• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anjing Peliharaan

Begini Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anjing Peliharaan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Bukan hanya manusia saja yang perlu menjaga kesehatan mulut dan gigi, anjing pun perlu. Memelihara anjing bukan hanya memberikan makan saja, tetapi juga harus memperhatikan kesehatan fisik dan mentalnya. Salah satu organ yang rentan mengalami sakit adalah daerah mulut, termasuk gigi dan gusi. Gigi merupakan bagian dari sistem pencernaan yang berguna untuk memotong dan melembutkan makanan sebelum ditelan.

Jika tidak menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dengan baik, maka bakteri akan menumpuk dan memicu munculnya sejumlah masalah kesehatan. Salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi saat gigi anjing tidak dijaga kebersihannya dengan baik adalah bau mulut. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan gigi anjing peliharaan? Lakukan sejumlah langkah berikut ini, ya:

Baca juga: Anjing Peliharaan Sering Menolak Makan, Apa Penyebabnya?

1.Menyikat Gigi

Menyikat gigi anjing bukanlah hal yang mudah dilakukan, karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Jika anjing sudah terbiasa disikat giginya, kamu bisa lakukan hal ini sebanyak satu kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk melakukannya dengan sikat dan pasta gigi khusus anjing, ya. Untuk prosedur sikatnya sendiri, kamu bisa tanyakan langsung dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc.

2.Berikan Tulang

Memberi makan tulang bisa membantu menjaga kesehatan gigi anjing peliharaan, lho. Berkaitan dengan hal tersebut, kamu bisa memberikannya tulang sapi bagian tendon atau kerongkongan. Saat memberikannya, selalu awasi anjing karena takut ia tersedak.

3Berikan Mainan

Banyak petshop yang menjual mainan anjing. Jika ragu untuk memberikannya tulang, kamu bisa memberinya mainan yang mudah digigit. Mainan ini bertekstur keras dan berguna untuk membersihkan dan menjaga kesehatan gigi anjing peliharaan. Jika sedang bermain, selalu awasi anjing, jangan sampai ia mainannya tertelan.

Baca juga: Apa Penyebab Anjing Tidak Mau Menggonggong?

Masalah Kesehatan Gigi Anjing yang Umum Dialami

Gigi dan gusi yang sehat akan membuat anjing makan dengan lebih lahap. Masalah pada gigi rentan dialami saat anjing menginjak usia 3 tahun. Bukan hanya bau mulut dan makan saja yang menjadi tidak enak, adanya masalah kesehatan pada gigi juga dapat mengganggu metabolisme tubuh, serta memicu adanya kerusakan ginjal, jantung, dan organ lainnya. Berikut ini beberapa masalah kesehatan gigi yang umum dialami:

  • Plak. Plak terjadi saat sisa makanan menumpuk pada gigi bersamaan dengan air liur. Plak biasanya menumpuk pada bagian luar gigi, terutama gigi premolar atas dan geraham.
  • Tartar atau kalkulus. Jika plak gigi tidak diatasi dengan cara yang tepat, maka dalam waktu 3–5 hari plak akan mengeras dan membentuk tartar atau kalkulus. Jika sudah begitu, tartar atau kalkulus akan menyebabkan iritasi gusi dan bau mulut.

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Kutu Anjing yang Mengganggu

Menjaga kesehatan gigi anjing harus dilakukan sejak dini sebelum gigi susu copot saat berusia 4–6 bulan. Untuk memeriksa adanya masalah pada gigi, kamu bisa mengangkat bibir anjing di kedua sisi mulutnya. Kemudian lihat, apakah ada plak yang menumpuk akibat sisa makanan atau tidak. Jika ada, kamu bisa mendiskusikannya dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc untuk mencari tahu bagaimana langkah perawatan yang tepat.

Referensi:
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. Lakukan Hal Ini untuk Menjaga Kesehatan Gigi Anjing Kesayangan.
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. Tips Merawat Gigi Anjing.