• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Akhir Tahun Liburan ke Tempat Bersalju, Awas Kena Flu

Akhir Tahun Liburan ke Tempat Bersalju, Awas Kena Flu

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Menjelang libur natal dan tahun baru, tidak sedikit orang yang ingin pergi berlibur ke negara-negara bersalju. Meskipun sangat dingin, tetapi pemandangan kota yang serba putih karena diselimuti salju memang sangat mengagumkan. Apalagi kamu juga bisa sekalian mencoba olahraga dengan salju, seperti ski atau snowboarding. Namun, bagi kita yang tinggal di negara beriklim tropis, tubuh kita mungkin belum terbiasa terpapar udara dingin yang sampai bisa menusuk tulang.

Itulah sebabnya banyak orang mudah terserang flu saat mengunjungi tempat-tempat dingin. Nah, biar liburan kamu tidak terganggu dengan flu, perhatikan perlengkapan apa saja perlu kamu siapkan sebelum berlibur ke negara bersalju di bawah ini.

Baca juga: Jenis Olahraga Musim Dingin yang Perlu Dicoba Saat Liburan

  1. Kaus Thermal

Kaus thermal adalah salah satu pakaian yang wajib kamu bawa bila berencana pergi ke tempat bersalju. Kaus ini didesain dengan bahan khusus yang mampu menjaga suhu tubuh kamu tetap hangat. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari serangan flu sekalipun pergi ke tempat bersalju.

Pilihlah kaus thermal berbahan ringan dan juga elastis. Meskipun pergi ke tempat dingin, kamu tetap bisa berkeringat karena tebalnya lapisan pakaian yang kamu kenakan. Jadi, dengan memakai kaus berbahan ringan dan elastis, keringat kamu dapat terserap dengan baik.

  1. Windbreaker

Hembusan angin kencang dan hujan seringkali yang menjadi penyebab suhu udara semakin dingin, sehingga membuat kamu menggigil. Nah, untuk menghadapi situasi tersebut, windbreaker adalah pilihan jaket yang sangat tepat dan bermanfaat. Meskipun bahannya tampak tipis, tetapi windbreaker ampuh untuk menghalau paparan udara dingin.

  1. Down Jacket

Down jacket adalah jaket tebal yang berisikan bulu angsa yang sangat bermanfaat di tempat bersuhu di bawah 10 derajat Celsius. Pilihlah yang tahan air, sehingga bila kamu ingin melakukan aktivitas seperti ski atau snowboarding, kamu bisa leluasa melakukannya tanpa harus khawatir basah dan kedinginan.

  1. Topi Kupluk

Topi beanie atau yang lebih dikenal dengan topi kupluk juga penting untuk dibawa bila ingin berlibur ke daerah bersalju. Sebab, aksesoris yang satu ini dapat melindungi kepala kamu dari rasa dingin, apalagi bila hujan atau salju turun. Dengan mengenakan topi kupluk, kamu juga dapat mengurangi risiko terserang flu karena kepala basah atau kedinginan.

Baca juga: Rentan Menyerang Pendaki Gunung, 5 Cara Mencegah Hipotermia

  1. Sarung Tangan

Jari-jari tangan bisa menjadi dingin dengan cepat, bahkan sampai mati rasa bila berada di bawah suhu udara minus. Karena itu, kamu perlu mengenakan sarung tangan untuk menjaga tangan tetap hangat.

  1. Scarf

Leher juga merupakan bagian tubuh yang perlu kamu lindungi dari paparan udara dingin saat berlibur ke negara bersalju. Karena itu, scarf atau syal juga penting untuk dibawa. Selain di leher, syal juga bisa dipakai untuk melindungi bagian tubuh lain seperti bahu, kepala, bahkan pinggang.

  1. Salep Multiguna

Udara dingin bisa menyebabkan kulit kamu menjadi kering dan kasar, bahkan mudah berdarah. Oleh karena itu, kamu perlu membawa salep multiguna yang dapat menjaga kelembapan kulit, sehingga tidak mudah rusak. Selain itu, salep ini juga bisa digunakan untuk mengobati luka terbuka bila terjadi kecelakaan.

  1. Obat-obatan

Hal penting terakhir yang perlu kamu persiapkan bila ingin berlibur ke tempat bersalju adalah obat-obatan, khususnya obat flu seperti Decolgen. Decolgen bermanfaat untuk meredakan gejala flu baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Berkat kandungan bahan aktif, seperti paracetamol, chlorpheniramine maleate, serta phenylpropanolamine yang terdapat di dalamnya, Decolgen dapat meredakan gejala flu, seperti sakit kepala, demam, bersin-bersin, dan hidung tersumbat.

Baca juga: Ini 7 Cara Mengatasi Gejala Awal Flu

Nah, itulah daftar perlengkapan yang perlu kamu persiapkan sebelum berlibur ke negara bersalju. Untuk membeli Decolgen atau obat apapun yang kamu butuhkan, gunakan saja aplikasi Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order saja lewat fitur Buy medicine dan pesananmu akan tiba dalam waktu satu jam. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
TripZilla. Diakses pada 2019. Winter Checklist: 10 Items to Pack on Your First Snowy Vacation.