• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Atasi Super Glue yang Menempel di Tangan

Begini Cara Atasi Super Glue yang Menempel di Tangan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Kegiatan membuat kerajinan tangan yang menyenangkan bersama anak-anak bisa berubah menjadi masalah besar bila super glue tidak sengaja menempel di kulit tangan Si Kecil. Pasalnya, lem super ini sangat lengket yang bisa merekatkan kulit pada benda lain dengan sangat kuat, bahkan bisa menempelkan jari-jari tangan satu sama lain. Karena itu, yuk cari tahu cara mengatasi super glue yang menempel di tangan di bawah ini.

Baca juga: 4 Masalah Kesehatan Kulit yang Dianggap Sepele tapi Berbahaya

Super glue dirancang untuk menjadi perekat yang sangat kuat. Lem ini bisa merekatkan benda-benda hingga tidak mudah terlepas lagi. Namun, bila tangan kamu atau Si Kecil sampai terkena super glue, jangan panik. Untungnya, super glue biasanya tidak berbahaya bagi kulit dan bisa dihilangkan dengan beberapa cara mudah berikut:

1. Rendam Tangan Dalam Air Sabun yang Hangat

Bila super glue yang menempel di tangan belum sepenuhnya kering, segera rendam area tangan yang terkena dalam air hangat yang sudah dicampur sabun. Rendam tangan selama 5–10 menit. Setelah lem melunak, gosok atau lepaskan dengan lembut dari kulit. Namun, jangan teruskan cara ini bila terasa menyakitkan atau sepertinya kulit dapat berdarah. Bila cara ini tidak efektif, coba cara lainnya. 

2. Kelupas Kulit yang Tersangkut

Bila kulit tangan yang terkena super glue menempel di benda lain atau di jari lain, rendam terlebih dahulu dengan air sabun hangat.

Kemudian gunakan benda tumpul, seperti gagang sendok untuk mencoba memisahkan benda dari kulit dengan lembut. Cobalah dengan gerakan memutar atau mengupas, alih-alih mencoba mencabut kulit bila terasa sakit. Berhati-hatilah untuk tidak merusak kulit.

3. Menggunakan Nail Polish atau Aseton

Kebanyakan penghapus cat kuku mengandung pelarut yang kuat yang disebut aseton yang dapat melarutkan super glue. Sebelum mencoba cara ini, pastikan nail polish atau aseton aman digunakan pada benda yang menempel di tangan kamu. Pasalnya, aseton tidak aman digunakan pada benda apapun yang mengandung peroksida. Bila memungkinkan, bilas dulu benda sebelum menggunakan aseton.

Setelah itu, tuang pembersih cat kuku ke dalam mangkuk, lalu rendam kulit tangan sebentar. Lanjutkan rendam selama 1 menit sampai lem benar-benar larut.

Perlu diingat, aseton dapat beracun dan menyebabkan kulit kering dan teriritasi. Karena itu, sangat penting untuk mencuci tangan setelahnya. Orang yang memiliki eksim atau kondisi kulit yang kering mungkin lebih berisiko mengalami iritasi kulit. Jadi, gunakan pelembap yang lembut setelah menggunakan aseton, sampai kulit membaik.

Selain itu, hindari menggunakan aseton pada kulit yang rusak atau terluka, karena dapat terbakar.

Baca juga: 5 Bahan Alami untuk Atasi Luka Kulit Habis Terbakar Matahari

4. Mentega dan Minyak

Mentega dan minyak seperti minyak kelapa dapat membantu memisahkan jari-jari yang saling menempel akibat terkena super glue

Cobalah rendam kulit dengan air hangat terlebih dahulu, kemudian oleskan minyak atau mentega ke area tangan yang terkena lem untuk melarutkan ikatan. Oleskan lebih banyak minyak dan pijat area tersebut sampai lem hilang.

5. Batu Apung

Batu apung yang dapat menghilangkan kapalan dan kulit mati, juga dapat membantu menghilangkan sedikit lem kering. Namun, hindari menggunakan batu apung pada kulit yang sensitif atau wajah.

Untuk menghilangkan super glue dengan batu apung, pertama-tama rendam terlebih dahulu area tangan yang terkena dengan air sabun yang hangat, lalu celupkan juga batu ke dalam air hangat. Gosok batu apung pada area yang terkena dengan gerakan memutar sampai super glue hilang. Bila cara ini menyakitkan atau membuat kamu tidak nyaman, coba cara lain.

Baca juga: Salah Lem Bulu Mata, Bisa Bikin Kena Virus Penyebab Blefaritis

Nah, itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi super glue yang menempel di tangan. Bila kamu mengalami masalah kesehatan lainnya, jangan panik. Gunakan saja aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu dapat minta saran kesehatan dari dokter kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. How to get super glue off the skin.