Ini 13 Cara Mencegah Gangguan Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 November 2023

“Cara mencegah narkoba dapat dilakukan dengan mengedukasi anak tentang bahaya narkoba. Selain itu, orang tua bisa membangun komunikasi terbuka dengan anak guna membangun kesadarannya.”

Ini  13 Cara Mencegah Gangguan Penyalahgunaan Narkoba pada RemajaIni  13 Cara Mencegah Gangguan Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja

Halodoc, Jakarta – Orang tua perlu mengetahui cara mencegah narkoba pada remaja. Pasalnya, remaja merupakan kelompok yang paling rentan terjerumus ke dalam perilaku negatif ini. 

Di masa ini, rasa keingintahuan anak sangat besar untuk mencoba hal-hal baru. Itu sebabnya, orang tua perlu mengawasi, memberi perhatian lebih, dan mengarahkan anak ke hal-hal yang positif. 

Yuk, simak cara mencegah narkoba pada anak remaja di bawah ini!

Cara Mencegah Penyalahgunaan Narkoba

Sebagai cara mencegah narkoba, orang tua perlu mengedukasi sejak dini. Pendidikan tentang bahaya narkoba dan konsekuensinya harus diberikan di sekolah dan keluarga. 

Lantas, bagaimana cara mengatasi penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja?

1. Jangan tergiur oleh ajakan teman

Pergaulan bisa menjadi faktor terbesar dalam penyalahgunaan narkoba. Maka dari itu, cara mencegah narkoba yang bisa orang tua lakukan yakni mengetahui teman-teman anak dan dengan siapa ia bergaul.

2. Bantu anak mengelola stres

Anak remaja nyatanya juga rentan mengalami stres. Banyak pemicunya, mulai dari tugas sekolah, pergaulan, maupun perubahan biologis selama masa transisi dari usia remaja ke dewasa.

Di sini, orang tua bisa melakukan pemantauan pada anak supaya ia tidak melepaskan stresnya dengan mencicipi narkoba. Salah satu cara yang tepat adalah mengajaknya bicara terkait keluhan anak. 

Bicarakan baik-baik dan jangan terkesan menghakimi supaya anak bisa lebih terbuka dengan orang tuanya. Dengan begitu, anak bebas membagikan perasaan dan pengalaman yang ia alami.

3. Minta bantuan profesional

Apabila stres yang dialami anak sudah semakin parah bahkan mengarah ke tanda-tanda depresi, jangan ragu untuk meminta bantuan profesional. Orang tua bisa mengajak anak untuk menemui psikolog atau psikiater. 

Jika melihat tanda-tandanya, ahlinya bisa membantu menangani gangguan kesehatan mental yang menimpa anak. Caranya dengan terapi kognitif perilaku, terapi bicara, atau terapi obat-obatan jika diperlukan.

4. Hindari minum alkohol

Alkohol dan penyalahgunaan zat sering berjalan beriringan. Seseorang yang mengonsumsi minuman keras cenderung menjadi impulsif, sehingga mudah tergiur dengan narkoba. 

Sebaiknya, jangan pernah meminum minuman alkohol di hadapan anak. Jadilah contoh yang baik bagi mereka. Berikan pengertian kepada mereka apa bahaya dari mengonsumsi alkohol dan narkoba. 

Studi Alcohol and drug use in suicidal behaviour yang diterbitkan Current Opinion in Psychiatry menemukan, terjadi peningkatan risiko perilaku bunuh diri di antara mereka yang mengalami gangguan penggunaan alkohol dan zat terlarang.

5. Buat anak lebih percaya diri

Nyatanya, tak sedikit orang yang menggunakan narkoba karena sering tidak percaya diri. Mereka merasa tidak bahagia dan tidak berguna di hidupnya. Oleh sebab itu, cara mencegah narkoba menurut BNN salah satunya dengan meningkatkan rasa percaya diri.

Orang tua bisa membantu anak untuk memperbaiki penampilannya, mendorongnya untuk melakukan hobi yang disukai dan mendorongnya untuk memulai pertemanan. 

Mau tahu berbagai efek penggunaan narkoba bagi kesehatan tubuh? Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 11 Efek Berbahaya Narkoba yang Perlu Diketahui”.

6. Berlatih teknik relaksasi

Teknik relaksasi bisa menjadi cara instan untuk meredakan stres sementara. Metode ini terbukti menenangkan batin dan pikiran. Sayangnya, generasi muda saat ini tidak melakukannya dan lebih memilih melakukan hal-hal yang berisiko. 

Orang tua bisa mengarahkan anak untuk mulai berlatih teknik relaksasi sebagai cara mencegah narkoba. Aktivitas ini dapat dilakukan di pagi atau sore hari.

7. Catat ke dalam jurnal

Jika anak cenderung pemalu untuk mengungkapkan isi hatinya, orang tua bisa mendorongnya untuk menulis journal. Mereka bisa menuangkan isi hati maupun rencana kehidupan ke depannya. 

8. Rutin berolahraga

Menurut studi Exercise as a Potential Treatment for Drug Abuse: Evidence from Preclinical Studies yang dipublikasikan Frontiers in Psychiatry, olahraga dapat menyebabkan penurunan kasus dalam penggunaan zat terlarang.

Aktivitas fisik dapat menjadi alternatif, penguat non-obat, atau dengan menghasilkan adaptasi saraf fungsional, yang memengaruhi kerentanan individu untuk mengembangkan gangguan penggunaan zat.

9. Edukasi anak soal bahaya narkoba

Mulai edukasi anak soal bahaya narkoba sedini mungkin. Hal ini penting dilakukan sebagai cara mencegah narkoba. Beri mereka penjelasan apa itu narkoba, jenis-jenis narkoba dan dampak yang timbul saat memakai narkoba. 

Jangan sampai di situ saja, beri tahu juga soal hukum narkoba di Indonesia Di Indonesia, narkoba adalah barang ilegal dan pemakainya bisa dikenakan sanksi hukum. 

Undang Undang Nomor 35 tahun 2009 menyatakan pemakai maupun pengedar bisa dipenjara minimal 4 tahun dan denda maksimal 10 miliar. Bahkan, konsekuensi paling beratnya adalah hukuman mati.

10. Eratkan hubungan antara orang tua dan anak

Tidak sedikit orang tua yang justru tidak dekat dengan anaknya. Meski sibuk, ayah dan ibu sebaiknya tetap mempererat hubungan dengan anak. 

Luangkan waktu untuk menghabiskan waktu dengan anak atau sekedar mengobrol di sela waktu makan malam. Jangan lupa berikan pujian dan apresiasi di setiap pilihan anak.

Anak remaja yang menggunakan narkoba bisa terlihat dari penampilan ciri fisiknya. Ketahui dalam artikel ini: Ini 9 Ciri Pengguna Narkoba Dilihat dari Kondisi Fisik.

11. Menetapkan aturan dan konsekuensi

Tetapkan aturan keluarga, seperti suruh anak meninggalkan pesta ulang tahun teman jika ternyata ada narkoba di dalamnya. Jika melanggar aturan, terapkan konsekuensi secara konsisten.

12. Rencanakan tindakan

Mengetahui anak menggunakan narkoba memang bisa membuat emosi orang tua menjadi meledak. Namun, sebelum berbicara dengan anak remaja, pastikan untuk merencanakan tindakan terlebih dulu. 

Langkah ini dapat membantu mendapatkan tujuan dari percakapan yang orang tua dan anak lakukan. Jangan menggebu-gebu apalagi memukulnya, karena ini justru membuat anak berontak dan semakin menjadi-jadi.

13. Lakukan kegiatan positif

Lakukan kegiatan positif seperti olahraga atau atau bergabung dengan organisasi tertentu. Ingat bahwa ancaman hukuman untuk penyalahgunaan narkoba tergolong berat. Ada juga sanksi sosial dari masyarakat. 

Dampak Penyalahgunaan Narkoba

Mengetahui dampak penyalahgunaan narkoba juga termasuk cara mencegah narkoba pada remaja.

Nah, berikut sederet efek negatif narkoba yang bisa menyasar fisik dan mental:

1. Menurunkan fungsi otak 

Pemakaian narkoba terlalu sering atau dalam jangka panjang bisa menurunkan fungsi otak. Pasalnya, obat terlarang ini memaksa otak untuk bekerja lebih cepat melebihi kapasitasnya. 

Bukan itu saja, narkoba juga bisa menekan saraf pusat untuk menimbulkan efek ketenangan. Perubahan sel otak ini lantas mengganggu komunikasi antar sel saraf sehingga otak bisa rusak secara permanen. 

Meski telah berhenti menggunakannya, efeknya tidak mudah hilang begitu saja.  Proses penyembuhannya bisa memakan waktu yang cukup lama. Bahkan, efek kecanduan narkoba ini bisa bertahan seumur hidup. 

2. Narkoba sebabkan dehidrasi

Seseorang yang menggunakan narkoba juga rentan mengalami ketidakseimbangan elektrolit. Alhasil, mereka sangat rentan mengalami dehidrasi.

Gejala dehidrasi akibat narkoba bisa berupa sakit dada, halusinasi, kejang dan halusinasi. Tanpa penanganan yang tepat, efek tersebut mampu merusak otak.

3. Narkoba dapat sebabkan masalah memori

Salah satu efek narkoba yang paling kentara adalah masalah memori. Malahan, obat terlarang ini bisa menurunkan kesadaran hingga hilang ingatan.

Alasannya, narkoba memiliki efek sedatif sehingga menimbulkan gejala seperti kebingungan, hilang ingatan, perubahan perilaku, penurunan kesadaran dan gangguan koordinasi tubuh. 

4. Menurunkan kualitas hidup

Akibat efek-efek di atas, kualitas hidup pengguna narkoba tentu saja bisa menurun. Setelah terjerumus ke dalam jurang narkoba, pemakainya akan terus kecanduan untuk menambah dosis. 

Jika tidak terpenuhi, mereka bahkan bisa sampai nekat untuk mencuri demi memuaskan hasratnya. Tindakan ini tentu saja melanggar hukum sehingga pemakainya mendapatkan sanksi seperti hukuman penjara.

5. Dampak paling fatal adalah kematian

Dampak memakai narkoba yang paling fatal adalah kematian. Risikonya meningkat saat pemakainya mengonsumsi dalam kadar berlebihan. Jika tubuh tidak mampu mentoleransi sosis yang sangat tinggi ini, pengidapnya bisa mengalami overdosis. 

Ciri-ciri overdosis akibat narkoba meliputi kejang-kejang, mulut berbusa, dan bola mata yang mengarah ke atas. 

Selain beberapa poin di atas, kamu bisa baca di sini terkait pengertia narkoba dan dampaknya bagi kesehatan tubuh: Pengertian Narkoba dan 9 Dampaknya bagi Kesehatan.

Itulah informasi seputar pencegahan narkoba dan dampaknya. Lakukan tips-tips di atas sebagai cara mencegah narkoba pada anak remaja. Ibu dan ayah juga bisa menghubungi psikolog atau psikiater untuk tahu lebih lanjut cara tepat mencegah penggunaan narkoba pada anak remaja.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
BKKBN. Diakses pada 2023. Strategi Sederhana Pencegahan Penggunaan Narkoba Melalui Keluarga.
BNN. Diakses pada 2023. Pencegahan Penyalahgunaan Napza.
BNN. Diakses pada 2023. Penggunaan Narkotika di Kalangan Remaja Meningkat.
The Partnership for a Drug-Free New Hampshire. Diakses pada 2023. 7 ways to protect your child.
BNN Kabupaten Kuningan. Diakses pada 2023. 7 Tips Menghindari Penyalahgunaan Narkoba.
BNN Provinsi Sumatera Selatan. Diakses pada 2023. Upaya Sindikat Narkoba dan Upaya menghindari Narkoba.
Current Opinion in Psychiatry. Diakses pada 2023. Alcohol and drug use in suicidal behaviour.
Frontiers in Psychiatry. Diakses pada 2023. Exercise as a Potential Treatment for Drug Abuse: Evidence from Preclinical Studies.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan