• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Beck's Triad, Tanda Munculnya Tamponade Jantung

Beck's Triad, Tanda Munculnya Tamponade Jantung

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Jantung adalah salah satu organ yang cukup vital dalam kehidupan manusia. Kesehatan jantung yang optimal dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Tidak hanya gaya hidup, cedera yang disebabkan oleh benda tumpul maupun benda tajam juga dapat sebabkan seseorang mengalami gangguan jantung yang dikenal dengan tamponade jantung.

Baca juga: Alami Tamponade Jantung, Ini Ciri yang Bisa Dikenali

Tamponade jantung adalah gangguan yang terjadi pada jantung dan menyebabkan terganggunya fungsi jantung untuk memompa darah menuju seluruh tubuh. Tamponade jantung adalah kondisi darurat yang harus dilakukan penanganan agar tidak menimbulkan komplikasi kesehatan, seperti gagal jantung, syok jantung, edema hingga kematian.

Kenali Beck’s Triad Sebagai Indikasi Tamponade Jantung

Tamponade jantung umumnya disebabkan oleh adanya tekanan yang cukup besar pada jantung. Tekanan yang dihasilkan dapat membuat ruang perikardium terisi oleh darah atau cairan lain. Ketika cairan semakin banyak dan menekan jantung, maka bilik jantung tidak dapat mengembang dengan sempurna dan menyebabkan semakin sedikit darah yang masuk menuju jantung dan oksigen yang dialirkan menuju seluruh tubuh.

Ada beberapa penyebab yang membuat seseorang rentan alami tamponade jantung, seperti riwayat serangan jantung, gagal ginjal, infeksi, kanker paru-paru, cedera akibat benturan maupun cedera akibat luka tusuk, luka tembak pada area dada, dan penyakit lupus.

Tanyakan pada dokter lebih lengkap tentang tamponade jantung apabila masih ada pertanyaan. Caranya, hubungi dokter kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi Halodoc.

Ada beberapa gejala yang dialami oleh pengidap tamponade jantung. Dilansir dari Healthline, pengidap tamponade jantung lebih rentan mengalami gelisah dan cemas. Tidak hanya itu, pengidap juga rentan mengalami nyeri dada yang menyebar dari leher, bahu, punggung, atau perut. Terkadang pengidap merasakan kondisi pusing hingga kehilangan kesadaran.

Baca juga: Waspada, Tamponade Jantung Sebabkan Syok Kardiogenik

Segera periksakan kondisi kesehatan pada rumah sakit terdekat jika kamu mengalami beberapa gejala tersebut. Pemeriksaan dilakukan untuk mendiagnosis adanya Beck’s triad sebagai salah satu indikator tamponade jantung.

Dilansir dari Medical News Today, ada tiga ciri yang mengindikasi tamponade jantung dikenal sebagai Beck’s triad, yaitu:

  1. Tekanan darah rendah pada arteri. Hal ini disebabkan volume darah yang dipompa jantung berkurang;

  2. Bunyi jantung akan terendam akibat lapisan cairan pada perikardium;

  3. Vena leher mengalami pembengkakan.

Ketahui Pemeriksaan Lain Selain Beck’s Triad

Selain dari adanya Beck’s triad, tamponade jantung juga bisa diperiksa melalui pemeriksaan berikut ini:

1. Elektrokardiografi

Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan aktivitas listrik pada jantung pasien.

2. Foto Rontgen Dada

Pemeriksaan sinar X bagian dada dilakukan untuk memastikan adanya pembesaran jantung ketika pasien mengalami tamponade jantung.

3. Ekokardiografi

Pemeriksaan USG jantung diperlukan untuk mendeteksi apakah terjadi pembengkakan perikardium.

4. CT Scan Jantung

CT Scan dilakukan untuk melihat ada atau tidaknya penimbunan cairan  di ruang perikardium.

5. MRA Jantung

Pemeriksaan ini dilakukan untuk melihat kondisi aliran darah pada jantung

Tamponade jantung merupakan kondisi yang darurat dan membutuhkan penanganan yang tepat. Ada beberapa prosedur yang dilakukan untuk mengatasi tekanan yang terjadi pada jantung, seperti punksi perikardium, pericardiectomy, pericardiodesis, torakotomi, dan pemberian oksigen tambahan sebagai langkah awal.

Baca juga: Tamponade Jantung Bisa Berakibat Fatal, Benarkah?

Penanganan yang tidak diatasi dengan tepat dapat mengakibatkan komplikasi kesehatan seperti syok, perdarahan, edema paru, gagal jantung, dan kematian.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Cardiac Tamponade
Medical News Today. Diakses pada 2020. Cardiac Tamponade