• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bakar Lemak Sambil Liburan, Coba Aktivitas Ini

Bakar Lemak Sambil Liburan, Coba Aktivitas Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Hidup sehat memang wajib kamu terapkan, tentu saja demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Terlebih kalau kamu adalah orang yang sibuk dan hanya memiliki sedikit waktu untuk berolahraga. Di akhir pekan, sering kali kamu gunakan untuk bermalas-malasan sebagai ganti energi yang sudah kamu habiskan ketika bekerja lima hari sebelumnya. 

Seharusnya, liburan panjang menjadi waktu yang tepat untuk kamu melakukan aktivitas yang bisa membantu membakar lemak. Tidak perlu harus ke pusat kebugaran, kok, kamu bisa melakukan kegiatan-kegiatan ringan yang cukup menghabiskan energi, sehingga liburanmu tetap sehat. Nah, apa saja sih aktivitas yang bisa dilakukan untuk membakar lemak ketika sedang liburan?

  • Memasak

Nih, buat kamu yang hobi banget berjibaku di dapur untuk menghasilkan sajian-sajian lezat dan menggugah selera. Sebenarnya, selain bisa memanjakan lidah dengan masakan kamu yang sangat lezat, nyatanya juga bisa membakar kalori dengan memasak selama 30 menit. Kalori yang terbakar ketika kamu melakukan aktivitas ini sebesar 80 kalori, untuk orang dewasa dengan berat sekitar 70 kilogram. 

Baca juga: 6 Olahraga yang Paling Banyak Membakar Kalori

  • Bersih-Bersih Rumah

Jangan malas bersih-bersih, karena selain membuat rumah jadi lebih bersih, memasak juga bisa membantu membakar lemak tubuhmu, lho! Setidaknya, untuk kamu yang punya berat badan sekitar 70 kilogram bisa menyumbang kalori sekitar 85 sampai 100 kalori ketika melakukan kegiatan bersih-bersih selama 30 menit. Wah, pasti kamu jadi lebih semangat ketika bersih-bersih rumah, ya!

  • Belanja

Semua aktivitas yang berhubungan dengan belanja pasti menyenangkan, ya. Tentu saja, kamu bisa cuci mata dengan melihat barang-barang di pasar atau pusat belanja. Namun, tidak hanya itu, belanja juga bisa buat kamu lebih sehat karena aktivitas satu ini juga menyumbang kalori, lho, terlebih ketika kamu berputar-putar berkeliling pasar atau pusat belanja. Tanpa sadar, kamu akan merasa lelah setelah puas berjalan-jalan. 

Baca juga: 4 Kebiasaan di Pagi Hari untuk Metabolisme yang Lebih Cepat

  • Naik Turun Tangga

Jangan malas untuk menggunakan tangga ketika kamu harus menuju ke lantai yang lebih tinggi atau turun ke lantai bawah. Memang cukup melelahkan, tetapi ini bisa membantu kamu membakar lemak, karena setiap menit kamu menaiki tangga perlahan, tubuh mengeluarkan kalori sekitar 3–5 kalori. Kalau kamu melakukannya lebih cepat, kalori yang terbakar pun lebih banyak, bahkan hingga 10–15 kalori setiap menit. 

  • Jalan Kaki

Pagi atau sore hari memang paling enak menghabiskan waktu dengan berjalan kaki. Kamu bisa melakukannya setidaknya tiga kali dalam satu minggu, lebih baik lagi kalau kamu melakukannya setiap hari. Berkeliling komplek rumah juga sudah cukup kok, atau kalau kamu pergi ke sentra perbelanjaan, habiskan waktu dengan berjalan kaki mengelilingi gerai-gerai produk yang ada. 

Dengan berjalan kaki, kamu menyumbangkan kalori lebih dari 200 kalori dalam waktu 30 menit, lho! Meski begitu, jumlah kalori yang hilang ini juga disesuaikan dengan berat badan kamu. Tidak hanya membuat tubuh lebih sehat, nyatanya jalan kaki selama 30 menit sebanyak 3 kali dalam satu minggu juga efektif untuk meringankan depresi. Jadi, kesehatan mental pun lebih terjaga. 

Baca juga: Jumlah Kalori yang Terbakar saat Melakukan 7 Jenis Olahraga Ini

Jadi, meski sedang menikmati liburan yang tentu saja sangat menyenangkan, baik bersama keluarga maupun teman, jangan sampai kamu lupa untuk bergerak. Kalau ada masalah kesehatan yang kamu alami, segera cari solusi yang akurat. Pakai aplikasi Halodoc, karena bisa bertanya pada dokter ahli yang asli segala keluhan yang kamu alami. 

Referensi: 
Everyday Health. Diakses pada 2019. 8 Ways to Stay Active All Day.
Very Well Fit. Diakses pada 2019. Take the Stairs to Stay Fit and Healthy
American Heart Association. Diakses pada 2019. No Time for Exercise? Here are 7 Easy Ways to Move More!