Apa Sajakah Manfaat Mengonsumsi Obat Cetirizine?

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Maret 2024

“Alergi ringan bisa ditangani dengan obat yang dijual bebas di apotek, salah satunya adalah obat dengan kandungan cetirizine. Meski begitu, obat ini tidak bisa mencegah munculnya alergi.”

Apa Sajakah Manfaat Mengonsumsi Obat Cetirizine?Apa Sajakah Manfaat Mengonsumsi Obat Cetirizine?

Halodoc, Jakarta – Cetirizine adalah obat yang membantu mengatasi masalah alergi yang bisa dibeli secara bebas di apotek. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet maupun kapsul, dikonsumsi dengan dosis satu kali dalam satu hari.

Nah, untuk kegunaannya sendiri, cetirizine mampu bekerja cepat dan efektif untuk mengatasi masalah alergi, harganya juga bisa dibilang cukup terjangkau.

Secara umum, cetirizine merupakan jenis obat yang aman dikonsumsi. Meski begitu, kamu tetap perlu waspada dan cermat membaca peringatan atau informasi lainnya sebelum mengonsumsi obat tersebut.

Berbagai Manfaat Cetirizine

Apabila kamu mengidap alergi yang terjadi sepanjang tahun atau jenis alergi musiman, dokter umumnya akan meresepkan atau merekomendasikan obat cetirizine. 

Bukan tanpa alasan, cetirizine memang obat yang dibuat untuk membantu meringankan gejala alergi. Meski begitu, obat ini tidak bisa mencegah munculnya alergi, ya!

Berikut beberapa manfaat cetirizine

1. Menghambat histamin 

Saat mengalami kontak langsung dengan alergen atau zat yang memicu munculnya alergi, tubuh akan langsung merilis bahan kimia yang dikenal dengan nama histamin sebagai tindakan antisipasi. 

Histamin akan mengakibatkan munculnya gejala alergi, seperti bersin atau ruam gatal. Nah, cetirizine memiliki sifat antihistamin yang mampu memblokir efek dari histamin. 

Temukan obat dengan kandungan cetirizine yang ampuh untuk meredakan gatal dan alergi di sini: “Ini 5 Obat dengan Kandungan Cetirizine untuk Meredakan Alergi dan Gatal”.

2. Meredakan reaksi alergi

Beberapa reaksi alergi yang bisa ditangani dengan obat cetirizine, yaitu bersin, pilek, mata terasa gatal dan berair, juga tenggorokan dan hidung yang terasa gatal. Reaksi tersebut bisa muncul setelah tubuh mengalami kontak langsung dengan alergen, seperti serbuk sari, jamur, tanaman, bahkan bulu dari hewan peliharaan. 

3. alergi karena obat dan makanan

Alergi biasanya akan memengaruhi sinus, hidung, tenggorokan, dan bagian lain dari sistem pernapasan bagian atas. Selain itu, obat cetirizine juga membantu meringankan gatal, seperti biduran dan ruam pada kulit. Gejala-gejala tersebut sering muncul jika kamu mengalami alergi obat atau makanan. 

Jadi, apabila kamu mengalami gejala alergi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu bisa mendapatkan produk kesehatan untuk mengatasinya melalui Toko Kesehatan Halodoc.

Dosis Obat Cetirizine untuk Dewasa dan Anak

Orang dewasa dan anak yang telah berusia 6 tahun atau lebih bisa mengonsumsi tablet dan kapsul. Dosis umum untuk orang dewasa yang masih berusia kurang dari 65 tahun dan anak usia 6 tahun atau lebih adalah 10 miligram setiap hari. Kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini dengan dosis lebih dari 10 miligram dalam waktu 24 jam.

Dokter juga bisa merekomendasikan konsumsi obat cetirizine dengan dosis lebih rendah atau sebanyak 5 miligram sekali atau dua kali satu hari apabila kamu mengalami gejala alergi ringan. Pastikan kamu bertanya pada dokter apabila hendak memberikan obat cetirizine untuk:

  • Anak-anak dengan usia antara 2 hingga 6 tahun.
  • Orang tua yang berusia lebih dari 65 tahun.
  • Seseorang dengan riwayat penyakit hati atau ginjal.

Efek Samping Cetirizine

Cetirizine merupakan obat antihistamin generasi kedua yang bisa dibilang lebih baru. Tak seperti obat antihistamin generasi sebelumnya, obat generasi kedua ini bisa memicu berbagai efek samping seperti kantuk, mulut kering, merasa gerah, penglihatan kabur, dan mulut terasa kering. Beberapa orang juga mengalami muntah, diare, dan sakit perut setelah mengonsumsi obat ini. 

Segera tanyakan pada dokter apabila kamu mengalami efek samping yang tidak terduga saat mengonsumsi obat cetirizine. Tak hanya itu, diskusikan pula apabila efek samping yang muncul terasa mengganggu aktivitas, meski memang tidak berbahaya. 

Cari tahu lebih lanjut mengenai obat ini dengan membaca artikel ini: “Bagaimana Cara Kerja Obat Cetirizine?”.

Interaksi dengan Obat Lain 

Waspadai penggunaan obat cetirizine bersama dengan obat atau zat lainnya. Misalnya, hindari minum-minuman beralkohol saat kamu sedang mengonsumsi obat tersebut karena bisa memicu dampak negatif yang serius dan membahayakan nyawa. Pun, kamu tidak boleh mencampur cetirizine dengan alkohol karena bisa mengakibatkan mengantuk dan kurangnya kewaspadaan.

Apabila kamu juga sedang menjalani terapi dengan mengonsumsi obat penenang atau menggunakan alat bantu tidur jenis apa saja, pastikan kamu mengatakannya pada dokter sebelum menggunakan obat cetirizine

Mencampur cetirizine dengan obat yang bekerja dengan menekan sistem saraf pusat bisa meningkatkan rasa kantuk, sekaligus memengaruhi fungsi mental dan sistem saraf lebih jauh lagi. 

Ada pula kemungkinan terjadi interaksi obat antara cetirizine dengan teofilin atau Theo-24 yang merupakan obat untuk pengidap asma dan masalah kesehatan paru-paru. Beberapa kondisi saat kedua obat tersebut diambil menunjukkan kondisi bahwa cetirizine membutuhkan waktu yang lebih lama untuk keluar dari tubuh.

Referensi:
Drugs. Diakses pada 2023. Cetirizine.
Healthline. Diakses pada 2023. Cetirizine.
Web MD. Diakses pada 2023. Cetirizine HCL.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan