• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Buka Puasa dengan Blewah, Ini 3 Manfaatnya untuk Kesehatan

Buka Puasa dengan Blewah, Ini 3 Manfaatnya untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Blewah menjadi salah satu jenis buah khas di bulan Ramadan. Banyak orang yang memasukkan blewah ke dalam menu buka puasa favorit. Makanan yang satu ini sering dijadikan campuran untuk membuat es buah dan bisa memberi rasa segar. Selain memiliki rasa yang segar, blewah ternyata juga punya banyak manfaat untuk kesehatan, lho!  

Blewah memiliki nama Latin cucumis melo var cantalupensis. Buah ini terbukti kaya akan kandungan nutrisi berupa serat, zat antioksidan, zat beta karoten, potasium, magnesium, sumber vitamin A, B, dan C. Seluruh kandungan nutrisi itu yang membuat blewah menjadi hidangan berbuka puasa yang menyehatkan. 

Baca juga: Tak Hanya Menyegarkan, Ketahui Manfaat Blewah 

Manfaat Konsumsi Blewah  

Tak hanya menyehatkan, mengonsumsi buah blewah bisa membuat tubuh terasa lebih segar. Hal itu yang menjadi alasan banyak orang memilih buah ini untuk disantap saat berbuka puasa. Meski begitu, sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsi buah yang satu ini. Sebab, blewah disebut bisa memicu terjadinya penurunan tekanan darah. 

Mengonsumsi buah blewah dianjurkan bagi kamu yang tengah menjalani diet rendah kalori. Tak hanya itu, buah blewah juga memiliki sederet kandungan nutrisi dan gizi, seperti serat, zat antioksidan, zat beta karoten, potasium, magnesium, sumber vitamin A, B, dan C. Seluruh kandungan nutrisi yang ada dalam buah blewah tersebut, nyatanya bisa menjaga kekebalan tubuh. 

Rutin mengonsumsi buah blewah saat berbuka puasa bisa memberi banyak manfaat sehat untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapat dari buah ini: 

  • Kulit yang Lebih Sehat

Salah satu manfaat yang bisa didapat dari konsumsi blewah adalah menjaga kesehatan dan kecantikan kulit tubuh. Blewah termasuk kelompok buah-buahan berwarna oranye, seperti wortel, ubi jalar, dan labu, yang merupakan sumber karotenoid. Kandungan ini bisa membantu mengatasi kerusakan yang terjadi pada kulit akibat sengatan matahari. Selain itu, pigmen karotenoid juga bisa mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit termasuk garis-garis halus, perubahan warna, dan keriput.

Baca juga: Tak Hanya Menyegarkan, Ketahui Manfaat Blewah

  • Mencegah Kanker

Buah blewah mengandung banyak antioksidan, seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan cryptoxanthin. Hebatnya, seluruh kandungan nutrisi tersebut ternyata bisa membantu menurunkan risiko kanker menyerang. Kandungan antioksidan dalam buah blewah berperan melindungi tubuh serta sel dan struktur tubuh lainnya dari kerusakan tekanan DNA. 

  • Mencegah Obesitas 

Naiknya berat badan yang berujung pada obesitas menjadi satu hal yang sering dikeluhkan selama bulan puasa. Hal ini seringnya terjadi karena “kalap” dan berlebihan makan saat berbuka puasa maupun saat makan sahur. Namun jangan khawatir, hal itu tidak akan terjadi jika kamu mengonsumsi buah blewah saat berbuka puasa. Blewah termasuk buah yang rendah kalori, dalam 100 gram hanya terkandung sekitar 60 kalori. Namun tentu saja, hindari mengolah blewah dengan bahan-bahan yang malah bisa memicu berat badan naik, seperti gula dan kental manis.

Baca juga: 5 Buah-buahan Pengganti Kurma

Masih penasaran dan mau tahu apa saja manfaat sehat konsumsi buah blewah? Tanya dokter ahli di aplikasi Halodoc saja! Ibu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play. 

Referensi
Healthline. Diakses pada 2020. 7 Nutritious Benefits of Eating Cantaloupe.
Verywell Fit. Diakses pada 2020. Cantaloupe Nutrition Facts and Safety Tips.