Benarkah Histrionic Personality Disorder Sulit Didiagnosis?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 Desember 2022

“Segala bentuk gangguan kepribadian, termasuk histrionic personality disorder menjadi sulit didiagnosis. Ini karena kebanyakan pengidapnya tidak merasa ada sesuatu yang salah dengan dirinya.”

Benarkah Histrionic Personality Disorder Sulit Didiagnosis?Benarkah Histrionic Personality Disorder Sulit Didiagnosis?

Halodoc, Jakarta – Histrionic personality disorder adalah kondisi kesehatan mental yang ditandai dengan emosi yang intens dan tidak stabil serta citra diri yang terdistorsi.  Bagi orang dengan gangguan kepribadian histrionik, harga diri mereka bergantung pada persetujuan orang lain dan tidak berasal dari diri sendiri.

Pengidap kondisi ini memiliki keinginan besar untuk diperhatikan dan sering berperilaku dramatis. Berbagai gangguan kepribadian, termasuk histrionic personality disorder, sulit didiagnosis karena kebanyakan orang dengan gangguan ini tidak merasa ada masalah dengan perilaku atau cara berpikirnya. 

Informasi lengkap mengenai histrionic personality disorder bisa kamu baca di sini!

Alasan Historic Personality Disorder Sulit Didiagnosis

Kepribadian terus berkembang sepanjang perkembangan anak dan remaja. Itulah sebabnya, profesional medis tidak bisa mendiagnosis gangguan ini sampai akhirnya orang yang diduga mengidap histrionic personality disorder menginjak usia 18 tahun. 

Segala bentuk gangguan kepribadian menjadi sulit didiagnosis karena kebanyakan orang dengan gangguan kepribadian tidak merasa ada sesuatu yang salah dengan dirinya.  Ketika pengidapnya mencari bantuan medis, biasany ini karena mereka merasakan gangguan kecemasan atau depresi.

Untuk menggali lebih dalam dan menguatkan diagnosis, profesional medis tidak akan mengajukan pertanyaan yang spesifik, melainkan sesuatu yang lebih umum. Beberapa pertanyaan yang akan diajukan adalah: 

  • Sejarah masa lalu.
  • Relasi sosial.
  • Riwayat pekerjaan sebelumnya.
  • Pengujian realitas.
  • Kontrol impuls.

Untuk mendukung hasil pemeriksaan, diperlukan juga pengamatan ataupun wawancara dengan orang terdekat dari orang yang diduga mengidap histrionic personality disorder ini. adapun kriteria diagnosis untuk gangguan kepribadian histrionik membutuhkan pemenuhan lima (atau lebih) dari perilaku persisten berikut:

  • Tidak nyaman saat tidak menjadi pusat perhatian.
  • Perilaku menggoda atau provokatif.
  • Pergeseran dan emosi yang dangkal.
  • Menggunakan penampilan untuk menarik perhatian.
  • Gaya bicara yang impressionistic dan tidak jelas.
  • Emosi yang berlebihan.
  • Mudah dipengaruhi oleh orang lain.
  • Menganggap hubungan dengan seseorang lebih intim daripada yang sebenarnya.

Orang dengan gangguan kepribadian histrionik seringkali tidak menyadari perilaku dan cara berpikirnya mungkin bermasalah, sehingga ini yang menyulitkan penegakan diagnosis. 

Penyebab Histrionic Personality Disorder

Para ahli belum mengetahui penyebab pasti gangguan kepribadian ini, tetapi banyak profesional kesehatan mental percaya bahwa faktor genetik berperan besar dalam perkembangannya. Kecenderungan gangguan kepribadian histrionik ini sangat mungkin untuk diwariskan keluarga.Anak dari orang tua dengan kelainan ini bisa jadi mengulangi perilaku yang dilihatnya dari orang tua.

Faktor lingkungan lain yang mungkin terlibat adalah: 

  • Kurangnya kritik atau hukuman sebagai seorang anak.
  • Penguatan positif yang diberikan hanya ketika seorang anak menyelesaikan perilaku tertentu yang disetujui.
  • Perhatian tak terduga yang diberikan kepada seorang anak oleh orang tua. 

Gangguan kepribadian histrionic personality disorder biasanya juga bisa berkembang terkait temperamen dan gaya psikologis seseorang saat mengatasi stresnya, ketika tumbuh dewasa.

Itulah informasi mengenai histrionic personality disorder dan mengapa kondisi ini sulit didiagnosis. Punya masalah dengan kesehatan mental, atau butuh profesional medis untuk memberikan saran kompeten? Tanyakan saja langsung ke psikolog lewat aplikasi Halodoc. Jangan ditunda lagi, segera download Halodoc sekarang juga ya!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Histrionic Personality Disorder.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Histrionic Personality Disorder.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan