• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Jangan Salah, Ini Bedanya Dokter Gigi Umum dan Konservasi Gigi

Jangan Salah, Ini Bedanya Dokter Gigi Umum dan Konservasi Gigi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Selain dokter gigi umum, ada juga dokter gigi yang disebut endodontis. Endodontis bisa disebut juga dokter gigi spesialis karena mereka telah menyelesaikan dua tahun atau lebih pelatihan tambahan di luar sekolah gigi.

Pelatihan tambahan tersebut berfokus pada cara mendiagnosis nyeri gigi dan perawatan saluran akar dan prosedur lain yang berkaitan dengan bagian dalam gigi. Dalam banyak kasus, sakit gigi dapat diselamatkan dengan perawatan endodontik. Karena alasan inilah, endodontis juga sering menyebut diri mereka sebagai spesialis konservasi gigi. Yuk, simak lebih lanjut penjelasannya di sini.

Baca juga: Jaga Kesehatan Gigi, Ini Beda Panoramic dan Periapical

Peran Dokter Gigi Umum

Sejatinya, dokter gigi umum adalah penyedia utama perawatan gigi untuk orang-orang dari segala usia. Dokter gigi umum biasanya akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap mulut (termasuk gigi, gusi, dan struktur lainnya), pembersihan profesional, serta diskusi tentang kesehatan gigi secara umum. Untuk lebih jelas, berikut layanan perawatan dokter gigi umum lainnya:

1. Pencegahan

Dokter gigi umum berperan dalam menjaga kesehatan mulut kamu, sehingga mencegah kamu mengalami berbagai macam sakit gigi. Peran dokter gigi umum dalam pencegahan sakit gigi bisa berupa memberikan layananan pemeriksaan rutin, pembersihan gigi profesional, dan melakukan pemeriksaan diagnostik seperti rontgen untuk mengetahui kondisi yang dapat menyebabkan masalah pada gigi. Dokter gigi umum juga akan memberi tahu kamu petunjuk terperinci untuk meningkatkan kebersihan mulut di rumah, dan mungkin juga merekomendasikan perawatan yang baik untuk gigi.

2. Membantu Mengatasi Masalah Kesehatan Keseluruhan

Dalam banyak hal, kesehatan mulut dapat dilihat sebagai cermin kesehatan pada umumnya. Beberapa masalah gigi mungkin mencerminkan masalah di bagian lain dari tubuh dan sebaliknya. Misalnya, infeksi mulut yang tidak diobati dapat menyebabkan kondisi diabetes memburuk, meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, dan komplikasi selama kehamilan.

Dokter gigi umum dilatih untuk mengidentifikasi masalah ini dan masalah lainnya, dan menawarkan perawatan atau rujukan yang sesuai ketika dibutuhkan. Satu perhatian khusus adalah apnea tidur obstruktif, suatu kondisi yang berpotensi mematikan yang kadang-kadang dapat diobati dengan alat oral. Dokter gigi umum juga dapat menawarkan konseling nutrisi, saran tentang penghentian tembakau dan informasi kesehatan dan kesejahteraan umum.

Baca juga: Ini Cara Pertolongan Pertama Sakit Gigi di Rumah

Peran Konservasi Gigi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dokter konservasi gigi adalah dokter spesialis yang sudah menjalani 2-3 tahun pendidikan tambahan dalam endodonti (konservasi gigi). Fokus utama konservasi gigi sendiri adalah untuk melakukan perawatan gigi serta mempertahankan gigi selama mungkin di dalam rongga mulut, sehingga estetika dan fungsi gigi dapat berjalan dengan normal.

Konservasi gigi juga berperan dalam melakukan perawatan saluran akar dan prosedur bedah terkait penyakit yang barangkali dapat memberikan dampak pada kesehatan dan penampilan gigi. Perawatan yang diberikan bisa meliputi berbagai penambalan, perawatan saluran akar endodontik bedah, implan endodontik, pemutihan, serta pengelolaan gigi yang mengalami trauma.

Inlays dan onlays adalah teknik yang biasa digunakan dalam konservasi gigi. Inlays dan onlays gigi merupakan restorasi yang digunakan untuk memperbaiki gigi belakang dengan kerusakan ringan hingga sedang atau gigi yang retak. Perawatan ini biasanya dilakukan kepada orang yang memiliki kerusakan atau pembusukan yang terlalu banyak pada struktur gigi sehingga tambalan saja tidak bisa memperbaiki.

Inlays dan onlays lebih tahan lama ketimbang tambalan biasa. Terbuat dari bahan yang keras dan tahan lama yang dapat bertahan hingga 30 tahun dan memperkuat gigi hingga 75 persen.

Penambahan lapisan plastik sewarna dengan gigi juga menjadi bagian dari perawatan konservasi gigi. Hal ini biasanya dilakukan pada orang yang giginya jarang-jarang, yang memicu pertumbuhan plak akibat menempelnya sisa makanan  pada celah gigi.

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat Bawa Anak ke Dokter Gigi

Nah, itulah bedanya dokter gigi umum dan konservasi gigi. Kalau kamu punya masalah kesehatan gigi, segera periksakan langsung di rumah sakit yang direkomendasikan Halodoc. Penanganan yang tepat dapat meminimalisir risiko kesehatan jangka panjang. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Yuk, download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store.

Referensi:
American Association of Endodontists. Diakses pada 2020. What’s the difference between a dentist and an endodontist?