• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Biar Enggak Stres Saat Jadwal Penerbangan Delay, Lakukan Ini

Biar Enggak Stres Saat Jadwal Penerbangan Delay, Lakukan Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Niat bersenang-senang liburan, malah dibuat stres karena jadwal pesawat keberangkatan delay. Memang sejumlah peristiwa enggak terduga bisa saja terjadi dan dapat memengaruhi perjalanan. Contohnya penundaan penerbangan. Ketika hal-hal yang tidak berjalan sesuai rencana, stres perjalanan dapat terjadi dengan cepat dan justru membuat kamu tidak menikmati liburan atau perjalanan seperti yang diharapkan. 

Jangan sampai kamu tidak menikmati perjalanan meskipun keberangkatan pesawat delay. Saat-saat seperti ini diperlukan manajemen stres agar kamu tidak merasa kewalahan jika tidak siap menghadapinya. Untuk itu, persiapan yang harus kamu lakukan adalah selalu menyimpan contact center maskapai dan programkan nomor telepon reservasi penerbangan ke handphone kamu. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mencari informasi dan mendapatkan kepastian dari maskapai. 

1. Biarkan Orang Tahu

Ketika delay diumumkan, sebaiknya biarkan keluarga, teman, dan orang lain yang relevan dalam perjalanan kamu mengetahui apa yang terjadi. Apapun bisa terjadi, entah handphone mati, wifi mati, dan sebagainya. Jadi, hal yang terbaik adalah segera melakukan kontak. Terkadang orang-orang yang tidak ikut pergi dengan kamu bisa sangat membantu. 

Baca juga: Jangan Abaikan Stres, Ini Cara Mengatasinya

2. Periksa Asuransi Penerbangan

Beberapa polis asuransi perjalanan mencakup pertanggungan untuk penundaan perjalanan. Saat membeli asuransi perjalanan, pastikan ketahui apa saja kebijakan yang tercakup dan apa yang tidak. Periksa pula apa saja syarat dan ketentuannya. Misalnya, kecil kemungkinan perjalanan kamu akan dikompensasikan untuk keterlambatan 30 menit, tapi keterlambatan selama beberapa jam mungkin ada kompensasinya. Jika kamu berencana mengajukan klaim, patikan untuk menyimpan semua tanda terima atas segala transaksi. 

3. Kenyangkan Perut dan Tetap Terhidrasi

Mungkin makanan di bandara mahal, tapi penting untuk tetap menjaga perut tetap kenyang saat berpergian, apalagi saat harus menunggu pesawat delay. Jangan biarkan perut kamu kosong saat berjam-jam menunggu hingga akhirnya naik pesawat. Jika cenderung lapar, makanlah makanan berat atau cemilan untuk membantu menjaga emosi dan stres tetap terkendali. 

Pada saat yang sama, pastikan juga kamu minum cukup air. Udara kering di pesawat dan stabilitas bandara bisa berdampak buruk pada tubuh kamu. Dengan menjaga cairan tubuh juga dapat mengendalikan suasana hati dan perasaan yang sehat. 

Baca juga: 4 Tanda yang Muncul di Tubuh Saat Mengalami Stres

4. Berjalan-Jalan di Sekitar Bandara

Tentu akan sangat membosankan harus menunggu di satu tempat. Cobalah untuk berjalan-jalan di sekitar bandara untuk mencari pemandangan dan udara segar. Datangi coffee shop, toko buku atau minimarket untuk membeli makanan atau camilan. 

Berjalan dan melihat-lihat sekitar bandara baik untuk menjaga pikiran dari stres karena delay. Ini juga agar peredaran darah di kaki tetap berjalan lancar saat bepergian. Lakukan apa saja yang bisa mengisi waktu kosong kamu. Yang penting kamu tetap selalu update tentang informasi kepastian keberangkatan pesawat. 

5. Isi Daya Semua Gadget

Mencoba menghubungi kerabat dan maskapai penerbangan selama penundaan perjalanan dapat mematikan baterai di handphone kamu. Inilah saatnya untuk mencari spot pengisian daya atau outlet listrik supaya handphone kamu memiliki baterai yang cukup. Sebab, stres juga akan meningkat saat handphone mati dan kamu tidak bisa melakukan komunikasi dengan siapapun. 

6. Lakukan Pijat

Pernahkah kamu memperhatikan pusat kesehatan di bandara? Di sana biasanya kamu bisa mendapatkan pijatan. Dengan mendapatkan pijatan saat menunggu pesawat delay dapat mengurangi kecemasan dan meredakan stres. Meskipun beberapa menit, mendapatkan pijat bisa jadi penyelamat. Fokuslah pada tubuh dan kesehatan mental kamu. 

Baca juga: Kenali Tandanya, Ini 4 Cara Mudah Atasi Stress

Jadi perlu diingat, ketika situasi seperti pesawat delay terjadi, lakukan yang terbaik untuk diri kamu dan menjadi proaktif. Biarkan pikiran tetap sibuk dan perut tetap penuh. Ingatlah bahwa kamu tetap akan sampai pada tujuan dengan selamat. 

Jika setibanya di destinasi yang dituju kamu merasa kurang enak badan, bicarakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai penyebab dan pemicunya. Dokter dalam aplikasi Halodoc akan sedia membantumu kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang!

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2019. Stress Management Strategies for Travel Mishaps