• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Buah-buahan Segar Pengganti Kurma

5 Buah-buahan Segar Pengganti Kurma

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Tak lengkap rasanya berbuka puasa tanpa menyantap kurma. Selain karena merupakan salah satu sunnah Rasul, buah asal Timur Tengah yang bercitarasa manis ini juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Menyantap kurma saat berbuka puasa bermanfaat untuk meningkatkan asupan serat, mineral, dan vitamin. 

Namun, meski kurma dianjurkan sebagai makanan berbuka puasa yang baik untuk kesehatan, mengonsumsi suatu makanan tertentu secara terus-menerus bisa membuat bosan. Untuk mengatasinya, kamu bisa memilih buah-buahan segar lain yang manis dan tak kalah bernutrisi untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. 

Baca juga: Buah-Buahan untuk Kulit yang Bersinar

Buah Segar untuk Buka Puasa

Seperti dijelaskan tadi, selain kurma, ada banyak pilihan buah-buahan segar lainnya yang bisa kamu jadikan menu berbuka puasa, lho. Berikut beberapa di antaranya:

1. Semangka

Semangka adalah salah satu buah segar yang cocok untuk dijadikan makanan berbuka puasa selain kurma. Rasanya yang segar dan manis dapat membuat kamu kembali bertenaga, setelah seharian beraktivitas selama puasa. Rasa segar semangka didapat dari kandungan airnya yang tinggi. Itulah sebabnya buah ini dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

Tidak hanya mengandung air, semangka juga memiliki berbagai kandungan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu vitamin A, B1, B6, dan C. Selain itu, semangka juga memiliki kandungan likopen yang merupakan antioksidan dan baik untuk kesehatan tubuh.

2. Blewah

Buah yang satu ini juga tak kalah populer ketika bulan puasa tiba. Ya, blewah memang sering dijadikan sebagai makanan pembuka yang segar ketika berbuka puasa. Namun, tak hanya menyegarkan, blewah juga ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Manfaat blewah ini datang dari kandungan kalium, vitamin A, B, C, dan serat. Itulah sebabnya, blewah sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Buah?

3. Pepaya

Selain rasanya yang manis, pepaya juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, lho. Di dalam buah pepaya, terkandung berbagai macam vitamin dan serat, yang baik untuk melancarkan pencernaan dan membersihkan usus dari berbagai macam kuman penyebab penyakit. Oleh karena itu, buah ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai makanan pengganti kurma ketika berbuka puasa.

4. Pisang

Setelah berpuasa seharian, energi biasanya telah terkuras karena berbagai macam aktivitas. Untuk mengembalikan energi yang terkuras itu, sebaiknya berbukalah dengan makanan yang kaya akan glikogen. Sebab, makanan dengan kandungan glikogen tinggi dapat membantu memulihkan energi dengan lebih cepat. Salah satu buah yang mengandung kadar glikogen tinggi adalah pisang.

Buah pisang bisa menjadi salah satu pengganti kurma yang baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Sebab, buah ini mengandung berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, dan C. Namun, jangan berlebihan juga mengonsumsinya, karena terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar glikogen tinggi dapat membuat kadar gula darah dalam tubuh melonjak tinggi.

Baca juga: 8 Buah-buahan yang Cocok Dikonsumsi saat Sahur

5. Alpukat

Selain tinggi serat, alpukat juga dapat membantu menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Berbagai vitamin, seperti vitamin A, B, K, D, dan E juga terkandung dalam buah satu ini, sehingga jika kamu mengonsumsinya sebagai hidangan berbuka, dapat membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh dengan lebih baik. 

Tak hanya itu, berbuka puasa dengan alpukat juga dapat membuat perut lebih cepat, sehingga kamu bisa lebih mengontrol diri ketika menyantap makanan utama saat berbuka puasa. Jadi, buah ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai pengganti kurma ketika berbuka puasa.

Itulah beberapa rekomendasi buah segar sebagai pengganti kurma untuk berbuka puasa. Selain mengonsumsi buah-buahan, kamu juga perlu mengimbangi asupan nutrisi selama bulan puasa dengan makanan bergizi lainnya, seperti sayur-sayuran, protein, karbohidrat, serta minum air putih yang cukup. Kalau tidak enak badan, download saja aplikasi Halodoc agar kamu bisa berbicara dengan dokter lewat chat, kapan dan di mana saja.  

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Top 9 Health Benefits of Eating Watermelon.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Everything you need to know about cantaloupe.
NDTV Foods. Diakses pada 2020. 8 Amazing Benefits of Papaya for Health and Skin.
Livescience. Diakses pada 2020. Bananas: Health Benefits, Risks & Nutrition Facts.
WebMD. Diakses pada 2020. Health Benefits of Avocados.