• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alami Hipertensi, Ini 5 Makanan yang Aman untuk Buka Puasa

Alami Hipertensi, Ini 5 Makanan yang Aman untuk Buka Puasa

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang tidak segera diatasi tentunya dapat membahayakan kesehatan. Berbagai gangguan kesehatan dapat menjadi dampak dari hipertensi, seperti gagal jantung, gagal ginjal, hingga stroke. Ada beberapa pemicu yang menyebabkan seseorang mengalami hipertensi, salah satunya terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam dan terlalu sedikit mengonsumsi makanan yang mengandung kalium.

Baca juga: Cara Sehat Berpuasa bagi Pengidap Hipertensi

Mulai dari Kurma Hingga Salmon

Sebaiknya pengidap hipertensi memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, khususnya ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Jika tidak, maka hal ini bisa mengganggu kelancaran ibadah puasa yang dilakukan. Ketahui jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat berbuka puasa, yaitu:

1. Buah Kurma

Tentunya sudah bukan rahasia lagi saat memasuki bulan puasa, kamu dapat dengan mudah menemukan buah kurma. Kurma bisa mengembalikan energi yang hilang selama menjalani ibadah puasa dengan lebih cepat.

Buah kurma juga baik dikonsumsi untuk menu berbuka puasa bagi pengidap hipertensi. Melansir Healthline, buah kurma menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan kalium cukup tinggi. Dengan begitu, kamu memenuhi asupan kalium dalam tubuh agar terhindar dari hipertensi.

2. Pisang

Sebaiknya hindari berbuka puasa dengan langsung mengonsumsi makanan yang berat dan jumlah banyak. Lakukan berbuka secara perlahan khususnya jika memiliki kondisi hipertensi. Tidak ada salahnya berbuka dengan buah pisang yang memiliki kandungan kalium cukup tinggi. Kalium dalam pisang dapat menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi dalam tubuh pengidap hipertensi. Dengan begitu, buah pisang dianjurkan untuk dikonsumsi pengidap hipertensi.

Baca juga: Inilah Cara Mudah Mengetahui Tekanan Darah

3. Sayuran Hijau

Jangan bingung membuat menu untuk berbuka puasa bagi pengidap hipertensi. Kamu bisa mencoba untuk membuat sup yang terdiri dari sayuran hijau, misalnya bayam. Melansir Medical News Today, sayuran hijau membantu untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh. 

4. Semangka

Buah semangka memang terlihat segar untuk dikonsumsi saat berbuka. Tidak hanya membantu menghindari kondisi dehidrasi saat puasa, mengonsumsi buah semangka saat berbuka juga baik bagi pengidap hipertensi. Buah semangka mengandung asam amino yang dikenal dengan citrulline membantu pengidap hipertensi untuk menurunkan tekanan darah atau menstabilkan tekanan darah dalam tubuh.

5. Salmon

Ikan salmon menjadi ide menu berbuka puasa yang baik untuk pengidap hipertensi. Melansir Healthline, ikan salmon menjadi jenis ikan yang membantu pengidap hipertensi menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Ikan salmon mengandung asam omega 3 untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan dalam tubuh, dan menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

Baca juga: Yoga Bisa Turunkan Darah Tinggi, Benarkah?

Itulah makanan yang baik untuk dikonsumsi pengidap hipertensi untuk berbuka puasa, namun tetap perhatikan penyajian makanannya. Batasi penggunaan garam agar tekanan darah dalam tubuh tidak meningkat.

Jika kamu mengalami beberapa gejala dari penyakit hipertensi selama menjalani ibadah puasa, tidak ada salahnya untuk lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat atau bertanya langsung dengan dokter melalui aplikasi Halodoc agar mendapatkan penanganan terbaik.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 13 Foods That Are Good for High Blood Pressure
Healthline. Diakses pada 2020. 8 Proven Health Benefits of Dates
Medical News Today. Diakses pada 2020. Fifteen Good Foods for High Blood Pressure