• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Sakit, Pentingnya Ibu Jaga Kesehatan

Anak Sakit, Pentingnya Ibu Jaga Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Bagi anak-anak yang baru masuk sekolah, mereka akan beradaptasi dengan lingkungan baru. Mereka akan mulai beradaptasi dengan anak-anak lainnya di sekolah. Ketika hal tersebut terjadi, paparan bakteri, kuman dan virus memang sangat mudah menular, sehingga Si Kecil akan rentan mengalami batuk, demam, pilek, bahkan penyakit menular lainnya.

Baca juga: Anak-anak Bisa Kena Penyakit Kelamin karena 3 Hal Ini

Jika sudah begini, ibu juga perlu menjaga kesehatan agar tidak tertular. Jangan lupa untuk mengajari Si Kecil beberapa hal agar tidak cepat tertular penyakit. Berikut beberapa tips agar ibu tetap sehat saat mengurus Si Kecil yang sedang sakit:

  • Ibu Harus Rajin Mencuci Tangan

Jika Si Kecil tengah mengidap flu, dengan rajin mencuci tangan, ibu dapat mengurangi risiko tertular sebanyak 30-50 persen. Gosok tangan dengan sabun selama 20 detik agar bakteri, kuman dan virus benar-benar hilang. 

  • Bersihkan Dapur Secara Berkala

Hal yang tidak mungkin untuk melenyapkan seluruh bakteri dan kuman yang ada di dapur. Pasalnya, mereka tumbuh dengan pesat, karena sumber yang selalu ada dari makanan atau tempat yang kotor. Untuk mencegah dapur menjadi sarang bakteri, membersihkan dapur secara berkala adalah kunci.

  • Jaga Jarak dengan Si Kecil

Hal yang satu ini rasanya tidak akan dapat dilakukan oleh seluruh ibu di dunia. Namun jika hal ini harus dilakukan, tidak ada salahnya untuk dicoba. Menjaga jarak sebanyak tiga langkah bisa ibu lakukan, karena virus tidak dapat berjalan lebih dari tiga kaki. 

  • Jangan Berbagai Alat Makan atau Makanan

Bersikaplah untuk tega jika anak sakit, berbagi makanan dapat ibu lakukan agar ibu dapat tetap sehat dalam mengurus Si Kecil yang sedang sakit. Perhatikan pula untuk tidak berbagi barang pribadi seperti handuk.

Jika dirasa penyakit yang dialami Si Kecil sudah memasuki fase yang berbahaya, segera temui dokter di rumah sakit terdekat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Rasa tega terkadang dibutuhkan, agar ibu tetap sehat dan dapat merawat Si Kecil dengan maksimal.

Baca juga: 5 Tips Agar Anak Enggak Gampang Tertular Flu

Si Kecil Tertular Penyakit, Ini Langkah Pencegahannya

Berada bersama-sama dalam satu ruangan kelas dan duduk berdekatan dengan anak lain merupakan hal yang membuat Si kecil sering kali tertular penyakit. Anak-anak memang berisiko lebih tinggi tertular penyakit, karena daya tahan tubuh mereka yang belum kuat. Berikut ini beberapa langkah yang bisa ibu lakukan guna mencegah penyakit menular pada Si Kecil:

  • Ajari Si Kecil untuk rajin mencuci tangan, minimal sebelum, setelah makan, atau setelah memegang benda. 

  • Ajari Si Kecil untuk mencuci tangan di air mengalir.

  • Bawakan Si Kecil hand sanitizer yang selalu disediakan di tas mereka.

  • Ajari Si Kecil untuk menutup mulutnya saat bersin agar anak-anak lain tidak tertular.  Selalu sediakan tisu dalam tas sekolahnya.

  • Berikan suplemen daya tahan tubuh guna mencegah penyakit yang biasa terjadi di sekolah, seperti flu, cacar, campak, serta kutu.

Baca juga: Waspada, Mononukleosis pada Bayi Bisa Tertular Karena Ciuman

Tak hanya itu, ibu wajib memberikan mereka makanan bergizi seimbang, termasuk sayuran dan buah-buahan untuk bekal di sekolah. Jangan biarkan mereka jajan sembarangan yang tidak terjamin kebersihannya. Menu makanan bergizi seimbang yang dikonsumsi setiap hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mereka tidak mudah tertular penyakit.

Referensi: 
Parents. Diakses pada 2019. 7 Ways to Stay Healthy When Your Kid Is Sick.
Children’s Hospital. Diakses pada 2019. Preventing Illness When Kids Go Back to School.