• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Atasi Demam Anak saat Liburan Keluarga

5 Cara Atasi Demam Anak saat Liburan Keluarga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Liburan bersama keluarga menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh semua anggota keluarga. Pasalnya, mempersiapkan liburan untuk keluarga bukan hal yang mudah. Mulai dari menentukan tanggal untuk keperluan cuti, memilih destinasi wisata, akomodasi, hingga persiapan sebelum keberangkatan.

Baca juga: Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Pergi Liburan Bersama Bayi

Sudah terbayang oleh repotnya persiapan liburan keluarga? Meskipun terlihat merepotkan, tetapi ini bukan jadi masalah karena momen menghabiskan waktu bersama keluarga adalah momen berharga. Persiapan sudah dirasa matang, namun tetap saja ada hal-hal di luar kendali yang dapat terjadi. Salah satunya adalah anak yang mendadak demam.

Jangan khawatir, berikut ini trik untuk mengatasi anak demam saat liburan keluarga, yaitu:

  1. Segera Ukur Suhu Tubuh Anak. Hal pertama yang harus dilakukan saat anak demam selama liburan adalah mengecek suhu tubuhnya dengan termometer. Bagian tubuh yang bisa diukur adalah ketiak, mulut, atau dubur. Sebaiknya jangan mengandalkan perabaan tangan, lakukan pemeriksaan dengan termometer setiap 4 jam sekali. Semakin tinggi suhu tubuh anak, maka penanganan yang dilakukan semakin serius demi mencegah komplikasi. Itulah sebabnya, wajib untuk membawa termometer selama liburan.
  2. Berikan Baju yang Nyaman. Saat anak demam, yang terpenting adalah memberikan baju yang nyaman kepadanya. Jangan paksakan anak menggunakan jaket tebal atau selimut karena hal ini menghambat panas untuk bisa keluar dari tubuh anak.
  3. Pastikan Anak Terhidrasi dengan Baik. Pastikan saat anak demam, ibu memiliki stok air mineral ntuk minum. Demam atau suhu tubuh yang terlalu tinggi pada anak dapat menyebabkan anak mudah mengalami dehidrasi. Jangan sampai hal ini terjadi, pastikan untuk memberi ia air mineral untuk menggantikan cairan yang hilang. Tidak hanya melalui minuman, air bisa didapatkan dari makanan seperti sup ayam, buah semangka, jeruk, atau jus buah.
  4. Ajak Anak untuk Beristirahat. Jika anak demam saat liburan maka sebaiknya orangtua mengubah rencana perjalanan menjadi lebih santai. Jangan paksakan anak untuk mengikuti aktivitas yang berat. Malah ada baiknya anak beristirahat saja di hotel. Alihkan liburan dengan acara yang lebih tenang dan nyaman di hotel. Jadi tidak perlu memaksakan diri untuk keluar, agar proses pemulihan demam anak bisa berlangsung lebih cepat.
  5. Gunakan Hansaplast Cooling Fever. Saat anak demam, mood anak cenderung turun dan dapat membuatnya lebih drama serta rewel, ibu dapat mencoba untuk memberikan Hansaplast Cooling Fever yang dapat dengan mudah ditempelkan ke dahi Si Kecil. Hansaplast Cooling Fever hadir dengan karakter Disney Frozen dan Marvel Avengers. Karakter yang disukai anak-anak dapat mengalihkan perhatian anak saat demam dan merasa melawan demam bersama karakter favoritnya. Pertolongan pertama anak demam menjadi #GakPakeDrama. Plester demam ini terbuat dari gel yang merekat sempurna, meskipun anak banyak gerak selama tidur. Selain itu, Hansaplast Cooling Fever memberikan aroma yang menenangkan karena mengandung Peppermint & Wintergreen Oil.

Hansaplast Cooling Fever menjadi yang pertama dan satu-satunya dengan karakter favorit anak yaitu Disney Frozen dan Marvel Avengers yang pastinya akan disukai anak. Bingung di mana mendapatkannya? Jangan khawatir! Hansaplast Cooling Fever Disney dapat dengan mudah dibeli melalui aplikasi Halodoc melalui fitur beli obat. Hanya dalam waktu kurang dari satu jam, kurir Halodoc akan mengirimkannya langsung ke tempat kamu.

Referensi:

Go Health Urgent Cara. Diakses pada 2019. Baby Fever Temperature

Very Well Health. Diakses pada 2019. Safe Ways to Treat a Fever.