• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghilangkan Fungal Acne Tanpa Obat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghilangkan Fungal Acne Tanpa Obat

Cara Menghilangkan Fungal Acne Tanpa Obat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 25 Oktober 2021
Cara Menghilangkan Fungal Acne Tanpa Obat

“Fungal acne adalah masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Cara menghilangkan fungal acne bisa dilakukan dengan mudah. Mulai dari lebih teratur mandi dan ganti baju, terutama jika banyak berkeringat, serta mengenakan pakaian longgar.”

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu sedang mencari cara menghilangkan fungal acne di kulit dengan mudah? Kabar baiknya, beberapa tips yang akan dibahas kali ini mungkin bisa membantu. Keberadaan fungal acne memang dapat meresahkan. 

Meski namanya “acne/jerawat”, benjolan-benjolan kecil di kulit ini bukan benar-benar jerawat. Ini adalah infeksi pada folikel rambut di kulit atau folikulitis, yang tidak bisa diatasi dengan perawatan untuk jerawat biasa. Yuk simak tipsnya!

Baca juga: Infeksi Kulit Akibat Virus dan Jamur, Apa Perbedaannya?

Begini Cara Menghilangkan Fungal Acne dengan Mudah

Karena bentuknya mirip dengan jerawat biasa, fungal acne sering kali tidak diperlakukan dengan benar. Jadi, jangan kaget bila perawatan anti-jerawat biasa tidak memberi solusi, ya. 

Satu-satunya cara menghilangkan fungal acne yang disebabkan oleh infeksi jamur adalah mengembalikan keseimbangan antara ragi dan bakteri pada kulit. Beberapa cara yang bisa kamu coba adalah:

  1. Mandi Lebih Teratur

Jika kamu rutin berolahraga atau memiliki pekerjaan yang membuat kamu banyak berkeringat, cobalah untuk lebih sering mandi dan ganti pakaian. Jangan lupa juga untuk mengeringkan tubuh dengan baik setiap habis mandi. Sebab, kulit yang lembap bisa jadi tempat berkembangnya jamur.

Baca juga: Hati-Hati, Stres Bisa Memicu Masalah pada Kulit

  1. Segera Ganti Baju saat Berkeringat

Mungkin sulit untuk sering-sering mandi jika aktivitas cukup padat. Kamu bisa menyiasatinya dengan selalu membawa baju cadangan, dan ganti setiap merasa cukup berkeringat. Pakaian yang lembap karena keringat dapat membuat infeksi jamur semakin parah. 

  1. Kenakan Pakaian yang Lebih Longgar

Jika kamu sering menggunakan pakaian yang ketat, sebaiknya hentikan kebiasaan ini deh. Gesekan dan sirkulasi udara yang rendah dapat mendorong pertumbuhan jamur pada kulit.

Jadi, mengenakan pakaian yang lebih longgar bisa jadi salah satu cara menghilangkan fungal acne. Pilihlah juga pakaian yang berbahan katun agar bisa membantu kulit mendapatkan sirkulasi udara. 

Baca juga: Benarkah Makanan Pedas Baik untuk Kecantikan Kulit?

Itulah beberapa cara menghilangkan fungal acne dengan mudah, yang bisa kamu coba di rumah. Dapat diketahui bahwa fungal acne adalah infeksi jamur pada kulit yang menyebabkan benjolan-benjolan kecil mirip jerawat.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah mandi secara teratur, rutin mengganti baju, dan mengenakan pakaian yang lebih longgar. Apabila fungal acne tak kunjung hilang, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. All About Fungal Acne: How to Identify and Treat.
WebMD. Diakses pada 2021. What Is Fungal Acne?