• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 6 Manfaat Bunga Kenanga bagi Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 6 Manfaat Bunga Kenanga bagi Kesehatan Tubuh

Catat, Ini 6 Manfaat Bunga Kenanga bagi Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 12 September 2022

“Ada beberapa manfaat bunga kenanga dalam praktik kesehatan. Seperti untuk meningkatkan suasana hati, mengurangi depresi, meredakan kecemasan, mengobati darah rendah, dan menurunkan detak jantung yang terlampau cepat.”

Catat, Ini 6 Manfaat Bunga Kenanga bagi Kesehatan TubuhCatat, Ini 6 Manfaat Bunga Kenanga bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Bunga kenanga tak hanya dapat digunakan sebagai penghias ruangan, bunga sanggul, ataupun pewangi. Bunga ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh

Ada beberapa manfaat bunga kenanga dalam praktik kesehatan. Seperti untuk  meningkatkan suasana hati, mengurangi depresi, meredakan kecemasan, mengobati darah rendah, termasuk menurunkan detak jantung yang terlampau cepat. Baca selengkapnya di sini!

Manfaat Bunga Kenanga 

Bunga ini sudah dikenal sejak lama sebagai minyak esensial beraroma manis dan kerap digunakan untuk perawatan kulit. Selain itu, ada banyak manfaat bunga kenanga lainnya, seperti:

1. Afrodisiak 

Kenanga merupakan salah satu bahan afrodisiak atau peningkat libido dan kerap digunakan di industri pewangi. Ini dikarenakan aroma yang kuat yang bisa mendorong perhatian dari pasangan kamu, sehingga ia bisa meningkatkan libidio. 

2. Meredakan Stres dan Depresi

Bunga kenanga juga dikenal dapat mengurangi stres dan memperlambat detak jantung yang cepat. Oleh karena itu, jika seseorang mengalami syok, pemberian minyak esensial kenanga dapat memberikan sensasi relaksasi.  Tidak hanya meredakan gejala stres, ia juga sangat baik bagi mereka yang mengidap depresi, yakni sebagai penyeimbang energi dan memberikan ketenangan. 

3. Digunakan sebagai Antiseptik

Minyak bunga kenanga juga efektif sebagai antiseptik, melindungi luka dari infeksi bakteri serta melawan infeksi virus dan jamur. Selain itu, secara luas minyak bunga kenanga juga baik digunakan untuk membantu proses penyembuhan luka dan memar.

4. Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Bunga kenanga memiliki efek relaksasi sehingga juga dapat membantu mengatasi masalah insomnia. Bunga kenanga mengandung sifat sedatif yang bisa menenangkan, mengurangi ketegangan saraf dan kecemasan,  sehingga membangun keadaan santai sehingga bisa meningkatkan kualitas tidurmu.

5. Mengobati Eksim

Eksim dapat ditangani dengan bunga kenanga, sebab bunga cantik ini juga sifat anti-inflamasi dan membantu meredakan iritasi dan kemerahan pada kulit serta mengobati eksim.

6. Mengatasi Masalah Kesehatan Lainnya

Kenanga juga dapat melawan berbagai kondisi kesehatan lainnya. Seperti demam, tekanan darah, malaria, asma, berbagai kondisi kulit tertentu, konjungtivitis, hipertensi, sakit perut, gangguan pencernaan, kolik, dan sakit gigi. Daunnya juga ampuh untuk mengatasi diare dan bisul.

Buat kamu yang mengalami masalah ketombe dan gatal-gatal pada kulit kepala, kulit kayunya juga efektif mengatasi ketombe. Cairan dari kulit kayu kenanga juga bisa mengobati sakit gigi dan sakit kepala migrain.

Kandungan minyak esensial kenanga ada cukup banyak. Seperti Linalool, Geranyl acetate, Germacrene-D, beta-Caryophyllene, Benzyl acetate, Geraniol, Methyl p-Cresol, Methyl benzoate, Geranyl acetate, Farnesene, dan Benzyl benzoate.

Masing-masing kandungan ini memiliki manfaatnya seperti Linalool bekerja seperti obat penenang, anti-inflamasi, anti-kecemasan, analgesik, dan anti-depresan. Sedangkan Geranyl acetate bekerja sebagai Anti-jamur, anti-mikroba, anti-inflamasi.

Itulah manfaat bunga kenanga bagi tubuh dan kandungannya. Selengkapnya mengenai manfaat tanaman lainnya untuk kesehatan bisa ditanyakan langsung ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa buat janji pemeriksaan ke rumah sakit lewat Halodoc ya! 

Referensi:
Health Benefits Times.com. Diakses pada 2022. Health benefits of Ylang Ylang – Cananga odorata.
Healthline. Diakses pada 2022. About Ylang Ylang Essential Oil.
New Direction Aromatics. Diakses pada 2022. Ylang Ylang: Benefits, Varieties & Uses.