• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Berkumur Air Garam Bisa Atasi Bau Mulut saat Puasa?

Benarkah Berkumur Air Garam Bisa Atasi Bau Mulut saat Puasa?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Saat puasa, semua orang yang menjalankannya wajib menahan haus dan lapar dari terbit fajar hingga matahari terbenam. Selama seharian tersebut, tidak ada asupan cairan apa pun yang masuk ke tenggorokan. Sehingga, banyak dampak yang dapat memengaruhi bagian leher kamu tersebut, seperti rasa kering dan timbulnya bau mulut.

Saat bau mulut timbul, tentu dapat menurunkan kepercayaan diri kamu dan membuat orang di sekitar menjadi tidak nyaman. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi bau mulut saat puasa tanpa minum. Salah satu caranya adalah dengan berkumur air garam. Namun, benarkah hal tersebut ampuh untuk mengatasi bau mulut? Berikut ulasannya!

Baca juga: Alasan Sering Bau Mulut ketika Puasa

Atasi Bau Mulut saat Puasa dengan Air Garam

Memang bau mulut sangat sering terjadi pada seseorang yang berpuasa. Selain itu, sariawan dapat memperparah gangguan pada mulut tersebut. Hal ini dapat mengganggu aktivitas dan kepercayaan diri kamu yang banyak bertemu dengan orang-orang penting. Maka dari itu, cara jitu untuk mengatasinya penting untuk diketahui.

Memang, saat sahur atau malam hari banyak orang yang telah menyikat giginya agar tidak ada makanan yang tersisa di gigi dan membuat napas lebih segar. Namun, tidak adanya asupan cairan selama seharian tetap dapat membuat bau mulut terjadi. Untuk itu, kamu dapat melakukan kumur dengan air garam. Hal ini tidak membuat batal puasa karena cairan tidak melewati tenggorokan.

Air garam dapat berguna sebagai cairan antiseptik yang ringan, tetapi takarannya harus benar-benar tepat. Cairan tersebut mampu mengatasi bau mulut dengan cara mengembalikan tingkat keasaman pada mulut dan membunuh bakteri yang ada. Namun, jika takarannya tidak tepat, bau mulut tidak hilang dan malah menyebabkan iritasi pada rongga mulut.

Untuk mendapatkan takaran yang tepat, kamu hanya perlu mencampurkan 1 liter air dengan 1 sendok garam. Saat mendapatkan takaran yang pas, maka bau mulut dapat kamu atasi sehingga segala aktivitas tidak terganggu. Namun, kamu harus tetap memastikan agar cairan kumur tersebut tidak tertelan yang membuat puasa menjadi batal.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait efektifnya berkumur dengan air garam untuk mengatasi bau mulut. Tentu kamu tetap ingin performa kamu saat bekerja tidak ingin terpengaruh karena puasa bukan? Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

Baca juga: Jadi Keluhan Umum, Begini Cara Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Manfaat Lainnya dari Kumur dengan Air Garam

Selain mengatasi bau mulut, berkumur dengan air garam juga dapat mengatasi gangguan lainnya pada tenggorokan. Memang, saat puasa banyak gangguan yang rentan terjadi. Berikut adalah beberapa gangguan yang dapat diatasi dengan berkumur air garam:

  1. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Saat puasa, tenggorokan rentan mengalami sakit dan tidak diperkenankan untuk mengonsumsi apa pun. Maka dari itu, berkumur dengan air garam adalah solusi jitu untuk mengatasinya. Kamu hanya perlu untuk melakukannya selama beberapa kali dalam satu hari hingga dirasa lebih baik.

  1. Mengobati Sariawan

Sariawan juga salah satu gangguan yang terjadi ketika seseorang sedang berpuasa. Kekeringan yang terjadi pada mulut membuat peradangan pada bibir, gusi, dan lidah. Dengan berkumur menggunakan air garam, kamu dapat mengurangi rasa sakit dan radang yang disebabkan oleh sariawan, sehingga bagian dalam mulut kamu menjadi lebih baik.

Baca juga: Puasa Bermanfaat Bagi Kesehatan, Ini Buktinya

Itulah manfaat dari berkumur menggunakan air garam untuk mengatasi bau mulut. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan manfaat lainnya dengan berkumur menggunakan air garam tersebut. Hal ini dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan pada mulut dan tenggorokan tanpa membatalkan puasa. Mudah bukan?

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What to know about gargling with salt water.
Healthline. Diakses pada 2020. What Are the Benefits of a Salt Water Gargle?