• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bayi Dapat Terkena Tipes, Perhatikan 3 Gejalanya

Bayi Dapat Terkena Tipes, Perhatikan 3 Gejalanya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Anak ibu mungkin saja memegang sembarang barang yang berada di sekitarnya, setelah itu mungkin saja memasukkan tangannya yang kotor ke mulut. Pada benda-benda yang disentuhnya tersebut mungkin saja mengandung bakteri yang dapat menimbulkan penyakit. Salah satu gangguan yang dapat terjadi pada bayi adalah tipes.

Gangguan tipes yang terjadi pada bayi dapat menyebabkan infeksi yang serius. Maka dari itu, penting untuk mendapatkan penanganan dini agar komplikasi berbahaya dapat dicegah. Salah satu yang dapat dilakukan agar dapat mencegahnya adalah dengan melihat gejala awal dari tipes pada bayi. Berikut beberapa gejala dari tipes yang harus ibu ketahui!

Baca juga: Awas, Ini 10 Gejala Tipes pada Anak dan Cara Mengatasinya

Gejala Tipes yang Timbul pada Bayi

Tipes, atau disebut juga demam tifoid, adalah gangguan yang disebabkan oleh infeksi serius dari bakteri jenis Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi. Anak ibu dapat terserang penyakit ini disebabkan bakteri yang terkandung di dalam air atau makanan yang dikonsumsinya. Maka dari itu, penting untuk selalu memperhatikan kebersihan makanan anak.

Bayi rentan untuk mengembangkan masalah yang lebih parah karena pertahanan tubuhnya yang masih lemah. Terkadang, tipes yang terjadi pada bayi juga dapat menimbulkan komplikasi berbahaya. Penting untuk segera mendapatkan pengobatan berupa antibiotik agar infeksi segera diatasi sehingga segala risiko yang membahayakan dapat dicegah.

Salah satu yang harus diperhatikan agar pengobatan dini dapat dilakukan adalah dengan melihat gejala dari tipes yang timbul pada bayi ibu. Berikut adalah beberapa gejala yang umum ketika tipes menyerang bayi:

  1. Demam yang Fluktuatif

Salah satu gejala tipes yang terjadi pada bayi adalah gangguan demam yang terus naik dan turun. Ibu wajib terus memperhatikan jika demam yang terjadi terbilang fluktuatif dalam kurun waktu lebih dari 5 hari. Pola yang umum terjadi adalah pada sore hingga malam hari suhu tubuhnya meningkat dan kembali turun lagi di pagi hari.

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui tentang Penyakit Tipes

  1. Diare

Jika anak ibu mengalami diare yang terus-menerus, mungkin saja hal tersebut merupakan gejala dari tipes pada bayi. Selain tidak berhenti buang air besar, gangguan pencernaan lainnya yang dapat terjadi adalah anak sulit untuk BAB. Hal tersebut disebabkan saluran cerna yang mengalami gangguan karena kuman telah menyerang bagian tersebut.

  1. Mual dan Muntah

Mual dan muntah juga dapat menjadi salah satu gejala ketika bayi mengidap tipes. Hal ini terjadi karena bakteri yang berkembang biak pada hati dan limpa, sehingga pembengkakan terjadi dan menekan lambung yang menyebabkan mual. Dengan gejala ini, penting untuk memastikannya pada dokter agar dapat diatasi secara dini.

Itulah beberapa gejala yang dapat timbul pada bayi yang mengidap tipes. Dengan mengetahui beberapa gejala awal tersebut, diharapkan penanganan dini dapat dilakukan agar penyakit tersebut tidak menjadi lebih parah dan komplikasi mampu dicegah. Selain itu, pastikan anak ibu mendapatkan cairan yang cukup saat gejala-gejala tersebut terjadi.

Baca juga: Sudah Sembuh, Gejala Tipes Bisa Datang Lagi?

Ibu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait gejala-gejala yang dapat timbul ketika bayi mengalami tipes dan penanganan dini yang mampu dilakukan. Caranya mudah sekali, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan untuk mendapatkan kemudahan pada akses kesehatan.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Typhoid fever.
Kids Health. Diakses pada 2020. Typhoid Fever.