• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Infused Water Bisa Membantu Hilangkan Bau Mulut?

Benarkah Infused Water Bisa Membantu Hilangkan Bau Mulut?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Pernah bicara dengan orang yang bau mulut? Pasti rasanya tidak nyaman dan mengganggu. Terkadang, seseorang yang memiliki bau mulut tidak menyadarinya. Terlebih, kamu juga sulit untuk mencium bau napas sendiri apalagi menilai baunya. Menurut kamu mulut tidak bau, bukan berarti orang lain punya penilaian yang sama. 

Oleh sebab itu, untuk mencegah kondisi yang bikin tidak percaya diri ini, kamu perlu rajin membersihkan mulut agar tetap bersih dan terhindar dari bau mulut. Selain gosok gigi dan berkumur, infused water katanya dapat membantu menghilangkan bau mulut. Benarkah demikian? 

Baca Juga: Karang Gigi Bisa Menjadi Penyebab Bau Mulut?

Apakah Infused Water Bantu Hilangkan Bau Mulut?

Di dalam dunia medis, bau mulut disebut halitosis. Halitosis bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti infeksi gusi, kerusakan gigi, infeksi tenggorokan sampai konsumsi makanan yang berbau menyengat. Melansir dari Healthline, minum air lemon setiap hari ampuh mengatasi bau mulut. Seperti yang diketahui, lemon adalah jenis buah yang sering dijadikan bahan infused water

Alasan mengapa lemon ampuh untuk atasi bau mulut adalah karena kandungan asam askorbatnya. Asam askorbat memiliki sifat antibakteri, sehingga mampu membasmi mikroba penyebab bau mulut. Banyak orang memiliki bau mulut akibat tidak menghasilkan air liur yang cukup untuk menghilangkan bakteri berbau busuk. Vitamin C membantu meningkatkan produksi air liur untuk membantu menghilangkan bau mulut. 

Jadi, selain enak untuk dikonsumsi, lemon punya segudang manfaat kesehatan, terutama untuk kesehatan gigi dan mulut. Apabila kamu mengalami bau mulut dan tak kunjung hilang meski sudah rutin membersihkan gigi, kamu mungkin perlu mencoba metode ini. Namun, jika tidak kunjung menghilang juga, sebaiknya periksakan kondisinya ke dokter.

Baca Juga: Alasan Sering Bau Mulut ketika Puasa

Lewat aplikasi Halodoc, kini kamu bisa membuat janji dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengunjungi rumah sakit. Tinggal pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu lewat aplikasi.

Berbagai Penyebab Bau Mulut

Bau mulut sering disebabkan oleh bakteri yang ada dalam mulut. Munculnya bakteri ini ketika serpihan makanan tersangkut di gigi. Ketika tidak dibersihkan atau terangkat saat menggosok gigi, sisa makanan ini menjadi tempat berkembangnya bakteri. Kemudian, bakteri melepaskan senyawa sulfur yang berbau busuk, sehingga mulut menjadi bau. Senyawa sulfur juga bisa masuk ke dalam aliran darah. Ketika darah mencapai paru-paru, maka senyawa ini mampu mempengaruhi napas.

Semua makanan yang tersangkut di gigi memang dapat menimbulkan bakteri. Tetapi, makanan yang berbumbu bawang merah dan bawang putih lebih mungkin menyebabkan bau mulut, karena makanan tersebut memang sudah berbau menyengat. 

Baca Juga: Jangan Sepelekan Bau Mulut, Bisa Jadi Tanda 5 Penyakit Ini

Meskipun lebih dari 90 persen sumber kasus bau mulut berasal dari mulut, kadang-kadang sumber masalahnya juga dapat berasal dari bagian lain tubuh. Bau mulut juga bisa berasal dari refluks asam. Kemungkinan penyebab lainnya termasuk infeksi, komplikasi diabetes, dan gagal ginjal. Jika kamu mengalami bau mulut, pastikan untuk mencari tahu akar permasalahannya dengan tepat agar bisa mendapat perawatan yang sesuai. 

Referensi :
Healthline. Diakses pada 2020. Things You Can Try at Home to Eliminate Bad Breath.
Everyday Health. Diakses pada 2020. 11 Ways to Fight Bad Breath Naturally.