• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Berat Badan Bertambah saat Puasa dengan 6 Cara Ini

Cegah Berat Badan Bertambah saat Puasa dengan 6 Cara Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Banyak orang yang khawatir akan mengalami berat badan naik saat bulan puasa. Meski porsi makan berkurang selama berpuasa, seringnya seseorang akan “kalap” alias makan berlebihan saat berbuka puasa atau sahur. Rasa lemas yang muncul saat berpuasa pun membuat seseorang enggan berolahraga. Hal itu yang kemudian diyakini menjadi penyebab berat badan bisa meningkat selama bulan puasa. 

Memang, sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman saat bulan puasa bisa meningkatkan risiko berat badan naik. Namun jangan khawatir, nyatanya ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah berat badan naik selama bulan Ramadhan. Apa saja tips yang bisa diterapkan untuk mencegah hal ini terjadi? Simak di bawah ini! 

Baca juga: Berat Badan Naik Selama Puasa? Ini 4 Penyebabnya

Tips Mencegah Berat Badan Naik

Perubahan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi menjadi pemicu utama naiknya berat badan. Apalagi jika dibarengi dengan tidak berolahraga selama bulan puasa. Maka dari itu, cara untuk mencegah berat badan naik adalah dengan menerapkan aturan pola makan yang tepat saat sahur dan berbuka puasa. 

Berikut ini tips yang bisa dicoba untuk mencegah berat badan naik: 

  • Batasi Makanan Manis 

Berbuka puasa memang disarankan dengan makanan manis, agar energi tubuh yang hilang bisa cepat diganti. Namun, bukan berarti kamu boleh berlebihan mengonsumsi makanan yang satu ini. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula tambahan nyatanya bisa dengan mudah memicu kenaikan berat badan. Apalagi, makanan manis tidak memberikan rasa kenyang dan cenderung membuat kecanduan. Alhasil, kamu tidak bisa berhenti dan berakhir dengan penyesalan. 

  • Kurangi Gorengan

Makanan yang digoreng alias gorengan nyatanya masih menjadi favorit untuk dikonsumsi saat sahur ataupun berbuka puasa. Hati-hati, sama seperti makanan manis, makanan yang digoreng juga bisa menyebabkan berat badan bertambah. Jumlah kalori dari kedua jenis makanan ini sangat besar dan bisa menjadi pemicu berat badan bertambah selama bulan puasa. 

  • Perbanyak Karbohidrat 

Alih-alih gorengan dan makanan manis, sebaiknya konsumsi karbohidrat saat sahur dan berbuka puasa. Lebih baik lagi jika kamu mengonsumsi karbohidrat kompleks yang mengandung banyak serat. Asupan makanan ini nyatanya bisa membantu mempertahankan energi dan memberi rasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari keinginan makan berlebih yang bisa memicu naiknya berat badan. 

  • Sumber Protein dan Vitamin 

Selain karbohidrat, penting juga untuk memberi asupan protein dan vitamin pada tubuh. Untuk menghindari kenaikan berat badan, coba konsumsi makanan yang kaya protein saat sahur maupun berbuka puasa. Nutrisi yang satu ini bisa didapatkan dari ayam, ikan, daging, dan telur. Protein juga bisa memberi rasa kenyang lebih lama, sehingga terhindar dari keinginan untuk makan berlebih. 

Selain itu, biasakan juga untuk konsumsi makanan sumber vitamin dan mineral, seperti sayuran dan buah-buahan. Tubuh lebih sehat dan kaya nutrisi, sehingga tidak mudah mengalami kenaikan berat badan. 

  • Cukupi Asupan Cairan 

Jangan lupa untuk mencukupi asupan cairan tubuh. Meski sedang berpuasa, disarankan untuk tetap mengonsumsi setidaknya 8 gelas air putih dalam satu hari. Hal ini bisa membantu mencegah dehidrasi dan menghindari kebiasaan makan berlebih. 

  • Tetap Berolahraga

Bulan puasa tetap harus berolahraga. Kamu bisa memilih jenis olahraga yang sesuai dengan tubuh saat berpuasa. Atau jika tidak memungkinkan, kamu bisa melakukan aktivitas fisik atau olahraga pada malam hari setelah berbuka puasa. 

Baca juga: Berat Badan Bertambah? Ini yang Terjadi pada Tubuh

Punya masalah kesehatan selama puasa dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan tips menjaga kesehatan dan puasa sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Khaleejtime. Diakses pada 2020. 10 tips to avoid weight gain during Ramadan. 
CDC. Diakses pada 2020. Preventing Weight Gain.
Healthxchange. Diakses pada 2020. Fasting: What to Eat During Suhoor.