• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mudah Menghilangkan Bosan saat Puasa di Rumah

Cara Mudah Menghilangkan Bosan saat Puasa di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Rasa bosan saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan mungkin wajar untuk dirasakan. Tubuh yang lesu dan kurang berenergi membuat kita bingung memilih aktivitas apa yang sebaiknya dilakukan. Namun, ada banyak cara yang sebenarnya dapat kita lakukan dalam menghilangkan rasa bosan tersebut. 

Buat kamu yang sedang terjebak rasa bosan, berikut ini terdapat beberapa tips yang akan membantu kamu terhindar dari rasa bosan selama berpuasa di rumah. 

Baca juga: 4 Permainan Seru Agar Si Kecil Tidak Bosan di Rumah

Membaca 

Membaca bukan hanya sekedar hobi atau kebiasaan, kegiatan ini adalah kebutuhan. Sebab dengan membaca kita dapat mengetahui berbagai ilmu. Selama menjalani ibadah puasa, kamu bisa membaca buku untuk menghilangkan bosan.

Lagipula membaca buku juga tidak menghabiskan banyak energi bukan? Pilihlah buku-buku yang ringan seperti novel, majalah, atau apa pun yang kamu suka. Apa pun bisa kamu baca sambal menghabiskan waktu saat berpuasa di rumah. 

Menonton Film

Buat kamu yang kurang suka membaca, kamu bisa memilih alternatif lain yaitu menonton film. Apalagi kini semakin banyak layanan televisi internet yang tersedia dengan berbagai koleksi film yang seru. Mulai dari drama, komedi, action, thriller, animasi hingga film dokumenter bisa kamu pilih untuk ditonton. Namun, kamu juga harus pintar-pintar memilih film ya, jangan sampai film tersebut mengganggu kelancaran ibadah puasa kamu. 

Main Game

Buat kamu yang suka main video game, jangan ragu lagi segera keluarkan video game dan mainkan dengan adik, kakak, atau teman kamu. Dijamin, bosan akan hilang apalagi kalau kamu menang terus dalam main game. Game yang seru biasanya bikin kamu ketagihan, namun jangan sampai lupa waktu ya saat bermain video game. 

Baca juga: Waspada Cabin Fever Akibat Terlalu Lama di Rumah

Masak Menu Baru

Jika kamu punya banyak waktu luang di rumah saat puasa, ini saat yang tepat untuk melatih kemampuanmu memasak. Jika kamu punya menu yang ingin sekali dicoba sendiri, segera perhatikan bahan dan cara memasaknya di internet. Setelah itu segera praktikkan di dapur sendiri. Jika rasanya ternyata lezat, tidak ada salahnya untuk mencoba ide bisnis makanan baru. 

Berkebun

Jika kamu punya halaman yang jarang diurus, mungkin ini saatnya untuk mencoba merapikannya. Kamu bisa mencoba berkebun dan menanamkan tanaman hias atau tanaman lain yang kamu inginkan. Kamu bisa menanam buah, bunga, cabai, bawang, atau apapun yang kamu suka di halaman rumah kamu. Namun, jangan lupa untuk tetap rutin merawatnya dan menyirami mereka dengan air setiap hari.

Olahraga Ringan

Salah satu olahraga ringan yang disarankan adalah yoga, dan jika kamu melakukannya dengan rutin, kamu akan merasakan efeknya pada kesehatan. Namun, jika yoga bukan olahraga yang kamu sukai, kamu bisa melakukan yang lain, seperti bersepeda, melompat-lompat, mengangkat beban, berjalan santai, belajar cara menari tango, atau mencuci mobil. Selama kamu bergerak dan detak jantung naik, maka ini akan bermanfaat secara keseluruhan untuk tubuh kamu. 

Bersihkan Rumah

Saat punya banyak waktu luang, maka sebaiknya kamu memanfaatkannya untuk hal positif seperti membersihkan rumah. Selain menyingkirkan semua kuman dan bakteri yang ada di sudut rumah, merapikan barang-barang juga membantu kamu mengurangi stres. 

Baca juga: Ajarkan Tanggung Jawab pada Anak dengan Berkebun

Itulah ide aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa bosan saat puasa di rumah saja. Namun, jika kamu merasa tidak fit, kamu bisa segera diskusikan dengan dokter di Halodoc. Dokter akan siaga 24 jam memberikanmu saran kesehatan yang kamu butuhkan. Mudah bukan? Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Wise Bread. Diakses pada 2020. Kill Boredom With These Fun and Productive Projects.
WikiHow. Diakses pada 2020. 5 Ways to Overcome Boredom.