• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Bahaya Memanaskan Makanan Secara Berulang

Ini Bahaya Memanaskan Makanan Secara Berulang

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Memanaskan kembali makanan yang masih tersisa dengan baik dari menu makan malam maupun makan siang menjadi cara yang bisa dilakukan untuk meringankan pekerjaan rumah. Namun, sebaiknya perhatikan beberapa hal yang perlu diketahui saat kembali memanaskan makanan secara berulang.

Baca juga: 5 Tips Memanaskan Makanan untuk Sahur

Memanaskan beberapa jenis makanan secara berulang dapat berdampak kurang baik bagi kesehatan. Proses memanaskan kembali makanan menjadi kurang baik untuk dikonsumsi karena kandungan di dalamnya yang telah berubah. Ketahui beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan kembali. 

Hindari Memanaskan Makanan Secara Berulang

Ternyata, memanaskan beberapa jenis makanan mengubah makanan yang menyehatkan menjadi makanan yang memiliki kandungan kurang baik atau beracun bagi kesehatan tubuh. Sebaiknya, semua makanan langsung dimakan sampai habis setelah dimasak. Hal ini disebabkan kandungan nutrisi dan gizi pada makanan masih segar dan tentunya memiliki rasa terbaik.

Namun, beberapa faktor menyebabkan makanan dapat kembali disimpan untuk waktu makan selanjutnya. Dilansir dari laman High Speed Training, memanaskan makanan dengan suhu dan waktu yang tepat secara berulang cukup aman dilakukan, namun sebaiknya panaskan makanan sebanyak satu kali saja.

Pastikan panas yang digunakan dalam suhu yang tepat agar seluruh bagian makanan dapat dipanaskan dengan baik. Hal ini dilakukan untuk memastikan bakteri yang ada pada makanan. Perlu diingat, setiap kamu memanaskan makanan tentu kualitasnya akan berkurang, sehingga rasa maupun teksturnya tidak sebaik setelah makanan baru selesai dimasak.

Jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc ketika kamu mengalami beberapa keluhan kesehatan setelah mengonsumsi makanan yang dipanaskan secara berulang. Kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi Halodoc.

Baca juga: Memanaskan Nasi Lagi Bisa Sebabkan Keracunan Makanan, Masa Sih?

Makanan yang Berbahaya Dipanaskan Berulang

Ketahui beberapa jenis makanan yang bisa berdampak buruk pada kesehatan ketika dipanaskan secara berulang, yaitu:

1. Nasi

Melansir Healthline, memanaskan nasi dengan cara yang tidak tepat atau kurang baik dapat menyebabkan keracunan pada seseorang yang mengonsumsinya. Sebaiknya masak nasi dengan baik, nasi yang tidak dimasak dengan baik dapat memiliki kandungan bakteri Bacillus cereus yang tahan terhadap panas dan dapat bertahan hidup. Hindari meletakkan nasi pada suhu ruangan, jika kamu ingin menyimpan nasi, sebaiknya simpan pada lemari pendingin, dan panaskan saat akan dikonsumsi. Hangatkan kembali nasi dengan microwave atau oven.

2. Sayuran Hijau

Sebaiknya langsung habiskan sayuran hijau yang kamu masak. Melansir NDTV Food, sayuran hijau yang dipanaskan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Sayuran hijau memiliki kandungan nitrat yang cukup tinggi, sehingga ketika dipanaskan kembali akan melepaskan sifat karsinogenik yang memicu penyakit kanker.

Selain itu, sayuran hijau juga umumnya memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Memanaskan makanan dengan kandungan zat besi memicu oksidasi zat besi yang meningkatkan risiko penyakit kronis.

3. Telur

Kandungan protein dalam telur tentunya sudah tidak diragukan lagi. Namun, telur yang dipanaskan berulang kali dapat berdampak buruk pada kesehatan. Sebaiknya segera habiskan telur yang dimasak dan jangan panaskan telur secara berulang. Makanan yang memiliki kandungan protein tinggi mengandung banyak nitrogen. Nitrogen dapat teroksidasi akibat proses pemanasan yang berulang dan memicu berbagai gangguan kesehatan.

Baca juga: Bukan Instan, Ini Makanan Sehat yang Tahan Lama

Itulah makanan yang sebaiknya segera dikonsumsi setelah dimasak. Cara untuk menghindari penyimpanan makanan atau makanan yang tersisa adalah memasak makanan sesuai dengan porsi yang akan dimakan. Selain berhemat, hal tersebut juga menjaga kualitas makanan agar tetap lezat saat dinikmati.

Referensi:
United States Department of Agriculture. Diakses pada 2020. Leftovers and Food Safety
Healthline. Diakses pada 2020. How to Safely Reheat Leftovers: Steak, Chicken, Rice, Pizza, and More
NDTV Food. Diakses pada 2020. 7 Foods That You Must Stop Reheating Right Away
The Statesman. Diakses pada 2020. How Harmful is Reheating Food?
High Speed Training. Diakses pada 2020. How Many Times Can You Reheat Food Safely?