• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Sakit, 7 Tips Jaga Kesehatan untuk Ibu

Anak Sakit, 7 Tips Jaga Kesehatan untuk Ibu

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Sering terjadi, ketika salah satu anggota keluarga jatuh sakit, pasti yang lainnya juga ikutan sakit. Ini sangat sering dialami oleh keluarga ketika anak sakit, sang ibu juga ikutan drop. 

Ibu tidak dapat menghindari setiap batuk, pilek, ataupun penyakit lainnya yang sedang dialami anak ketika ibu juga bertugas untuk menjaga dan merawat anak. Lantas, bagaimana untuk tetap sehat ketika ibu juga harus bertindak sebagai perawat bagi anak? Selengkapnya ada di sini!

Tips Ibu Menjaga Kesehatan

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Children’s Health Queensland Hospital and Health Service disebutkan kalau perawatan jangka panjang yang dilakukan oleh seseorang berkemungkinan untuk menulari dirinya dengan sakit juga. 

Sebagai orangtua yang sedang merawat anak yang sakit kerap berinteraksi dengan anak dan lupa menjaga kesehatannya sendiri. Ini dikarenakan orangtua disibukkan dengan aktivitas:

Baca juga: Harus Tahu, Ini 5 Tips Menjaga Kesehatan Si Kecil

  1. Memantau kondisi anak secara rutin.

  2. Memastikan anggota keluarga lain tidak terkena penyakit. 

  3. Menguatkan dan memberi semangat kepada anak yang sakit.

  4. Menyiapkan makanan khusus buat anak.

Kegiatan yang penuh dengan proteksi ini bisa jadi menguras energi dan emosi orangtua, untuk itu perlu untuk menjaga kesehatan dengan cara sebagai berikut:

  1. Mencuci tangan dengan benar

Ibu harus senantiasa mencuci tangan dan selalu mencuci sebelum menyiapkan atau makan makanan dan setelah menggunakan kamar mandi, mengganti popok, ataupun merawat anak. Pastikan untuk menggosok tangan dengan sabun setidaknya selama 20 detik.

  1. Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut

Berbagai kuman dapat menyebarkan penyakit. Kuman sering menyebar ketika ibu menyentuh permukaan atau benda yang telah terkontaminasi oleh anak, kemudian menyentuh mata, hidung atau mulut. Ingatlah bahwa jika anak terserang flu, ini mungkin menular paling cepat 1 hari sebelum dan paling lambat 5 hingga 7 hari setelah sakit.

Baca juga: Adakah Dampak Negatif dari Konsumsi Kulit Manggis?

  1. Gunakan penutup saat bersin

Ingatkan anak untuk menutup mulut dan hidung saat bersin. Bisa dengan cara menggunakan sapu tangan ataupun lengan. Ini juga perlu diaplikasikan oleh orangtua supaya menghindari penyebaran flu yang signifikan. 

  1. Jangan berbagi barang-barang pribadi 

Jangan berbagi gelas minum, peralatan, sikat gigi, atau handuk dengan anggota keluarga lainnya ketika satu atau lebih dari anggota keluarga sakit. Gunakan gelas sendiri atau gelas sekali pakai dan beri label gelas atau gelas dengan nama setiap anggota keluarga, sehingga ibu tidak bingung.

  1. Penggunaan antiseptik

Fokuskan upaya untuk senantiasa membersihkan ruangan dengan antiseptik apakah itu meja kamar mandi, dapur, toilet, mainan, remote TV, dan lain-lain. Ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran kuman antar anggota keluarga, terutama ibu yang sedang merawat anak yang lagi sakit.

  1. Batasi kontak fisik

Walaupun ibu kerap ingin menunjukkan rasa sayang kepada anak, ada baiknya untuk membatasi kontak fisik. Peluklah anak dengan hati-hati dan pertimbangkan untuk mencuci tangan sehabis melakukan kontak dengan anak. Kemudian, cucilah peralatan makan anak dengan baik, demikian juga pakaian yang dikenakan anak. 

  1. Istirahat cukup

Terakhir, tetapi tentu tidak kalah pentingnya, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan sistem kekebalan tubuh dengan cara makan banyak buah, sayuran, dan minum air putih. Cobalah untuk beristirahat sebanyak mungkin (tidur siang ketika anak sedang tidur siang). Jika bisa, keluarlah sebentar untuk mendapatkan sinar matahari dan berolahraga, untuk menghilangkan stres.

Informasi lebih lengkap mengenai tips menjaga kesehatan selama anak sakit dapat ditanyakan langsung di HalodocDokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk ibu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor orangtua bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
Healthgrades.com. Diakses pada 2020. 9 Ways to Stay Healthy When Your Child Is Sick.
Children’s Health Queensland Hospital and Health Service. Diakses pada 2020. Caring for Your Sick Children.