• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Vertigo Bisa Disembuhkan Total?

Apakah Vertigo Bisa Disembuhkan Total?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu mengalami pusing secara tiba-tiba saat bangun dari posisi tidur atau duduk? Jika iya, berarti kamu mengalami vertigo. Hal tersebut mampu menyebabkan rasa pusing yang tidak tertahankan dan kesulitan untuk berjalan lurus. Saat kamu tidak dapat menjaga tubuh tetap seimbang, terjatuh dapat menjadi salah satu risiko dan benturan mungkin tidak terhindarkan.

Maka dari itu, ketahui beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati vertigo hingga sembuh dengan cara yang efektif. Namun, pertanyaan lainnya adalah apakah vertigo yang menyerang dapat sembuh secara total? 

Baca juga: Cara Mengobati & Mengenali Penyebab Vertigo

Cara Sembuhkan Vertigo secara Total

Vertigo adalah perasaan pusing yang dapat terjadi ketika indra tubuh memberi sinyal pada otak apabila tubuh tidak seimbang, padahal kenyataannya tidak. Gangguan tersebut adalah gejala dari suatu kondisi yang menyebabkannya, bukan suatu penyakit tersendiri. Penting untuk mengetahui beberapa hal yang mendasarinya agar dapat diatasi.

Beberapa jenis vertigo hanya dapat terjadi sekali, tetapi beberapa jenis lainnya dapat berulang hingga kondisi yang mendasarinya ditemukan. Salah satu jenis vertigo yang paling umum menyerang adalah Benign Positional Paroxysmal Vertigo (BPPV). Gangguan ini disebabkan oleh suatu gangguan yang terjadi pada telinga bagian dalam yang berguna mengatur keseimbangan tubuh.

Meski begitu, masih banyak penyebab vertigo lainnya yang dapat terjadi dan bahkan disebabkan oleh penyakit berbahaya. Beberapa penyakit tersebut antara lain penyakit meniere, tumor otak, penyakit Parkinson, hingga stroke. Selain itu, beberapa risiko lainnya yang dapat meningkatkan kemungkinan vertigo adalah kebiasan buruk, seperti merokok dan minum alkohol.

Lalu, dapatkah vertigo sembuh secara total? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, banyak faktor yang dapat menjadi penyebab dari vertigo. Umumnya, jika vertigo yang terjadi kerap berulang, berarti terdapat suatu gangguan yang mendasarinya. Cara untuk mengatasi gangguan tersebut hanya dengan menyelesaikan segala penyebabnya.

Cara untuk mengetahui dengan pasti gangguan yang terjadi adalah dengan memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, langkah penanganan yang dilakukan lebih pasti. Kamu juga dapat memastikan jika gangguan yang terjadi termasuk berbahaya atau tidak. Sehingga, jika benar vertigo disebabkan oleh gangguan berbahaya, maka penanganan dini agar sembuh total dapat dilakukan.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menghubungi dokter di Halodoc. Tanpa perlu repot keluar rumah, kamu bisa berbicara dengan dokter kapan dan di mana saja. Bukan hanya itu, kamu juga bisa beli obat di Halodoc. Praktis kan? Ayo, segera download aplikasinya di App Store atau Google Play!

Baca juga: Terapi Vertigo Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah!

Pencegahan Awal dari Vertigo agar Sembuh Total

Jika gangguan vertigo yang menyerang kamu bukan disebabkan oleh penyakit berbahaya, ketahui cara untuk mencegahnya agar tidak kambuh lagi. Hal ini juga dapat mengurangi intensitas kekambuhan dari gangguan tersebut dapat berkurang. Berikut beberapa hal yang efektif untuk dilakukan sebagai pencegahan dari vertigo:

  • Saat bangun tidur, cobalah untuk duduk sejenak sebelum berdiri.
  • Berusaha untuk menggerakkan kepala dengan perlahan ketika melakukan apapun.
  • Cobalah untuk menghindari posisi bungkuk ketika akan mengambil sesuatu.
  • Pastikan untuk menyalakan lampu saat terbangun malam.
  • Posisi kepala saat tidur diusahakan lebih tinggi dari badan.

Baca juga: Redakan Vertigo dengan Lakukan Terapi Ini

Itulah pembahasan lengkap terkait cara yang dapat dilakukan untuk membuat vertigo sembuh secara total. Penting juga untuk memastikan gangguan yang terjadi agar diketahui sumber penyebabnya dan cara pencegahan sebelum terjadi. Dengan begitu, kamu dapat mengurangi kemungkinan vertigo untuk menyerang.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 10 Home Remedies for Vertigo.
NHS Inform. Diakses pada 2020. Vertigo.