• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Alasan Buah dan Sayur dari Supermarket Harus Dicuci

Ini Alasan Buah dan Sayur dari Supermarket Harus Dicuci

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Dengan adanya wabah yang menyerang, banyak orang diharuskan untuk tetap tinggal di rumah. Namun, setiap orang diperbolehkan untuk keluar rumah hanya untuk belanja bahan makanan di supermarket atau pasar. Banyak orang yang lebih memperhatikan kebersihan tangannya, tetapi bagaimana dengan virus yang menempel pada makanan, termasuk sayur dan buah?

Kamu pasti tidak dapat memastikan jika orang lain yang menyentuh buah dan sayur yang ingin dibeli tidak memiliki virus di tangannya. Maka dari itu, penting untuk mencuci sayur dan buah untuk menjaga kebersihan agar dapat menjaga tubuhmu tetap sehat. Berikut adalah beberapa alasan yang harus diketahui kenapa kamu harus mencuci sayur dan buah yang dibeli dari supermarket!

Baca juga: 5 Khasiat Sayuran dan Buah Berwarna yang Belum Banyak Diketahui

Penyebab Sayur dan Buah Harus Dicuci Sebelum Dikonsumsi

Kebersihan makanan harus selalu terjaga agar tidak tertempel oleh berbagai penyebab penyakit. Diketahui virus corona dapat menempel pada bahan makanan, seperti sayur dan buah yang kamu beli di supermarket. Maka dari itu, penting untuk menjaga kebersihannya dengan cara memastikan untuk mencuci sayur dan buah sebelum dikonsumsi atau setelah dibeli.

Kamu dapat mencucinya dengan air yang mengalir agar memastikan jika makanan tersebut benar-benar aman untuk dikonsumsi. Hal tersebut dapat efektif untuk menghindari beberapa penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri, termasuk virus corona. Jangan menggunakan sabun saat mencucinya, karena zat-zat tertentu dapat meresap ke dalamnya dan menimbulkan gangguan lainnya.

Setelah dicuci, kamu dapat merendamnya selama beberapa saat agar dapat mengurangi suhu panas yang ada di dalam sayur dan buah. Cara tersebut dipercaya dapat mengurangi efek samping yang buruk pada tubuh, seperti sembelit, sakit kepala, diare, hingga masalah pada kulit. Dengan begitu, hanya manfaat baiknya saja yang akan diterima tubuh.

Membasuh dan merendam bahan makanan dengan air juga dapat menghilangkan pestisida dan insektisida yang digunakan. Jika zat tersebut masuk ke tubuh, beberapa masalah kesehatan dapat terjadi dan mungkin saja membahayakan, seperti iritasi pernapasan, alergi kulit, dan lainnya.

Lalu, bagaimana cara mencuci buah dan sayur yang benar agar semua sumber penyakit yang menempel pada bahan makanan tersebut hilang? Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu perhatikan:

  1. Mencuci Tangan sebelum Membersihkan Buah dan Sayur

Hal pertama yang harus kamu perhatikan guna mencuci buah dan sayur adalah memastikan tangan bersih dari apapun. Kamu dapat mencuci tangan dengan sabun agar tidak ada kuman dan virus yang menempel pada bahan makanan tersebut. Dengan begitu, kesehatan tubuh tetap terjaga setiap hari.

Baca juga: Perbanyak Serat, Ini Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur Saat Puasa

  1. Pisahkan Buah dan Sayur dengan Bahan Makanan Lain

Langkah lain yang harus diperhatikan saat mencuci buah dan sayur adalah memastikan makanan organik tersebut tidak tercampur dengan bahan makanan lain. Hal tersebut dapat membuat paparan pestisida atau penyebab penyakit lainnya yang ada tidak menempel ke makanan lain.

  1. Potong Bagian yang Rusak

Pada sayur dan buah pasti terdapat bagian yang busuk dan rusak. Dengan begitu, pastikan untuk menghilangkan bagian tersebut agar memastikan bahan makanan tersebut lebih bersih. Selain itu, hal tersebut juga membuat tidak ada ulat atau organisme lainnya benar-benar tidak tersisa.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan sebelum mencuci buah dan sayur dengan air yang mengalir. Dengan melakukan hal tersebut, diharapkan selama masa PSBB ini tidak ada dampak buruk pada kesehatan, terlebih lagi yang disebabkan oleh virus corona. Maka dari itu, pastikan untuk melakukan beberapa hal tersebut agar tubuh tetap sehat.

Baca juga: Cuci Sayur Kurang Bersih Penyebab Keracunan Makanan?

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara mencuci buah dan sayur agar tetap bersih. Caranya mudah sekali, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

Referensi:
NHS. Diakses pada 2020. How to wash fruit and vegetables.
Kent. Diakses pada 2020. Why Should We Wash Fruits and Vegetables before Eating?