• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ibu Hamil Ngidam Makan Durian, Bolehkah?

Ibu Hamil Ngidam Makan Durian, Bolehkah?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Wanita yang sedang mengalami kehamilan umumnya menginginkan sesuatu dengan alasan sang bayi yang ingin, yang disebut juga dengan ngidam. Terkadang, ibu hamil yang sedang ngidam ingin melakukan sesuatu yang aneh, salah satunya adalah mengonsumsi durian. Hal ini mungkin akan sulit dilakukan jika belum masuk musim panennya.

Ternyata, masih banyak orang yang percaya apabila buah ini dapat menyebabkan gangguan pada janin. Seorang wanita yang sedang mengandung selalu dihubungkan dengan keguguran jika mengonsumsi buah dengan kulit duri tajam ini. Maka dari itu, penting untuk mengetahui apakah seorang ibu hamil yang ngidam durian diperbolehkan untuk mengonsumsinya? Berikut ulasannya!

Baca juga: Mengonsumsi Durian ketika Hamil, Amankah?

Amankah Ibu Hamil Ngidam Durian?

Buah durian adalah salah satu buah tropis yang banyak dijumpai di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Durian memiliki kulit yang tajam, tetapi daging yang lezat dan sangat nikmat ketika dimakan. Bau yang kuat dihasilkan oleh durian sangat menyengat, sehingga beberapa orang sensitif terhadapnya. Selain itu, nutrisi yang terkandung dari daging buah ini sangat baik untuk tubuh.

Namun, di beberapa negara dipercaya apabila buah ini termasuk tabu jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal tersebut karena buah ini mampu membuat tubuh menjadi panas dan dapat berdampak buruk pada bayi yang belum lahir. Padahal, belum ada bukti yang pasti untuk memastikan hal tersebut. Lalu, bagaimana jika seorang ibu hamil yang ngidam durian mengonsumsi buah tersebut?

Faktanya, seorang ibu hamil diperbolehkan untuk mengonsumsi durian mengingat kandungan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh sang ibu dan bayi. Selain itu, kandungan organosulfur dan triptofan juga memiliki efek antioksidan. Manfaat lainnya yang dapat dirasakan adalah sifat anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-mikroba yang berguna untuk menyehatkan janin.

Namun, wanita yang sedang hamil tidak boleh mengonsumsi durian terlalu banyak. Memang memakan durian dapat memberi manfaat bagi tubuh, tetapi kandungan gula dan karbohidratnya juga terbilang banyak. Maka dari itu, durian disebut juga dengan makanan glisemik tinggi. Penting untuk ibu hamil yang ngidam durian tidak mengonsumsinya dalam porsi yang banyak.

Baca juga: Ibu Hamil Enggak Boleh Makan Durian, Fakta atau Mitos?

Sejauh ini, belum ada penelitian yang membahas tentang masalah keamanan dari makan durian saat hamil. Belum ada fakta yang pasti jika mengonsumsi durian tidak aman pada ibu hamil yang ngidam. Tidak ada alasan apabila mengonsumsi durian saat hamil dapat menyebabkan tekanan darah tinggi pada ibu hamil atau ruam popok pada bayi yang baru lahir seperti dipercaya banyak orang.

Namun, alangkah lebih baik jika seseorang yang didiagnosis diabetes gestasional selama kehamilan untuk menghindari konsumsi durian mengingat kandungan gula yang ada. Banyak komplikasi yang berbahaya dapat terjadi jika tidak mencegah diabetes gestasional agar tidak berkembang dan membahayakan ibu hamil dan kandungannya yang berada di dalam perut.

Dengan mengetahui beberapa hal yang berhubungan dengan ibu hamil sedang ngidam durian, jika suatu saat kejadian pada dirimu atau pasangan, maka tahu apa yang dapat dilakukan. Sangat penting untuk membatasi konsumsi buah dengan kulit berduri ini agar kehamilan yang sedang berlangsung tetap sehat dan melahirkan bayi yang sempurna tanpa cacat apa pun.

Baca juga: 5 Makanan yang Perlu Dihindari Ibu Hamil

Lalu, jika kamu mempunyai pertanyaan terkait kehamilan dan menjaga janin tetap sehat, dokter kandungan dari Halodoc mampu memberikan saran secara profesional. Caranya mudah sekali, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang kerap digunakan!

Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2020. Is it safe to eat durian in pregnancy?
Mom Junction. Diakses pada 2020. 6 Amazing Health Benefits Of Eating Durian During Pregnancy.