, ellagitanin, dan tanin. 

Senyawa-senyawa tersebut memiliki sifat antiinflamasi, anti-proliferatif, dan anti-tumorigenik. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait khasiat buah delima dengan penyakit kanker.

3. Buah delima memiliki sifat antiinflamasi

Peradangan kronis dapat menyebabkan penyakit jantung dan obesitas. Buah ini dapat menurunkan aktivitas peradangan pada sistem pencernaan, serta pada sel kanker payudara dan kanker usus besar.

Kandungan antioksidan punicalagin dalam buah delima memiliki sifat antiinflamasi yang kuat. Hal tersebut dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan secara spesifik.

4. Mengobati radang sendi 

Makanan sehat ini juga bermanfaat untuk kesehatan sendi. Contohnya pada kasus pembengkakan sendi pada pengidap radang sendi. Nah, ekstrak buah ini dapat mengobati radang sendi.

Termasuk juga menghambat enzim penyebab kerusakan sendi. Aktivitas tersebut dapat membantu mengobati osteoarthritis secara efektif.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Jika kamu berisiko terkena penyakit jantung koroner, mencoba mengonsumsi jus buah delima dapat menjadi pilihan yang baik. Sebab, berdasarkan penelitian, mengonsumsi setidaknya 200 ml jus buah delima setiap hari selama 3 bulan dapat membantu mengurangi gejala iskemia akibat penyempitan pembuluh darah jantung.

Terlebih lagi, asam lemak punicic pada pada buah delima juga membantu melindungi kerusakan jantung. Terutama berkaitan dengan penumpukan lemak dan kolesterol. Minyaknya bisa mengurangi kadar trigliserida sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. 

6. Melawan infeksi bakteri dan jamur

Delima dapat melawan beberapa jenis bakteri berbahaya dan ragi Candida albicans. Itu sebabnya, konsumsi delima dapat menyehatkan mulut dan gusi, karena perannya dalam memerangi mikroorganisme berbahaya. Bahkan, delima efektif untuk menangani masalah gingivitis dan denture stomatitis (peradangan mukosa mulut). 

Selain delima, ada bahan alami lain yang bisa melawan infeksi bakteri. Baca di artikel Ini 5 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Infeksi Helicobacter Pylori.

7. Meningkatkan daya ingat

Penuaan, genetika, pola makan yang buruk, cedera otak, hingga kurang olahraga dapat menurunkan kinerja neuron. Ketika itu terjadi, neuron di area otak yang terlibat dalam pembelajaran dan memori, terutama hippocampus menjadi rusak dan mulai mati.

Nah, buah delima memiliki manfaat menurunkan risiko Alzheimer.  Sebab, senyawa punicalagin dalam makanan ini terbukti mengurangi peradangan yang terkait dengan rheumatoid arthritis, parkinson, dan Alzheimer.

8. Mendukung kesehatan saluran kemih

Ekstrak delima berpotensi membantu mengurangi risiko pembentukan batu ginjal. Selain itu, nutrisi yang terkandung dalam buah ini juga dapat berperan dalam mengatur tingkat oksalat, kalsium, dan fosfat dalam darah. Secara keseluruhan, ini dapat memberikan dukungan bagi kesehatan saluran kemih.

9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Satu buah delima dapat menyediakan sekitar 40 persen kebutuhan vitamin C. Nah, sudah menjadi rahasia umum kalau vitamin C adalah antioksidan kuat yang penting bagi tubuh. Sebab, nutrisi ini mampu bekerja melawan peradangan seluruh tubuh, mencegah stres oksidatif hingga melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas.

Menariknya lagi, buah ini juga mengandung antioksidan lain yang dapat melindungi tubuh dari infeksi yang berkaitan dengan penyakit ginjal.

10. Mengurangi risiko anemia

Buah ini juga mengandung zat besi yang penting untuk pembentukan sel darah merah. Sehingga, dapat membantu mencegah anemia dan meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. 

Baca selengkapnya mengenai kadar hemoglobin rendah pada artikel Ketahui Penyebab Hemoglobin Rendah pada Tubuh.

11. Mengencangkan kulit

Antioksidan dalam buah ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan penuaan. Selain itu, khasiat lainnya adalah membantu mengurangi peradangan pada kulit dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit tetap kencang dan elastis.

Nah, itulah beragam manfaat buah delima untuk kesehatan tubuh. Bagaimana, tertarik untuk mengonsumsinya? Jangan lupa selalu jaga kesehatan kamu dan orang tua dengan mengonsumsi makanan sehat, ya. Mengingat buah ini kaya akan nutrisi penting, tidak ada salahnya untuk mengonsumsinya sebagai salah satu menu pelengkap. 

Jika kamu atau anggota keluargamu memiliki alergi terhadap buah delima atau gangguan pencernaan seperti tukak lambung atau iritasi usus, sebaiknya hindari untuk mengonsumsinya. Jika alergi terjadi, segera hubungi dokter di Halodoc untuk tahu cara penanganan yang tepat.

Referensi:
Express.co.uk. Diakses pada 2023. Alzheimer’s disease: A red juice that could reduce your risk of the degenerative condition.
WebMD. Diakses pada 2023. Health Benefits of Pomegranates.                            
Times of India. Diakses pada 2023. Health benefits of pomegranate: From boosting immunity to protecting your heart, nutrition facts you must know.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. The Health Benefits of Pomegranates.
Good Housekeeping. Diakses pada 2023. 10 Top Pomegranates Health Benefits, According to Registered Dietitians.
Healthline. Diakses pada 2023. Pomegranate: 10 Health and Nutritional Benefits.
Multidisciplinary Digital Publishing Institute. Diakses pada 2023. Pomegranate for Prevention and Treatment of Cancer: An Update.
Rambam Maimonides Medical Journal. Diakses pada 2023. Pomegranate for Your Cardiovascular Health.
Journal of Impotence Research. Diakses pada 2023. POM Wonderful 100% Pomegranate Juice may improve erectile dysfunction.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan