• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bayi Usia 7 Bulan, Ini Perkembangan yang Dialaminya

Bayi Usia 7 Bulan, Ini Perkembangan yang Dialaminya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Memasuki usia 7 bulan, kekaguman ibu mulai bertambah karena semakin banyak hal yang bisa dilakukan Si Kecil. Si Kecil bisa menjadi lebih mandiri dan mengembangkan kepribadian uniknya sendiri. Ia mulai bisa mengambil mainan favoritnya sendiri sampai merangkak dari satu tempat ke tempat yang lain. Si Kecil juga dapat mengendalikan lingkungannya dan merasakan bahwa memegang kendali ternyata rasanya menyenangkan. 

Selama tujuh bulan ini, ibu akan menemukan berbagai peluang untuk mendorong mobilitas, kreativitas dan rasa keingintahuan Si Kecil. Dikutip dari berbagai sumber, ini perkembangan yang akan dialami oleh bayi berusia 7 bulan, yaitu:

Baca Juga: Perkembangan Bayi 8 Bulan

  1. Peningkatan Kemampuan Motorik

Si Kecil sudah dapat merangkak, merangkak dengan cepat, berguling, atau menggabungkan empat gerakan. Ibu dapat mendorong mobilitas baru ini dengan meletakkan mainan di luar jangkauan Si Kecil. Namun, ibu harus memastikan Si Kecil aman saat menjelajah dengan menyimpan mainan atau benda lain yang dapat melukainya.

Si Kecil juga dapat duduk tanpa bantuan dan meraih serta mengambil mainannya sendiri. Anak sudah bisa diajari untuk memegang dan minum dari cangkir, dan mungkin makan dari sendok. Melansir dari WebMD, bayi yang berusia 7 bulan seharusnya sudah cukup kuat untuk menopang tubuhnya dengan kedua kakinya. Ibu bisa melatih keterampilan ini untuk memperkuat otot-otot kaki dan membantunya bersiap untuk berjalan.

  1. Tumbuh Gigi

Di antara bulan ke 5-7, ibu akan melihat tunas gigi Si Kecil muncul pertama kali dari gusi. Pertumbuhan gigi ini ditandai dengan jumlah liur yang lebih banyak dan mungkin lebih rewel dari biasanya. Untuk menenangkan ketidaknyamanan gusi, ibu dapat memberikan Si Kecil waslap dingin atau mainan untuk dikunyah. Food and Drug Association tidak menyarankan penghilang rasa sakit topikal yang dioleskan pada gusi karena mengandung benzocaine yang bisa memberikan efek samping berbahaya. Benzocaine umumnya dapat ditemukan dalam obat-obatan bebas seperti Baby Orajel.

Baca Juga: Begini Tahapan Perkembangan Bayi 9 Bulan

Setelah beberapa gigi pertama muncul, ibu perlu menyikatnya setiap hari dengan sikat gigi bayi yang lembut dan pasta gigi khusus bayi. Ibu tidak perlu khawatir jika Si Kecil yang berusia 7 bulan belum memiliki gigi. Pola tumbuh gigi bervariasi pada setiap anak. Beberapa bayi dilahirkan dengan gigi, sementara bayi lainnya tidak mulai tumbuh gigi sampai mereka berusia di atas 1.

  1. Konsumsi Makanan Padat

Bayi yang berusia 7 bulan sudah mulai bisa makan makanan padat. Ibu bisa menawarkannya 4 sendok makan sereal yang diperkaya zat besi setiap hari. Menambahkan makanan yang lebih tebal ini membantu bayi menyesuaikan diri dengan tekstur baru dan belajar cara mengunyah. Setiap kali ibu memperkenalkan makanan baru, tunggu beberapa hari sebelum mencoba yang lain dan perhatikan tanda-tanda alergi seperti diare, muntah, ruam, atau mengi.

  1. Mulai Mengerti Arti Bahasa

Anak usia tujuh bulan juga sudah mulai mengerti arti bahasa. Normalnya, Si Kecil harus merespons ketika ibu mengatakan "tidak," meskipun bayi pada usia ini tidak mengikuti perintah tersebut. Ibu harus mendapatkan respons, setidaknya ia menengok setiap kali ibu mengucapkan Si Kecil. Selain itu, bayi yang berusia tujuh bulan juga mampu membuat berbagai ekspresi dengan wajah mereka, mulai dari senyum lebar hingga merengut. Mereka juga seharusnya mulai memahami bagaimana perasaan ibu melalui nada suara dan ekspresi wajah. 

Baca Juga: Perkembangan Bayi 10 Bulan

Itulah perkembangan yang akan dialami Si Kecil di usia tujuh bulan. Kalau ibu punya pertanyaan lain seputar tumbuh kembang Si Kecil, diskusikan bersama dokter Halodoc saja. Lewat aplikasi, ibu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi :
WebMD. Diakses pada 2020. Baby Development: Your 7-Month-Old.
Verywell Family. Diakses pada 2020. Your 7-Month-Old Baby’s Development.