• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Harus Tahu, Ini Cara Mencegah Kebotakan pada Pria

Harus Tahu, Ini Cara Mencegah Kebotakan pada Pria

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Kebotakan adalah salah satu masalah yang umum terjadi pada pria. Meski tidak berbahaya, kondisi rambut yang botak bisa menurunkan rasa percaya diri. Kebotakan pada pria umumnya merupakan terjadi akibat kondisi genetik dan perubahan hormon saat memasuki usia dewasa.

Kebotakan pada pria terkait dengan hormon pria dihydrotestosterone. Hormon ini menyebabkan rambut tua di kulit kepala digantikan oleh rambut yang semakin pendek dan semakin tipis dalam pola yang dapat diprediksi, mulai dari pelipis dan mahkota kepala. Melansir Live Science, penelitian pada tahun 2011 menemukan bahwa penyebab utama pria alami kebotakan adalah bertambahnya usia. Seiring bertambahnya usia, sel-sel induk di kulit kepala kehilangan kemampuan untuk berkembang menjadi jenis sel yang membuat folikel rambut.

Baca juga: Sering Mengenakan Topi Bikin Pria Cepat Botak 

Lantas, Bagaimana Mencegah Kebotakan? 

Meskipun banyak perawatan untuk kebotakan, namun tidak banyak yang membuahkan hasil. Nah, berikut ini hal yang dilakukan untuk mencegah kerontokan rambut, yaitu:

  • Hindari menarik rambut dengan atau menerapkan gaya rambut yang bikin tidak nyaman;

  • Sikat atau sisir rambut dengan lembut;

  • Jangan terlalu sering keramas dan jangan gosok rambut basah dengan handuk;

  • Hindari minyak panas atau perawatan rambut berbahan kimia. 

Jika rambut masih mengalami kerontokan hingga menyebabkan kebotakan, kamu bisa chat dengan dokter di Halodoc untuk menanyakan solusi terbaik terkait kondisi yang dialami.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Folikulitis Bisa Sebabkan Kebotakan Permanen

Kiat Mengatasi Rambut yang Alami Kebotakan

Penting untuk memahami cara-cara mengatasi kebotakan, sebelum menjadi semakin parah. Berikut ini cara mencegah dan mengatasi kebotakan pada pria, yaitu:

  • Penuhi Kebutuhan Nutrisi Rambut

Protein, asam lemak omega-3, zat besi, biotin, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin D adalah nutrisi penting untuk membuat rambut tumbuh subur serta menjaga kekuatan rambut. Kamu bisa mendapatkan nutrisi ini dengan rutin mengonsumsi daging, ikan, telur, susu, dan kacang kedelai setiap harinya. 

  • Gunakan Alat Penata Rambut dengan Tepat

Umumnya pria hanya menggunakan sisir untuk menata rambutnya, untuk itu pastikan untuk menghindari penggunaan sisir yang bergigi rapat. Alasannya, tindakan ini dapat memperparah kerontokan dan kebotakan rambut. Hindari juga terlalu sering keramas dan menyisir rambut yang masih basah karena dapat menyebabkan kerontokan.

  • Tata Rambut dengan Gaya Berbeda

Kamu bisa berkonsultasi dengan penata rambut untuk menemukan gaya rambut yang bisa  menyamarkan kebotakan atau membuat rambut terlihat lebih tebal.

Baca juga: Inilah Prosedur Medis untuk Atasi Kebotakan

  • Gunakan Rambut Palsu

Apabila kebotakan yang dialami sudah parah, maka penggunaan wig dapat dipertimbangkan. Pemilihan rambut palsu ini bisa disesuaikan dengan warna, tekstur, dan gaya rambut yang diinginkan.

  • Redakan Stres

Salah satu cara untuk mencegah kerontokan rambut adalah meredakan stres yang kamu alami. Stres meningkatkan peradangan di dalam tubuh dan memengaruhi hormon, sehingga menyebabkan kebotakan rambut. Selain itu, ada kalanya kebotakan terjadi akibat gangguan psikologis, misalnya depresi. Untuk membantu mengatasi kebotakan terkait masalah psikologis seperti ini, dibutuhkan konseling dengan psikiater atau psikolog.

  • Lakukan Transplantasi Rambut

Transplantasi rambut juga bisa dilakukan dengan memindahkan rambut dari area yang subur untuk kemudian ditanamkan ke area yang botak. Metode ini bersifat permanen dan terlihat alami, namun biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal.

Kebotakan mengganggu kepercayaan diri seseorang, bahkan memengaruhi kehidupan sosial dan produktivitasnya. Untuk itu, sebaiknya lakukan penanganan yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu masing-masing, ya.

Referensi:

Live Science. Diakses pada 2019. Why Do Men Go Bald? Male Pattern Baldness.

WebMD. Diakses pada 2019. Men's Hair Loss: Treatments and Solutions.