• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Mengetahui Kesehatan Melalui Tes Telapak Tangan

Begini Cara Mengetahui Kesehatan Melalui Tes Telapak Tangan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat tubuh mengalami masalah kesehatan, maka akan ada gejala yang muncul. Ini dapat dilihat dari kondisi mulut, mata, kulit, bahkan sampai ke tangan. Jika kamu merasakan keanehan atau perubahan pada tangan, kamu boleh curiga dengan beberapa penyakit tertentu.

Mungkin kamu tidak menyangka tangan dapat memberikan informasi tentang kesehatan tubuh. Mulai saat ini, kamu perlu peka terhadap setiap perubahan tangan. Misalnya saja saat tangan gemetar, kuku tangan retak, kulit mengelupas, kering, gatal, hingga ruam. Beberapa kondisi tangan berikut adalah cara untuk mengetahui kesehatan tubuh. 

1. Tangan Gemetar

Apabila tangan kamu gemetar tak terkendali, kamu tidak perlu panik. Salah satu penjelasan sederhana untuk getaran tangan adalah terlalu banyak mengonsumsi kafein. Selain itu beberapa obat, termasuk obat asma dan antidepresan, juga bisa membuat tangan kamu gemetar. 

Namun, jika tidak satu pun dari penyebab di atas yang terbukti, atau kamu mengalami tremor yang tidak dapat dijelaskan yang sering terjadi, sebaiknya segera bicarakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Terkadang penyebab yang jarang diketahui namun terjadi yaitu penyakit parkinson, karena sistem saraf yang memengaruhi gerakan.

Baca juga: Asam Urat di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

2. Kuku Retak 

Apabila kuku kamu terasa lembut, kamu mungkin mengalami kekurangan seng. Seng dapat membantu pertumbuhan dan pembaruan sel-sel kulit. Pertimbangkan untuk menambahkan makanan kaya seng ke dalam diet kamu untuk melihat apakah ada perbaikan pada kuku. Beberapa sumber seng yang menjadi pilihan yaitu, gandum, kacang-kacangan, dan daging. 

3. Kulit Mengelupas

Apabila kulit di ujung jari kamu tiba-tiba terkelupas, kamu mungkin mengalami kekurangan vitamin B. Vitamin B seperti niacin (B3) dan biotik (vitamin B7) sangat penting untuk kesehatan kulit. Mengonsumsi biotin membantu meningkatkan pertumbuhan kulit dan kuku yang sehat. 

Niasin membantu melindungi dan memperbaiki kulit dengan mencegah pembentukan melanin, meningkatkan pertumbuhan kolagen, dan meningkatkan penghalang kelembaban kulit alami. Makanan kaya niasin yang dapat jadi pilihan yaitu seperti ikan, kacang tanah, jamur, dan makanan kaya biotin seperti alpukat dan tuna.

Baca juga: Mengidap Asam Urat? Lawan dengan 6 Makanan Ini

4. Tangan Terasa Gatal, Kering dan Muncul Ruam

Jika rasanya tidak ada losion yang cocok dengan tanganmu, kemungkinan kamu mengalami eksim. Bicarakan dengan dokter dan lihat apakah kamu perlu salep atau krim yang dapat membantu memulihkan kulit. Jika dokter melihat bahwa kamu tidak memiliki eksim dan tangan kering, gunakan pelembab yang mengandung vitamin A. 

Mencuci tangan berulang-ulang juga dapat menyebabkan tangan kering. Sebaiknya oleskan juga vitamin E ke kutikula di malam hari. Karena saat tidur produk-produk vitamin memiliki banyak waktu untuk menembus ke kulit kamu. 

Baca juga: Perhatikan 8 Gejala Nyeri Pergelangan Tangan yang Wajib Diwaspadai

5. Kuku Terlihat Pucat atau Putih

Perubahan warna pada kuku bisa menjadi tanda anemia, yang berarti tubuh kamu tidak membuat cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen yang cukup ke jari. Tes darah rutin dapat mengetahui anemia, dan perawatan yang dapat dilakukan yaitu suplementasi zat besi. 

6. Ujung Jari Membiru

Ujung jari yang berubah warna dari putih menjadi biru dapat menandakan sindrom Raynaud. Kondisi ini menyebabkan dinginnya jari tangan dan kaki yang dapat disertai dengan rasa sakit, mati rasa, dan kesemutan. Raynaud terjadi karena kejang pembuluh darah dan sirkulasi yang menurun, tetapi penyebabnya masih belum diketahui. Perawatan yang dapat dilakukan yaitu memakai sarung tangan, minum obat yang diresepkan, dan menghindari tekanan emosional serta merokok. 

Referensi:
Prevent. Diakses pada 2020. 9 Things Your Hands Say About Your Health