• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Iritasi Kulit saat Pakai Masker, Ini Caranya

Cegah Iritasi Kulit saat Pakai Masker, Ini Caranya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Masker masih menjadi salah satu barang yang langka untuk didapatkan. Kebutuhan masker kian meningkat seiring adanya wabah virus corona, penyebab penyakit COVID-19 yang saat ini masih terus meningkat kasusnya di Indonesia. Masker menjadi salah satu alat medis yang harus digunakan oleh tenaga medis setiap harinya untuk merawat pasien COVID-19. 

Baca juga: Ini Masker yang Tepat untuk Cegah Virus Corona

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang yang sakit disarankan menggunakan masker untuk menekan angka penyebaran COVID-19. Namun, terkadang penggunaan masker sehari-hari kerap meninggalkan bekas luka yang akhirnya menyebabkan iritasi kulit. 

Cara Mencegah Iritasi pada Kulit Akibat Penggunaan Masker

Lalu, mengapa penggunaan masker dapat menyebabkan iritasi pada bagian kulit wajah? Dilansir dari The Health Site, ahli perawatan kulit bernama Professor Karen Ousey mengungkapkan, penggunaan masker setiap hari menyebabkan gesekan pada kulit khususnya pada area pipi dan bagian hidung. Gesekan tersebut akan semakin diperparah dengan kondisi wajah yang berkeringat. 

Kondisi iritasi yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan area kulit mengalami infeksi. Untuk itu, lakukan beberapa cara ini untuk mencegah iritasi pada kulit wajah akibat penggunaan masker kesehatan, yaitu:

  1. Gunakan masker kesehatan pada area wajah yang sudah dibersihkan agar tidak ada debu maupun kotoran yang masih menempel.

  2. Jangan lupa untuk tetap membuat kulit wajah terhidrasi dengan baik. Untuk itu, penting memenuhi kebutuhan cairan untuk tubuh setiap harinya.

  3. Professor Ousey juga menyarankan setelah wajah bersih, jangan lupa untuk gunakan pelembap wajah agar kulit wajah tidak kering. Gunakan pelembap wajah minimal setengah jam sebelum kamu menggunakan masker.

  4. Jika kamu seorang tenaga medis, tidak ada salahnya untuk membuka masker setiap 2 jam sekali untuk melepaskan area kulit wajah dari tekanan masker yang cukup kencang. Namun, pastikan kamu membuka masker pada area yang steril.

  5. Jangan lupa untuk mengganti atau rutin membersihkan masker apalagi bagi kamu pengidap penyakit tertentu. Hindari memakai masker yang sama selama berhari-hari apalagi jika masker sudah terkena keringat atau kotor. Sebaiknya selalu jaga masker tetap bersih dan kering.

Baca juga: Masker Kain untuk Tangkal Corona, Ini Penjelasannya

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kondisi iritasi kulit pada wajah akibat penggunaan masker setiap hari. Jika kamu mengalami iritasi akibat penggunaan masker, tidak ada salahnya untuk bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc agar kamu dapat mendapatkan penanganan secara langsung.

Lakukan Ini Sebelum Mengganti Masker

Tidak hanya memerhatikan kondisi masker dan kebersihan wajah, perhatikan beberapa hal ini sebelum kamu mengganti atau melepas masker dari wajah, ya. Dilansir dari WHO, sebaiknya sebelum kamu mengganti atau melepas masker dari wajah perhatikan kebersihan tangan. Bersihkan tangan dengan menggunakan hand sanitizer atau cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir.

Selain itu, gunakan masker hingga menutupi bagian hidung dan mulut. Pastikan tidak ada celah antara wajah dan masker yang kamu gunakan. Hindari menyentuh masker yang sedang kamu gunakan dan selalu bersihkan tangan setelah menyentuh masker. Ganti masker jika masker sudah kamu gunakan beberapa jam dan basah. Hindari menggunakan masker sekali pakai secara berulang. 

Baca juga: Wabah Virus Corona, Ini 2 Jenis Masker yang Perlu Diketahui

Setelah kamu lepaskan masker yang telah dipakai, sebaiknya langsung lipat masker dari luar ke dalam (bagian yang menempel pada wajah) dan langsung buang pada tempat sampah untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Referensi:
World Health Organization. Diakses pada 2020. When to Use a Mask
The Health Site. Diakses pada 2020. Remedies for Skin Damages Caused by Face Masks