• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bekas Cacar Air Ganggu Penampilan, Ini Cara Menghilangkannya

Bekas Cacar Air Ganggu Penampilan, Ini Cara Menghilangkannya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Cacar air adalah salah satu penyakit yang kerap terjadi pada anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus dan sangat menular pada seseorang yang belum pernah mengalaminya. Saat terjadi, kamu kerap merasakan gatal pada kulit yang tidak tertahankan. Selain itu, cacar air juga dapat meninggalkan bekas pada kulit.

Banyak orang yang mengeluhkan bekas cacar air pada kulit karena dapat mengganggu penampilan. Hal tersebut mampu menurunkan kepercayaan diri, terlebih lagi jika muncul di bagian tubuh yang terlihat jelas. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas dari cacar air. Berikut beberapa caranya!

Baca juga: Kulit Bopeng Bekas Cacar Air, Atasi dengan Cara Ini

Beberapa Cara yang Efektif Hilangkan Bekas Cacar Air

Cacar air terjadi disebabkan virus yang sangat menular masuk ke tubuh. Penyakit ini umumnya hanya terjadi sekali seumur hidup. Namun, dampak buruk yang dapat bertahan lama disebabkan oleh cacar air adalah bekas luka yang terbentuk. Bekas luka tersebut dapat terbentuk ketika pengidapnya menggaruk ruam yang ada.

Ketika kamu menggaruk lepuhan cacar air karena rasa gatal yang timbul dapat menyebabkan kerusakan. Saat kulit rusak oleh luka yang dalam, tubuh akan berusaha menghasilkan jaringan yang lebih tebal untuk mencoba memperbaikinya. Hal tersebut disebut juga dengan jaringan parut. Berikut beberapa cara hilangkan bekas cacar air:

  1. Penggunaan Krim Retinol

Kamu dapat menggunakan krim retinol sebagai salah satu cara untuk hilangkan bekas cacar air yang pernah terjadi. Retinol adalah turunan dari vitamin A yang dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit. Hal tersebut mampu membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut, serta menghilangkan bekas cacar air pada kulit. Cobalah untuk rutin mengoleskan krim tersebut setiap hari hingga bekas luka tersebut benar-benar hilang.

Jika kamu ingin mendapatkan saran langsung dari ahli medis profesional, dokter-dokter dari Halodoc dapat membantu untuk menjawab pertanyaan seputar cara hilangkan bekas cacar air. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan untuk mendapatkan akses kesehatan yang lengkap!

Baca juga: 4 Cara Merawat Wajah Setelah Kena Cacar Air

  1. Pengelupasan

Hal lain yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan bekas cacar air adalah dengan metode pengelupasan. Dengan metode ini, kamu mampu menghilangkan sel-sel kulit yang sudah tua dan mati, sehingga jaringan yang kasar dan bekas luka dapat dihilangkan. Cara pengelupasan dapat menggunakan mekanik atau kimia.

Cara mekanis yang dapat dilakukan adalah scrub wajah dan batu apung yang dapat digunakan untuk mengikis sel-sel kulit mati. Lalu, penggunaan bahan kimia seperti salep dan losion dapat menarik sel-sel dari kulit lama untuk menumbuhkan kulit yang lebih baru, sehingga bekas luka menjadi hilang.

  1. Filler

Metode filler termasuk dalam perawatan medis yang dapat dilakukan sebagai cara yang ampuh untuk hilangkan bekas cacar air. Hal ini dilakukan dengan menambah bentuk pada jaringan lunak dari area kulit yang terpengaruh. Filler lebih efektif untuk bekas luka dengan bentuk yang cekung. Dokter akan menyuntikkan zat tertentu untuk mengisi lekukan tersebut. Kamu mungkin akan melakukan perawatan ulang setiap 6 bulan sekali.

Baca juga: Mengapa Cacar Air Lebih Buruk Jika Terjadi pada Orang Dewasa?

Itulah beberapa cara yang dapat diterapkan untuk menghilangkan bekas cacar air pada bagian tubuh. Dengan melakukan beberapa hal tersebut, diharapkan bekas luka tersebut dapat dengan cepat hilang sehingga mampu meningkatkan kepercayaan diri kamu. Akhirnya, semua hal yang berhubungan dengan hidup menjadi lebih positif.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Best treatments for chickenpox scar removal.
Healthline. Diakses pada 2020. What Treatments Fade or Remove Chickenpox Scars?