• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Dari Sunscreen sampai Jerawat, Ini 5 Manfaat Bunga Calendula

Dari Sunscreen sampai Jerawat, Ini 5 Manfaat Bunga Calendula

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Pernah melihat atau mendengar bunga calendula? Bunga ini berasal dari Eropa Selatan. Bentuknya unik, kelopak bunganya terbuka lebar dan berwarna kuning atau jingga cerah. Namun, siapa sangka di balik kecantikannya, bunga calendula ternyata bisa memberi banyak manfaat. Mulai dari kecantikan dan kesehatan tubuh.

Ternyata sejak zaman dulu, bunga calendula sudah dikenal sebagai bahan alami yang memiliki khasiat luar biasa untuk kulit dan tubuh. Bunga ini bersifat anti-viral, yaitu mampu membunuh dan melemahkan perkembangan virus. Enggak heran bila bunga cantik ini akhirnya sering dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, seperti kosmetik, medis, maupun kuliner.

Lantas, apa saja sih manfaat bunga calendula? Penasaran? Berikut pembahasan selengkapnya.

Baca juga: Lebih Dekat dengan 5 Manfaat Teh Rosella

  1. Sebagai Tabir Surya

Minyak calendula bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari yang bisa merusak kulit. Enggak percaya? Menurut studi laboratorium dalam Journal of Young Pharmacists menemukan, minyak calendula memiliki sifat SPF sebagai campuran krim.

Hasil penelitian ini menunjukkan, krim minyak calendula (calendula oil cream) dapat digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi UV dalam bentuk krim tabir surya. Tak cuma itu saja, krim minyak calendula juga dapat dimanfaatkan untuk mempertahankan pigmentasi alami kulit.

Meskipun begitu, masih butuh penelitian lebih lanjut untuk mengklaim calendula oil cream dapat dimanfaatkan sebagai tabir surya yang efekftif.

2. Bersifat Anti-Inflamasi

Selain dua hal di atas, manfaat bunga calendula juga bisa membantu tubuh melawan inflamasi. Bunga canlendula mengandung antioksidan, kaya akan vitamin, dan kandungan baik lainnya. Contohnya, sterol, beta-karoten, polisakarida, dan karetonoid. Bunga yang banyak ditemukan di wilayah Asia Selatan, Mediteranian, dan Eropa Barat ini juga memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit, seperti bengkak atau radang.

  1. Membantu Penyembuhan Luka

Bunga calendula juga bersifat antiseptik dan antimikroba karena efektif dalam mengobati dari luka ringan sampai luka terbuka. Bunga berwarna jingga cerah tersebut memiliki kandungan yang terbukti ampuh mempercepat proses penyembuhan jaringan kulit. Mau bukti?

Menurut studi dalam National Institutes of Health, salep lidah buaya atau calendula bersama dengan perawatan luka (standard care) bisa mempercepat waktu pemulihan episiotomi (luka sayatan). Menurut hasil penelitian tersebut, pengunaan salep lidah buaya dan Calendula sangat meningkatkan kecepatan penyembuhan luka episiotomi.

Baca juga: Aneka Jenis Teh Korea yang Baik untuk Kesehatan

4. Memperbaiki Tampilan Kulit

Kulit kering dan berisisik? Kamu bisa kok memanfaatkan minyak calendula yang mampu memperbaiki tekstur kulit menjadi lembut kembali. Minyak esensial bunga calendula memiliki tekstur yang ringan dan mudah diserap. Dengan begitu, cocok digunakan bagi kamu yang punya jenis kulit berminyak sampai sensitif sekalipun.

Bahkan, minyak calendula bisa digunakan untuk mengatasi ruam popok pada bayi. Enggak cuma itu saja, kandungan anti oksidan dalam calendula juga membuat bunga tersebut sering digunakan dalam produk perawatan kulit. Untuk mengatasi berbagai masalah penuaan dini, seperti kerutan dan garis halus.

5. Membantu Mengatasi Jerawat

Manfaat bunga calendula juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Satu studi laboratorium menemukan bahwa ekstrak calendula mungkin berguna dalam mengobati dan mencegah jerawat. Akan tetapi diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendukung temuan ini.

Lalu, bagaimana sih cara menggunakan calendula untuk mengatasi jerawat? Simpel kok caranya. Cucilah wajah menggunakan pembersih calendula. Kamu bisa menggunakan krim calendula, minyak, atau perawatan wajah yang mengandung calendula pada area yang rawan atau sedang mengalami jerawat.

Baca juga: 10 Manfaat Air Mawar untuk Wajah

Memiliki masalah kulit wajah atau kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 7 Ways to Use Calendula Oil for Your Skin.
Journal of Young Pharmacists. Diakses pada 2020. Assessment of In Vitro Sun Protection Factor of Calendula officinal L. (Asteraceae) Essential Oil Formulation.
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2020. The Impact of Aloe vera and Calendula on Perineal Healing after Episiotomy in Primiparous Women: A Randomized Clinical Trial.