• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagian Tubuh Bayi yang Harus Dibersihkan saat Mandi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagian Tubuh Bayi yang Harus Dibersihkan saat Mandi

Bagian Tubuh Bayi yang Harus Dibersihkan saat Mandi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 Februari 2022
Bagian Tubuh Bayi yang Harus Dibersihkan saat MandiBagian Tubuh Bayi yang Harus Dibersihkan saat Mandi

“Bayi baru lahir cukup dimandikan 2-3 kali dalam seminggu. Namun jika dirasa perlu, ibu bisa memandikannya setiap hari. Seluruh bagian tubuh bayi harus dibersihkan, mulai dari kepala sampai kaki. Bagian tubuh yang paling sering diluputkan adalah lipatan kulit dan bagian dalam genital anak.”

Halodoc, Jakarta – Memandikan bayi memang perlu dilakukan secara hati-hati dan cermat. Jika tidak, kotoran dan minyak akan tetap menempel, sehingga membuat bayi mengalami iritasi dan berisiko terkena infeksi. 

Singkatnya, ibu harus memandikan bayi dengan benar agar kotoran dan minyak yang menempel pada tubuh bayi dapat hilang. Terkadang, saking terlalu berhati-hatinya, ibu bisa melewatkan membersihkan beberapa bagian dari tubuh bayi yang ternyata perlu mendapat perhatian khusus. Yuk, simak di sini bagian tubuh bayi yang harus dibersihkan saat mandi! 

Bagian Tubuh Bayi yang Tidak Boleh Dilewatkan

Bayi baru lahir cukup dimandikan 2-3 kali dalam seminggu. Namun jika dirasa perlu, ibu bisa memandikannya setiap hari. Berikut panduan membersihkan tubuh bayi mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki:

1. Kepala

Pada bulan-bulan pertama setelah kelahiran, kulit kepala dan dahi bayi biasanya masih terdapat kerak topi (cradle cap), yang ciri-cirinya yaitu bersisik, tebal, berminyak, dan berwarna kuning. Kerak ini perlu dibersihkan karena bisa mengganggu pertumbuhan rambut dan membuatnya gatal. 

Agar ibu mudah membersihkannya, oleskan baby oil di seluruh permukaan kulit yang terdapat kerak pada malam harinya dan diamkan semalaman. Keesokan paginya, cuci rambut dan kulit kepala bayi dengan menggunakan air hangat dan sampo, lalu bilas sampai bersih. Rambut bayi hanya perlu dibersihkan dengan sampo seminggu sekali karena belum terlalu berbau dan berminyak.

2. Wajah

Setelah bagian kepala, lanjutkan membersihkan bagian wajah bayi, mulai dari mata, telinga, hidung, dan mulut.

Mata

Bayi yang baru berumur dua hari, matanya seperti tertutup lapisan putih agak keruh akibat kontaminasi cairan amnion atau darah pada saat proses persalinan. Selain itu, terdapat juga penyumbatan pada saluran air mata yang menyebabkan air matanya menggenang dan bisa terkontaminasi oleh kotoran dan debu yang beterbangan, sehingga menimbulkan kotoran mata.

Jadi, bersihkan kelopak mata dari dalam keluar dengan menggunakan kapas atau kain katun lembut yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Gunakan kapas atau kain yang berbeda untuk mata yang satunya lagi. 

Telinga

Ibu tidak perlu membersihkan telinga bagian dalam bayi karena bagian tersebut dapat bersih sendiri secara alami. Jadi, bersihkanlah daun telinga bayi bagian depan dan belakang saja dengan menggunakan cotton bud.

Hidung

Lubang hidung Si Kecil bisa tersumbat oleh lendir dan kotoran, karenanya perlu dibersihkan agar tidak mengganggu pernapasannya. Cara membersihkan hidung bayi adalah dengan menggunakan cotton bud yang sudah dibasahi air hangat. Kemudian, secara perlahan-lahan bersihkan lubang hidungnya dengan cara memutar cotton bud ke arah kanan dan kiri hingga kotoran terangkat.

Mulut

Sebenarnya bibir dan daerah sekeliling mulut bayi sebaiknya dibersihkan setiap habis disusui. Ibu bisa menggunakan kasa yang dililitkan pada jari telunjuk ibu untuk membersihkan mulut, rongga mulut, gigi, dan lidah bayi.

3. Lipatan Tubuh

Bagian tubuh bayi selanjutnya yang perlu dibersihkan adalah area lipatan tubuh, mulai dari leher hingga selangkangan. Gunakan waslap yang sudah dituangi sabun berformula ringan untuk membersihkan area lain seperti perut, punggung, dan ketiak.

4. Lengan

Bagian lengan, belakang lutut, dan paha juga memiliki lipatan-lipatan yang harus dibersihkan dengan seksama. Hal ini karena bagian lipatan adalah daerah yang hangat, sehingga menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri untuk tinggal.

5. Area Genital

Membersihkan alat kelamin bayi laki-laki tentunya berbeda dengan membersihkan alat kelamin bayi perempuan. Untuk anak perempuan gunakan kapas yang sudah dicelup ke dalam air hangat untuk menyeka dari bagian vagina sampai ke anus agar kotoran dan kuman hilang. Bersihkan juga lipatan kulit pada bagian dalam kelamin

Sedangkan untuk anak laki-laki, gunakan kapas yang sudah dicelup ke dalam air hangat untuk membersihkan dari bagian bawah buah zakar sampai ke anus. Bersihkan juga bagian kulup penis dan lemak yang terdapat di lapisan kulup. Terakhir, jangan lupa untuk menyeka seluruh bagian bokongnya.

Itulah informasi mengenai cara memandikan bayi dan bagian mana saja dari tubuh bayi yang tidak boleh dilewatkan. Informasi selengkapnya mengenai kesehatan bayi bisa ditanyakan ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Lewat Halodoc ibu juga bisa buat janji pemeriksaan anak di rumah sakit pilihan. Yuk, download sekarang juga aplikasinya di App Store atau Google Play! 


Referensi:

Nation Wide Children’s Hospital. Diakses pada 2022. Bathing Your Baby.

Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Infant and toddler health.

Raising Children.net.au. Diakses pada 2022. Bathing a Baby.