• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Jenis Sayuran yang Baik untuk Diet

Berbagai Jenis Sayuran yang Baik untuk Diet

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Saat melihat bentuk badan yang sudah terlalu besar, mungkin saatnya untuk melakukan diet. Lemak yang terlalu banyak bertumpuk dapat memengaruhi citra dan kepercayaan diri. Selain itu, jika sudah mencapai obesitas, tentu saja dapat meningkatkan beberapa risiko penyakit yang berbahaya, seperti diabetes, penyakit jantung, dan gangguan kesehatan lainnya.

Maka dari itu, kamu dapat memastikan untuk melakukan beberapa pola diet yang efektif untuk menurunkan berat badan. Kebanyakan pola diet berfokus pada asupan makanan yang dikonsumsi. Salah satu yang terbilang baik dikonsumsi untuk menjalankan diet adalah sayur-sayuran. Nah, pada artikel ini akan dibahas terkait sayuran yang cocok untuk dikonsumsi saat melakukan diet. Berikut ulasannya!

Baca juga: 5 Pilihan Makanan Terbaik untuk Sarapan

Jenis Sayuran yang Cocok Dikonsumsi untuk Diet

Banyak orang yang berusaha keras untuk menghilangkan tumpukan lemak pada masa pandemi seperti ini di mana tubuh mungkin kurang bergerak. Hal tersebut membuat lingkar pinggang terus naik dan akhirnya banyak celana yang tidak muat lagi. Cara menghilangkan lemak di perut bukan berarti kamu harus terus melakukan sit-up setiap hari, tetapi juga perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Beberapa makanan sehat memiliki kemampuan untuk membakar lemak di perut secara alami. Selain itu, mengonsumsi makanan ini dapat membantu untuk membuang lemak dari perut dengan cara yang ampuh. Salah satu caranya adalah lebih banyak mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan. Sayuran adalah makanan yang kaya akan kandungan tersebut sehingga cocok untuk diet.

Baca juga: Menu Diet Sehat yang Cepat Turunkan Berat Badan

Selain itu, sayuran banyak mengandung serat dan penuh dengan nutrisi, seperti mineral dan vitamin yang dapat membantu tubuh untuk meningkatkan metabolisme dan membakar lemak di perut. Sayuran juga mengandung banyak serat yang membuat kamu lebih mudah kenyang dan mencegah makan berlebihan. Nah, berikut ini beberapa sayuran yang cocok untuk dikonsumsi saat kamu sedang menurunkan bobot tubuh:

1. Bayam dan Sayuran Berdaun Hijau Lain

Salah satu sayuran yang cocok untuk diet adalah bayam dan jenis lainnya yang berwarna hijau, seperti kangkung, selada, dan sebagainya. Makanan ini sangat bagus untuk membakar lemak perut dan juga memiliki gizi yang tinggi. Sayur-sayuran ini memiliki kemampuan pembakaran lemak yang baik. Cobalah untuk rutin mengonsumsi jenis sayuran ini tiap sarapan atau makan siang agar berat badan dapat menurun secara signifikan.

2. Jamur

Sayuran jenis lainnya yang baik dikonsumsi untuk diet adalah jamur. Jenis sayur ini sangat lezat dan banyak disukai baik oleh vegetarian maupun non-vegetarian. Jamur terkenal dapat menurunkan berat badan dan membakar lemak dengan cara mengatur kadar glukosa di dalam darah. Selain itu, sayuran ini juga kaya akan protein dan dapat meningkatkan metabolisme di dalam tubuh yang efektif untuk hilangkan lemak.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait sayuran yang cocok untuk diet, dokter dari Halodoc dapat memberikan daftar makanan yang meningkatkan efektivitas dari pola penurunan berat badan tersebut. Caranya mudah, cukup download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan akses kesehatan langsung dari ahlinya!

Baca juga: Inilah 10 Makanan Sehat Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan (Bagian 1)

3. Kembang Kol dan Brokoli

Kamu juga dapat mengonsumsi kembang kol dan brokoli sebagai sayuran yang baik untuk diet. Selain kaya akan kandungan serat berkualitas tinggi serta beberapa mineral dan vitamin yang dapat meningkatkan kesehatan, kandungan fitokimia di dalamnya dapat meningkatkan pembakaran lemak di dalam tubuh. Selain membuat kenyang lebih lama, sayuran tersebut dapat membantu tubuh melawan perut kembung dan kaya akan kandungan sulforaphane fitonutrien, folat, serta vitamin C.

Maka dari itu, ada baiknya untuk rutin mengonsumsi sayur-sayuran untuk melengkapi pola diet yang sedang dilakukan. Dengan begitu, efek penurunan berat badan dapat lebih terasa karena kandungan yang terdapat di dalamnya. Selain itu, sayuran juga terkenal menyehatkan tubuh tanpa menimbulkan dampak buruk apa pun.

Referensi:
NDTV. Diakses pada 2020. Weight Loss: Top 9 Vegetables To Include In Your Diet To Burn Belly Fat.