• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara untuk Mencegah Terjadinya Ulkus

4 Cara untuk Mencegah Terjadinya Ulkus

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya ulkus alias ulcer. Sebelumnya perlu diketahui, ulkus merupakan nama lain dari luka yang bisa ditemui hampir di seluruh bagian tubuh. Ulkus juga bisa terbentuk pada lambung atau bagian atas usus kecil. Ulkus yang menyerang bagian tersebut dinamakan ulkus duodenum. Ulkus gaster atau ulkus duodenum sangat umum terjadi.

Ada beberapa faktor yang bisa memicu terjadinya ulkus duodenum, termasuk gaya hidup tidak sehat, seperti kebiasaan merokok, konsumsi makanan sembarang, serta tidak mengontrol stres dengan baik. Maka dari itu, cara terbaik untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menghindari hal-hal yang bisa menjadi pemicu terbentuknya ulkus. Biar lebih jelas, simak penjelasannya di bawah ini! 

Mencegah Ulkus Duodenum 

Ulkus pada lambung atau bagian atas usus kecil ditandai dengan beberapa gejala, seperti cepat merasa kenyang, mual dan muntah, nyeri hebat pada lambung, perasaan berat, kembung, serta terbakar pada lambung. Kondisi ini juga bisa menyebabkan penurunan berat badan secara tiba-tiba. 

Gejala ulkus yang dirasakan biasanya akan membaik setelah pengidapnya makan atau minum, tetapi memburuk 1–2 jam kemudian (pada ulkus duodenum). Kondisi dirasakan memburuk pada saat pengidapnya makan atau minum (pada ulkus gaster).

Ada beberapa penyebab dan faktor risiko dari ulkus gaster maupun ulkus duodenum, mulai dari kebiasaan merokok, kebiasaan minum-minuman beralkohol, keganasan atau kanker, konsumsi terlalu banyak makanan atau minuman asam, obat-obatan anti inflamasi. seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, ketoprofen, dan beberapa obat untuk arthritis. Kondisi ini juga bisa terjadi akibat peradangan atau infeksi bakteri dan stress secara fisik atau emosional.

Berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah ulkus gaster maupun ulkus duodenum, antara lain:

1. Menghindari Kafein dan Alkohol

Hindari makanan maupun minuman yang bisa meningkatkan risiko terjadinya iritasi atau ulkus, termasuk minuman yang mengandung kafein serta alkohol. Selain itu, hindari juga konsumsi makanan yang terlalu pedas, makanan asam, serta makanan berlemak. 

2. Jangan Merokok 

Kebiasaan merokok bisa menjadi salah satu pemicu munculnya ulkus. Maka dari itu, hindari atau berhenti merokok bisa menjadi salah satu cara mencegah ulkus. 

3. Hindari Obat Tertentu

Menghindari obat-obatan anti inflamasi, seperti aspirin dan ibuprofen. Jenis obat-obatan ini bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami ulkus. 

4. Kelola Stres dengan Baik 

Salah satu pemicu terbentuknya ulkus adalah terlalu stres atau merasa tertekan. Maka dari itu, penting untuk selalu mengelola stres dengan baik agar terhindar dari penyakit ini. Biasakan juga untuk melakukan aktivitas fisik alias berolahraga secukupnya agar terhindar dari stres. 

Pengobatan Ulkus

Pada ulkus yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori, pilihan pengobatannya antara lain:

  • Pemberian 2 antibiotik untuk membunuh bakteri H. pylori, yang diminum setiap hari selama 2 minggu.

  • Pemberian acid blockers atau proton pump inhibitors, yang diberikan selama 2 bulan lebih, untuk mengurangi kadar asam pada lambung dan membantu melindungi lapisan lambung agar ulkus dapat pulih.

Cari tahu lebih lanjut seputar ulkus dan cara mencegahnya dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. Understanding Ulcer Prevention.
Healthline. Diakses pada 2020. Stomach Ulcer Diet.